Siapa yang Salah?

Hubungan antar manusia, terutama yang berlainan jenis, sangatlah rumit.

1,239 views   |   shares
  • Hubungan antar manusia, terutama yang berlainan jenis, sangatlah rumit. Bila terjadi sebuah skandal, yang diserang biasanya adalah salah satu pihak. Padahal mungkin kedua pihak mempunyai peran yang sama besarnya dalam membuat kesalahan itu. Ada beberapa kejadian yang dapat kita pakai sebagai contoh dalam hal ini. Tentu saja ada kemungkinan pendapat Anda berbeda dengan pendapat orang lain sehingga pertanyaan "Siapa yang salah?" tidak akan terjawab.

  • Bill Cosby

  • Pemain komedi ini tersohor sejak dulu dengan tayangan seri di televisi pada tahun 70-an, I Spy, dan kemudian makin melonjak ketenarannya dengan tayangan komedi yang memaparkan keharmonisan keluarga Huxtable. Belakangan ini banyak wanita menuding Bill Cosby telah berbuat tidak senonoh terhadap mereka pada masa lalu. Bahkan ada beberapa wanita yang mengatakan bahwa Cosby melakukan perbuatan tidak terpuji itu ketika mereka masih di bawah umur. Bila tuduhan-tuduhan tadi terbukti benar pemain komedi terkenal ini dapat meringkuk di balik terali besi seumur hidup. Istri Cosby, Camille, yang cantik dan sudah mendampinginya selama setengah abad, menolak tuduhan-tuduhan tersebut. Dia mengatakan bahwa dia mengenal baik suaminya dan dia yakin suaminya tidak mungkin berbuat seperti itu. Sebagai orang terkenal, Cosby pasti didekati banyak gadis cantik yang ingin menjadi bintang film dan mencari jalan pintas untuk mencapai impiannya. Ini bukan alasan bagi Cosby untuk memanfaatkan gadis-gadis yang masih bau kencur itu. Tetapi jika kita menilik budaya orang Barat yang mengenal istilah groupies, yaitu gadis-gadis yang rela tidur dengan orang-orang terkenal, Cosby tidak perlu membius mereka dengan obat tidur seperti yang dituduhkan kepadanya. Salah seorang penuntut mengatakan bahwa dia masih berusia 15 tahun ketika dia mengalami pelecehan seksual di istana pemilik majalah Playboy yang terkenal, Hugh Hefner. Dia menyerahkan fotonya berdua dengan Cosby kepada penuntut umum. Apa yang dilakukan remaja ini di istana playboy? Apakah dia dipelet atau dijebloskan oleh seseorang? Apapun alasannya yang dianggap bersalah dalam hal ini adalah orang yang lebih dewasa, yang dianggap memiliki lebih banyak pengetahuan. Pada saat ini semua penampilan Cosby dijegal, baik penampilannya untuk berbicara di depan umum, maupun rencana penayangan show di Netflix dan jaringan televisi.

  • Oprah Winfrey

  • Pemandu acara tersohor ini pernah dicalonkan nominasi piala Oscar untuk film The Color Purple. Jalan hidupnya mirip dongeng, dibesarkan oleh ibunya yang sendirian dan melarat, sesudah dewasa dia meniti karir yang membuat dia menjadi kaya raya. Konon ketika pindah ke rumah ayahnya dia diberi pesan dengan saksama untuk tidak sembarangan bergaul semasa remaja. Namun, tanpa bisa dicegah dia hamil di usia muda dan ketika bayinya meninggal, ayahnya berkata bahwa dia mendapat kesempatan kedua untuk memperbaiki hidupnya. Selama puluhan tahun dia menyalahkan dirinya, banyak skenario yang diawali dengan kata "seandainya" berkecamuk di benaknya. Dia berpikir seandainya saja dia tidak berada di tempat yang naas saat itu, seandainya saja dia tidak sendirian dan banyak lagi penyesalan lainnya. Sewaktu berusia 42 tahun Oprah mewawancarai seorang narapidana yang dijatuhi hukuman karena berulang-ulang melakukan pelanggaran seks. Di situ barulah dia sadar bahwa kejadian yang menyebabkan dirinya hamil bukanlah kesalahannya. Bahwa ada orang-orang dewasa yang sengaja memangsa gadis-gadis remaja yang kurang pengetahuan.

  • Advertisement
  • Bill Clinton

  • Mantan presiden AS yang nyaris dipecat ini pernah mengalami skandal seks yang menggegerkan dengan Monica Lewinski. Saat itu Monica sedang magang di Gedung Putih sebagai salah satu bawahan Clinton. Sebagai seorang gadis dia tidak tahan menyimpan hubungan gelapnya dengan presiden negara adikuasa di dunia. Dia mencurahkan rahasianya kepada seorang teman sekerjanya yang diam-diam merekam semua pembicaraan ini. Karir Clinton sebagai presiden nyaris habis gara-gara skandal ini.

  • Para pendukung gerakan feminisme akan marah bila mendengar wanita disalahkan gara-gara cara mereka berpakaian yang terlalu seksi. Mereka berkata bahwa tidak semua pria akan melakukan perbuatan jahat akibat melihat gadis yang berpakaian seksi. Perbuatan jahat terjadi karena seorang pria tidak sanggup menahan nafsunya dan dalam dirinya ada kecenderungan berbuat jahat. Tetapi bukankah maling akan lebih berminat untuk mencuri bila melihat barang yang tergeletak tanpa diawasi pemiliknya? Demikian pula mengapa wanita memamerkan bagian badan yang seharusnya tertutup, apa tujuannya? Pria mana yang tidak runtuh benteng pertahanannya bila dirayu gadis cantik yang seksi? Siapa yang salah?

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Siapa yang Salah?

Hubungan antar manusia, terutama yang berlainan jenis, sangatlah rumit.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr