5 Cara Agar Tetap Muda dan Bugar

Artikel ini ditujukan bagi Anda yang terkadang merasa tidak muda atau bugar seperti dulu ketika masih duduk di bangku SMA atau ketika kuliah. Seiring dengan bertambahnya usia, metabolisme kita melambat dan daya tahan tubuh berkurang.

7,403 views   |   2 shares
  • Artikel ini ditujukan bagi Anda yang terkadang merasa tidak muda atau bugar seperti dulu ketika masih duduk di bangku SMA atau ketika kuliah. Seiring dengan bertambahnya usia, metabolisme kita melambat dan daya tahan tubuh berkurang. Dahulu lari maraton adalah hal biasa, sekarang berjalan-jalan keliling mal saja sudah membuat kaki pegal. Dahulu tubuh tetap ramping walaupun makan besar setiap hari, sekarang makan sayuran saja sudah menambah lingkar pinggang.

  • Terkadang kita melihat anak-anak muda yang tubuhnya kencang dan sehat, kuat makan dan tahan begadang dan kita bertanya-tanya, "Kemana perginya tubuh saya yang dulu? Mengapa saya begitu cepat lelah sekarang? Mengapa berat badan saya terus bertambah, padahal saya sudah mengurangi porsi makan?" Jangan bertanya-tanya lagi karena berikut ini adalah 5 saran yang dapat Anda lakukan untuk tetap merasa muda dan bugar.

  • 1. Berkeringat setiap hari

  • Tantanglah diri Anda untuk selalu aktif bergerak bahkan sampai Anda berkeringat dan kehabisan napas, misalnya dengan berlari, berenang atau bersepeda. Usahakan Anda berkeringat setiap hari bahkan jika Anda tidak sempat pergi ke pusat kebugaran untuk berolahraga. Pikirkan cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat berkeringat setiap hari, misalnya Anda bisa melakukan sit-up, push-up dan pull-up sebelum Anda bersiap pergi kerja setiap pagi. Satu cara lain yang dapat Anda lakukan yaitu Anda bisa bersepeda atau jalan cepat ketika pergi-pulang kerja.

  • Apabila Anda seorang bapak atau ibu rumah tangga atau Anda bekerja dari rumah, Anda dapat memiliki lebih banyak peluang untuk melakukan gerak badan. Anda bisa membersihkan rumah Anda sendiri, berolahraga di rumah atau di pusat kebugaran, atau jogging di taman di dekat rumah.

  • Belajarlah dari anak-anak kecil di rumah Anda. Perhatikan mereka selalu berlari-lari, melompat, memanjat dan meliuk-liukkan tubuh mereka ke segala arah. Menarilah dan tertawalah. Tirulah anak-anak kecil untuk memotivasi Anda tetap bersemangat dan aktif bergerak.

  • 2. Tambahkan beban latihan Anda

  • Sempatkanlah berolahraga setidaknya sekali seminggu. Ketika Anda berolahraga, cobalah untuk menambahkan beban latihan Anda secara teratur. Misalnya jika Anda berolahraga dengan berlari di taman, tambahkan putaran lari Anda. Atau apabila Anda mengunjungi pusat kebugaran, tambahkan berat barbel yang Anda angkat atau gunakan incline mode (tanjakan) ketika sedang menggunakan treadmill. Ingatlah bahwa untuk mengubah tubuh Anda menjadi lebih bugar, Anda harus berlatih melampaui zona nyaman Anda.

  • Advertisement
  • 3. Gunakan apa yang Anda miliki

  • Apabila Anda bukan anggota klub kebugaran, Anda masih dapat melakukan olahraga untuk mengencangkan tubuh Anda. Lihatlah sekeliling Anda dan pikirkan hal-hal yang dapat Anda gunakan untuk berolahraga. Apabila Anda memiliki sepeda, bersepedalah pergi-pulang kantor. Apabila Anda lebih suka jogging, yang Anda butuhkan hanya sepasang sepatu lari. Apabila Anda ingin angkat berat, Anda bisa menggunakan botol plastik kosong yang sudah Anda isi dengan beras atau bekas kaleng yang sudah Anda isi dengan campuran semen dan pasir. Anda dapat menggunakan bola, tali, kotak, dinding, tiang, bahkan ban tua sebagai alat bantu Anda ketika berolahraga.

  • 4. Makan sehat

  • Pilihlah makanan yang sehat dan seimbang. Persiapkan menu makanan Anda dengan saksama. Perbanyaklah konsumsi serat yang berasal dari sayuran dan buah-buahan daripada gorengan atau makanan cepat saji. Dengan makan sehat, Anda akan secara otomatis terbiasa dengan pola makan seimbang dan terhindar dari mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak gula dan lemak jenuh. Terapkan semboyan empat sehat lima sempurna bagi seluruh anggota keluarga Anda dan sesuaikan berdasarkan usia. Misalnya, anak-anak Anda akan lebih membutuhkan karbohidrat dan protein hewani daripada Anda, sedangkan Anda dapat memperbanyak konsumsi sayuran dan protein nabati.

  • Selain itu, usahakan untuk tidak melewati sarapan karena ini adalah waktu makan yang paling penting untuk membantu Anda beraktivitas dengan baik sepanjang hari. Sarapan bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, untuk membantu menurunkan berat badan dengan cara membakar lemak pada tubuh, meningkatkan konsentrasi, menambah energi, dan mengontrol nafsu makan berlebih.

  • 5. Istirahat yang cukup

  • Pastikan Anda beristirahat dengan kualitas yang sama dengan ketika Anda bekerja, atau dengan kata lain "work hard, rest hard". Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup, yaitu sekitar 8 jam per hari.

  • Selain istirahat jasmani, Anda juga perlu mengupayakan istirahat mental. Yang termasuk dalam istirahat mental adalah bermeditasi atau berlibur. Kurangi stres yang disebabkan oleh urusan pekerjaan atau keuangan pribadi. Dengarkan musik yang menenangkan pikiran. Bacalah buku yang menghibur dan memperkuat cara pandang hidup yang positif.

  • Masih banyak lagi hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap merasa muda dan bugar seperti ketika Anda masih berusia 20-an dulu. Tetaplah aktif bergerak. Teruslah belajar dan beradaptasi mengikuti perkembangan zaman. Ingatlah bahwa usia hanyalah angka dan itu tidak semestinya mengurangi semangat hidup dan stamina tubuh Anda.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

5 Cara Agar Tetap Muda dan Bugar

Artikel ini ditujukan bagi Anda yang terkadang merasa tidak muda atau bugar seperti dulu ketika masih duduk di bangku SMA atau ketika kuliah. Seiring dengan bertambahnya usia, metabolisme kita melambat dan daya tahan tubuh berkurang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr