Manfaat Lebih Banyak Mendengarkan daripada Banyak Berbicara

Dengan kemampuan mendengarkan yang Anda miliki, orang lain akan tertarik untuk berkomunikasi dengan Anda. Mereka akan menganggap bahwa Anda adalah orang yang cukup pandai dan bijaksana dalam menanggapi apa yang orang lain bicarakan.

12,064 views   |   36 shares
  • Ada perbedaan makna kata yang mendasar antara kemampuan mendengar dan mendengarkan. Mendengar adalah proses di mana alat indera pendengaran kita (telinga) menangkap suara dan meneruskannya ke otak yang dilakukan tanpa disengaja sebagai pertanda berfungsinya alat pendengaran kita. Sedangkan mendengarkan adalah proses mendengar yang dilakukan dengan sengaja dengan tujuan untuk mengetahui sesuatu dan demi mendapatkan informasi dari apa yang kita dengar.

  • Pada zaman sekarang, menjadi pendengar yang baik sangat diperlukan supaya senantiasa tercipta keharmonisan dalam segala aspek kehidupan ini, seperti di keluarga, di pekerjaan dan di lingkungan tempat tinggal kita. Supaya bisa menjadi pendengar yang baik, banyak hal yang harus diperhatikan supaya kita bisa melakukannya, contohnya: memiliki konsentrasi yang baik, jangan terlalu banyak berbicara, kerendahan hati, dan bersikap obyektif.

  • Namun kenyataannya, saat ini banyak orang memiliki ego yang tinggi. Mereka lebih suka menceritakan dirinya sendiri daripada mendengarkan orang lain berbicara. Padahal ketika kita bersedia menjadi pendengar yang baik, sesungguhnya ada banyak hal positif yang akan bisa kita dapatkan. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat dari lebih banyak mendengarkan daripada banyak berbicara:

  • 1. Membuat Anda Semakin Pandai dan Bijaksana

  • Dengan lebih banyak mendengarkan apa yang orang lain bicarakan mulai dari bidang politik, kesehatan, sosial dan sebagainya, maka Anda akan mendapat informasi dan kabar terbaru dari orang-orang tersebut. Usahakan untuk tidak memilih topik pembicaraan mana yang Anda sukai atau tidak, tetapi cobalah untuk menerima semua informasi dari topik yang berbeda, sehingga semakin banyak informasi yang Anda dapatkan, maka semakin luas pula wawasan Anda.

  • 2. Banyak Mendengarkan Dapat Memahami Orang Lain

  • Mendengarkan orang lain berbicara tentang dirinya adalah salah satu cara untuk dapat memahami orang lain. Saat orang lain berbicara kepada Anda, Anda dapat menganalisis bagaimana cara berpikir mereka, bagaimana cara mereka memutusan sesuatu, dan bagaimana kepribadian orang tersebut, walaupun tidak terlalu mendalam. Dengan memiliki informasi tersebut, Anda dapat berpikir bagaimana Anda bertindak dan memposisikan diri.

  • 3. Banyak Mendengarkan Dapat Menjaga Rahasia Anda

  • Ada situasi tertentu di mana Anda sebaiknya tidak mengungkapkan pendapat Anda terlalu cepat. Biasanya orang yang berhasil di bidangnya dalam berkomunikasi lebih banyak mendengarkan si lawan bicaranya sementara mereka tetap menutup mulutnya. Saat orang lain lebih banyak berbicara biasanya akan membuat orang tersebut tidak dapat menyembunyikan perasaan dan maksud mereka yang sebenarnya kepada Anda, dan kalau Anda tidak ingin orang lain mengetahui apa yang ada di pikiran Anda, maka sebaiknya jangan terlalu banyak bicara, tetapi buat orang tersebut yang lebih banyak berbicara.

  • Advertisement
  • 4. Membuat Kita Lebih Mudah dalam Mengambil Keputusan

  • Dengan lebih banyak mendengarkan pendapat orang lain atau masukan yang ada, Anda akan lebih mudah dalam mengambil keputusan karena berdasarkan informasi yang Anda dapatkan dan bandingkan dengan pendapat kita sendiri.

  • 5. Membuat Anda Menjadi Sosok yang Penting bagi Orang Sekitar

  • Dengan kemampuan mendengarkan yang Anda miliki, orang lain akan tertarik untuk berkomunikasi dengan Anda. Mereka akan menganggap bahwa Anda adalah orang yang cukup pandai dan bijaksana dalam menanggapi apa yang orang lain bicarakan.

  • 6. Mengurangi Kemarahan Seseorang

  • Saat seseorang sedang marah memang alangkah baiknya untuk tidak menyela atau ikut berbicara, karena hal tersebut akan membuat orang tersebut semakin marah. Lebih baik saat ada seseorang yang marah Anda dengarkan saja kata-kata mereka, dengan begitu Anda akan mengetahui apa yang menyebabkan orang tersebut marah. Dengan lebih banyak mendengarkan akan membuat orang tersebut secepat mungkin berhenti marah, lalu saat itulah Anda dapat berbicara dan menunjukkan perhatian Anda kepadanya.

  • 7. Melatih untuk Lebih Bisa Berkonsentrasi

  • Caranya dengan terlebih dahulu memusatkan perhatian Anda kepada orang yang dengannya Anda sedang berbicara. Perhatikan nada suara dan perubahan kata-kata orang tersebut sehingga Anda dapat mengerti arah pembicaraannya.

  • Indera pendengaran adalah salah satu dari keempat indera terbaik yang telah dianugerahkan oleh Tuhan kepada kita. Dengan memiliki indera pendengaran tersebut, kita jadi bisa mendapatkan informasi serta pengetahuan baru. Oleh karena itu, daripada bersikap egois, berusahalah untuk menjadi pendengar yang baik. Lakukanlah hal tersebut dengan ketulusan hati karena dengan menjadi pendengar yang baik kita akan mendapatkan jauh lebih banyak keuntungan. Namun sebaliknya, bila saat berkomunikasi kita terlalu fokus pada diri sendiri, maka kita tidak akan bisa membina hubungan yang baik dengan orang yang berada di sekitar kita.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Manfaat Lebih Banyak Mendengarkan daripada Banyak Berbicara

Dengan kemampuan mendengarkan yang Anda miliki, orang lain akan tertarik untuk berkomunikasi dengan Anda. Mereka akan menganggap bahwa Anda adalah orang yang cukup pandai dan bijaksana dalam menanggapi apa yang orang lain bicarakan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr