Membiasakan Anak Makan Secara Teratur

Mengajarkan anak makan secara teratur memerlukan konsistensi dan harus dilakukan secara rutin, terus menerus, dan penuh kesabaran.

1,085 views   |   shares
  • Pernahkah Anda melihat di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda ibu-ibu yang menyuapi anak-anak kecilnya di pinggir jalan? Atau di sore hari ibu-ibu yang membeli makanan dari pedagang keliling untuk makan malam anak-anak mereka? Kita melihat kejadian ini hampir setiap hari di lingkungan kita. Anak-anak bermain di luar rumah sambil berlari-lari, ibunya mengejar sambil membawa piring berisi makanan untuk disuapi kepada anaknya. Atau dengan uang 2000 rupiah, si ibu membeli bakso dan menambahkan nasi ke dalam mangkuk bakso untuk makan malam anaknya.

  • Akibat dari perlakuan ini, anak sampai besar akan terus minta disuapi atau anak makan sambil berlari-lari dan tidak mau diam di meja makan. Selain itu, kebiasaan memberi makan anak secara sembarangan dapat berisiko bagi kesehatan anak itu sendiri. Untuk menghindari hal ini, bagaimana kita dapat mengajarkan anak kita makan teratur?

  • Berikut adalah beberapa saran yang dapat dilakukan orang tua untuk membiasakan anak-anak makan secara teratur.

  • 1. Anak-anak belajar dari teladan orang tua

  • Bagaimana anak-anak dapat makan di meja makan kalau ayah dan ibunya makan di kamar tidur sambil menonton televisi? Biasakanlah makan bersama keluarga di meja makan. Ketika kita makan bersama keluarga di meja makan, tidak hanya anak-anak dapat belajar lebih teratur, keakraban keluarga pun dapat terjalin di meja makan. Ayah dan ibu dapat mengetahui kegiatan anak-anak mereka sehari-hari baik di rumah maupun di sekolah melalui obrolan di meja makan. Buatlah suasana menyenangkan ketika makan sehingga anak-anak akan merasa betah untuk duduk diam di meja makan. Berikan contoh kepada anak-anak kita untuk selalu bersyukur bagi makanan yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Ucapkanlah syukur sebelum makan.

  • 2. Biarkan anak-anak belajar mandiri

  • Jangan biasakan menyuapi anak yang sudah bisa memegang sendok sendiri. Biarkan anak-anak belajar mandiri. Jangan memarahi anak ketika makanan yang dimakan berantakan di meja. Lama-kelamaan mereka akan bisa mengontrol diri mereka dan makan dengan lebih rapi. Jangan memaksa anak-anak untuk makan karena mereka akan merasa tersiksa dan membuatnya susah makan.

  • 3. Tentukan jadwal makan yang teratur

  • Makanlah 3 kali sehari dengan 2 kali makan selingan di antara jam makan yang normal. Tentukan jam makan yang teratur. Misalkan makan pagi jam setengah tujuh pagi sebelum anak berangkat sekolah, makan siang jam dua belas sesudah anak pulang sekolah, dan makan malam jam enam sore sebelum anak-anak pergi tidur. Hindari jam-jam saat anak mengantuk, karena dapat dipastikan anak-anak akan menjadi rewel di meja makan. Jangan terlalu sering membelikan anak jajanan yang tidak sehat untuk camilan. Sediakan buah-buahan sebagai camilan anak-anak di antara waktu makan.

  • Advertisement
  • 4. Berikan makanan sehat dan bervariasi untuk anak

  • Masaklah makanan sehat yang penuh gizi untuk anak-anak Anda. Jangan terlalu sering jajan di luar. Makanan yang bervariasi membuat anak tidak bosan dan tidak pilih-pilih makanan. Berikan makanan yang mengandung sumber protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan serat yang seimbang. Sewaktu anak-anak memakan masakan ibunya, mereka akan terus mengingatnya sampai mereka tumbuh dewasa.

  • Untuk menjalankan ini semua diperlukan konsistensi. Kita tidak bisa mengajar anak-anak kita sehari atau dua hari saja. Tetapi semua harus dilakukan secara rutin, terus menerus, dan penuh kesabaran. Ketika kita dapat melakukannya, bukan saja anak-anak menjadi lebih teratur tetapi juga akan membuat anak-anak kita tumbuh menjadi lebih sehat. Marilah kita mulai membiasakan anak-anak kita untuk hidup teratur dan makan sehat dari sekarang.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Indah Wajarsari is an Indonesian native and mother of two.

Membiasakan Anak Makan Secara Teratur

Mengajarkan anak makan secara teratur memerlukan konsistensi dan harus dilakukan secara rutin, terus menerus, dan penuh kesabaran.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr