6 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mewujudkan Kedamaian Hidup

Tingginya tuntutan hidup sering kali membuat kita kewalahan, merasa tidak mampu dan putus asa.

3,542 views   |   7 shares
  • Hidup di dunia zaman sekarang dengan segala tuntutannya, tidak jarang membuat kita sulit untuk merasa benar-benar bahagia dan tenteram. Berbagai masalah dan keruwetan hidup menjadi pemicu berkurangnya intensitas rasa damai dalam diri kita. Tingginya tuntutan hidup sering kali membuat kita kewalahan, merasa tidak mampu, dan putus asa. Bagaimanapun juga kondisi seperti ini harus disikapi secara tepat. Kita harus mampu mengatur kehidupan kita agar tetap bisa merasa tenteram dan bahagia.

  • Di tengah banyaknya tuntutan hidup yang ingin Anda penuhi, inilah 6 aspek yang perlu Anda perhatikan agar tetap merasa damai:

  • Kesehatan jasmani

  • Kesehatan adalah harta terbesar Anda. Saat kesehatan Anda terganggu, apapun pencapaian Anda lainnya akan kehilangan nilainya. Karena itu, jangan mengabaikan pemeliharaan kesehatan hanya karena Anda sedang merasa sehat. Ingatlah bahwa kapan saja dan tanpa diduga, penyakit dapat datang menyerang Anda. Sebisa mungkin jagalah pola hidup Anda agar tidak menjadi rentan terhadap gangguan kesehatan yang fatal. Berusahalah untuk selalu ceria, tangani dan kendalikan stres dengan baik. Jagalah agar tubuh Anda tetap bugar.

  • Spiritualitas

  • Kehidupan rohani yang baik akan mendatangkan ketenteraman bagi jiwa. Jagalah agar kehidupan rohani Anda tetap baik. Amalkanlah nilai-nilai ajaran agama atau keyakinan Anda secara luhur. Milikilah wawasan yang luas tentang nilai-nilai kerohanian. Wawasan yang luas serta pengamalan secara benar akan nilai-nilai agama akan mengubah cara pandang Anda tentang kehidupan dan segala tantangannya.

  • Bangunlah hubungan serta kedekatan pribadi antara Anda dengan Sang Ilahi dan rasakan pengaruh-Nya dalam kehidupan Anda. Kedekatan pribadi dengan Tuhan dapat dicapai melalui doa atau meditasi yang khusyuk. Pengaruh Ilahi dalam kehidupan memberikan kedamaian tersendiri yang tidak didapatkan dari sumber lain.

  • Kesimbangan dan prioritas hidup

  • Keseimbangan hidup yang Anda dambakan barangkali akan sulit dicapai bila Anda mengidentikannya dengan kesanggupan Anda untuk menangani segala urusan Anda sekaligus dengan hasil yang memuaskan dalam waktu yang terbatas. Semakin besar upaya yang Anda kerahkan untuk mencapai kondisi ilusif seperti itu hanya akan semakin melelahkan Anda.

  • Oleh karena itu, paling baik ialah mengurutkan prioritas kehidupan Anda berdasarkan kebutuhan. Bijaksanalah dalam memilah-milah urusan Anda dan bedakanlah mana yang paling mendasar di antara semua urusan yang kelihatannya penting untuk Anda kerjakan. Anda harus rela untuk menunda atau bahkan melewatkan satu atau dua dari daftar kegiatan Anda demi kepentingan yang paling utama. Jangan lupa bahwa Anda tidak dapat berada di dua tempat pada satu saat yang bersamaan.

  • Advertisement
  • Selain itu, jangan terkecoh oleh anggapan semu yaitu bahwa semakin tinggi aktivitas kehidupan Anda, maka semakin tinggi pula kualitas atau tingkat kemodernan hidup Anda. Kualitas hidup Anda sesungguhnya ditandai oleh seberapa baik Anda mengelola hidup Anda dan mewujudkan hal-hal bermakna di dalamnya.

  • Laju kehidupan

  • Pengendara yang bijaksana tahu bahwa ada tingkat kecepatan optimum yang paling sesuai saat melewati jalanan yang kasar dan bergelombang. Memacu kendaraan Anda di jalan berlubang tentu saja bukan merupakan cara berkendara yang baik. Hal ini berlaku bagi Anda saat menghadapi masa-masa yang penuh guncangan dalam hidup. Terus memacu kehidupan Anda dengan harapan agar Anda segera melewatinya kadang-kadang bukan merupakan solusi terbaik.

  • Justru di saat-saat yang demikian, Anda perlu menginjak "rem" dan menyesuaikan laju kehidupan Anda demi kenyamanan Anda sendiri serta para "penumpang" dalam kabin rumah tangga Anda. Jangan mempersulit kehidupan Anda dengan upaya yang tidak berarti dan hanya akan menambah frustrasi atau mengurangi makna hidup Anda.

  • Sukacita di rumah

  • Suasana dalam rumah tangga berpengaruh besar pada kebahagiaan pribadi. Suasana rumah yang penuh sukacita dapat memberi Anda rasa tenang serta menambah rasa percaya diri serta daya juang Anda bagi keluarga Anda.

  • Salah satu cara untuk memelihara sukacita di rumah adalah dengan menjaga keharmonisan dan kasih sayang di antara para anggota keluarga. Tingkat kesukacitaan keluarga lebih banyak dipengaruhi oleh kebiasaan dan suasana yang Anda ciptakan dalam rumah Anda serta waktu berkualitas yang Anda luangkan bersama.

  • Senda gurau dan canda tawa bersama adalah hal sederhana namun penting bagi kegembiraan Anda. Lengkapnya fasilitas hiburan serta kenyamanan lainnya dalam rumah Anda tidak dengan serta merta akan memperbesar kesukacitaan Anda.

  • Berdamai dengan situasi

  • Berada dalam situasi yang begitu runyam tentu saja tidak menyenangkan. Akan tetapi Anda perlu memahami bahwa Anda dapat berdamai dengan berbagai kondisi kehidupan Anda. Meskipun Anda belum berhasil menemukan solusi atau keluar dari kondisi sulit seperti itu namun Anda dapat menentukan cara bereaksi terhadap setiap keadaan yang menimpa Anda, sehingga Anda tetap merasa damai. Ingatlah bahwa meskipun Anda tidak dapat membelokkan arah angin, namun Anda dapat mengarahkan biduk kehidupan Anda dengan cara mengendalikan layar perahu Anda sehingga Anda dapat tiba pantai dan berlabuh dengan aman.

  • Advertisement
Bagikan pada teman dan keluarga..

Setiaman Zebua is a native of Nias, Sumatra Utara,now living in Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, and working for a family owned catering business. He is a father of two.

6 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mewujudkan Kedamaian Hidup

Tingginya tuntutan hidup sering kali membuat kita kewalahan, merasa tidak mampu dan putus asa.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr