Membantu Pasangan Menghadapi Kanker

Merawat pasangan yang menderita kanker tidaklah mudah. Tapi, dengan memahami penyakit kanker, suami atau isteri dapat lebih ringan dalam merawat pasangannya.

1,674 views   |   1 shares
  • Ibu saya merawat ayah saya selama delapan tahun ketika ayah terserang stroke. Menjelang akhir hayat ayah saya, dokternya menemukan kanker prostat disamping berbagai penyakit yang dideritanya. Ibu saya terguncang batinnya mendengar diagnosis tersebut. Meskipun dia telah bertekad untuk menjadi pendamping dan perawatnya, dia tidak siap menghadapi tamparan berat kata ‘kanker’ tersebut.

  • Perawatan secara nutrisi untuk meringankan pasien kanker

  • Dia dikuasai oleh ketakutan. Musuh terselubung tersebut nampaknya ada gunanya. Bagaimana mengalahkan sesuatu yang ganas dan sukar dipahami ini? Menemukan cara yang jelas memeranginya merupakan juru selamat. Senjata melawan perasaan tak berdayanya adalah memastikan bahwa ayah saya mendapatkan makanan yang bernutrisi. Pilihan untuk menolongnya dari dalam keluar membuatnya berusaha memperkuat tubuh ayah dengan nutrisi. Hal tersebut memberinya kesempatan memperlihatkan kasihnya dan dukungannya walaupun sedang berkecil hati.

  • Ada banyak cara yang perlu dipikirkan ketika membicarakan kebutuhan nutrisi pasien kanker. Berkonsultasi dengan ahli gizi dapat memberi seorang pasangan dengan informasi yang dibutuhkan untuk membantu pasien kanker menghadapi penyakit yang sulit ini.

  • Kanker dapat mempengaruhi kebiasaan diet dan makan seseorang

  • Mala nutrisi bukan tidak jarang bagi pasien kanker. Peggy Stanfield dan Y.H. Hui menulis dalam bukunya “Nutrition and Diet Therapy” bahwa pasien kanker dapat menjadi kekurangan nafsu makan, sulit menelan, mual, memiliki masalah dengan air liur, komplikasi dengan indera perasa, sakit lambung, diare dan/atau masalah dengan penyerapan gizi. Dengan memahami semua kemungkinan yang dihadapi pasien dapat menolong seorang pasangan hidup dalam mempersiapkan makanan bernutrisi.

  • Sedikit hal dalam hidup ini yang sama melegakannya seperti makanan (yang dimasak dengan kasih) yang memuaskan jiwa dan memberi makanan kepada tubuh. Ada saat-saat ketika seseorang berkutat dengan kata-kata atau hal-hal yang tepat untuk diucapkan atau dilakukan. Sering kali orang yang merawat pasien memusatkan perhatian pada kesejahteraan mereka yang dirawatnya. Mereka sendiri dapat terlupakan walaupun mereka sudah memberikan pelayanan yang mengagumkan.

  • Cari bantuan dari ahli medis dan nutrisi

  • Mendapatkan orang yang berkualitas untuk mengembangkan nutrisi dapat meringankan beban perasaan seorang pasangan hidup. Menerima nasihat untuk pasien khusus memberi seorang pasangan hidup awal untuk memulai mempersiapkan dan menyediakan makanan bagi orang yang dikasihinya.

  • Advertisement
  • Saya sering melihat ketika ibu dengan penuh kasih akan menyediakan makanan buat ayah saya dengan menggunakan nasihat yang diberikan oleh ahli nutrisi dan medis. Itu meringankannya, dan mendukung ayah. Berkonsultasi dengan dokter dan ahli nutrisi memberinya suatu pemahaman dalam kebutuhan fisik dan memberinya pemahaman lebih baik tentang apa yang sedang dihadapi bersama.

  • Memperkuat ikatan pernikahan Anda

  • Mungkin nampak sederhana bagi beberapa orang, tetapi itulah yang justru dibutuhkan mereka berdua untuk bersatu dan merasa berdaya menghadapi penyakit ayah. Saya berharap bahwa siapa saja yang berada dalam posisi sulit menolong orang yang dikasihi menghadapi kanker dapat memperoleh manfaat karena mengetahui bahwa dia dapat menolong melawan penyakit ini melalui nutrisi yang tepat.

  • Anda mungkin tidak selalu memiliki kata-kata atau mengetahui cara yang benar untuk mengatasi rintangan sulit. Tetapi dengan mengetahui bagaimana memelihara diri Anda dan hubungan Anda dengan tepat dengan diet sehat dapat mendatangkan rasa damai dan ringan selama saat-saat yang sulit.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Effian Kadarusman dari artikel asli "Helping a spouse deal with cancer" karya Kelli Fowler.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

I recently completed my bachelors degree in nutrition science to accompany my associate's degree in psychology. Being a mother of two amazing children is wonderful challenging.

Membantu Pasangan Menghadapi Kanker

Merawat pasangan yang menderita kanker tidaklah mudah. Tapi, dengan memahami penyakit kanker, suami atau isteri dapat lebih ringan dalam merawat pasangannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr