Peran Hewan dan Serangga dalam Pelestarian Lingkungan

Kita mungkin heran mendengar ada yang mengkhawatirkan punahnya sejenis hewan atau serangga.

3,822 views   |   5 shares
  • Kita mungkin heran mendengar ada yang mengkhawatirkan punahnya sejenis hewan atau serangga. Mungkin kita akan berkata, "Yah, serangga saja kok dipusingin." Tetapi bila kita menyadari betapa pentingnya hewan dan serangga tertentu dalam pelestarian lingkungan kita tidak akan lagi heran, kita bahkan akan merasa takjub. Semua itu sangat berjasa bagi ekosistem yang berarti juga berjasa bagi kelangsungan hidup manusia.

  • Lebah dan kupu-kupu

  • Presiden Obama dan istrinya bahkan ikut campur dalam pelestarian lebah dan kupu-kupu yang dikhawatirkan punah karena dipakainya pestisida dalam pertanian. Selain memelihara rumah lebah di Gedung Putih, Michelle Obama juga membangun kebun penyerbukan untuk melestarikan lebah dan kupu-kupu. Matinya ratusan lebah sekaligus menjadikan para pecinta lingkungan prihatin. Di AS lebah berjasa bagi produksi bahan pangan bernilai milyaran dolar. Kupu-kupu selain keindahannya yang mempunyai nilai wisata bila dikembangbiakkan dalam jumlah besar di tempat tertentu, juga mempunyai peran dalam penyerbukan tanaman. Selain itu kita juga mengenal kupu-kupu yang dalam tahap pertamanya sebagai ulat sutra menghasilkan kepompong, bahan utama untuk membuat kain sutra.

  • Codot

  • Codot atau kelelawar pemakan buah berjasa untuk menanami kembali tanah yang gundul. Dengan matanya yang besar dan penciumannya yang tajam codot memiliki keterampilan untuk terbang di malam hari lebih baik daripada di siang hari. Dengan semua kelebihan itu, codot bagaikan petani yang terbang di malam hari untuk menyebar benih tanaman di hutan tropis. Sementara mencari santapan buah yang lezat dan bunga yang mengandung nektar, codot membuang kotoran yang antara lain mengandung biji buah dan pupuk. Dalam penerbangannya yang jauh, codot menyebarkan benih ke area yang luas. Tidak heran berbagai jenis tanaman di hutan tropis bergantung pada codot untuk menyerbukkan bunga dan menyebarkan benihnya. Sayangnya banyak codot terancam punah karena rusaknya hunian tempat mereka berkembang biak. Seperti beberapa pulau di Pasifik Selatan, hilangnya codot merupakan bencana karena banyak jenis tanaman di kepulauan ini menggantungkan penyerbukan bunganya pada codot.

  • Burung

  • Beberapa burung melahap serangga sebagai makanan utama mereka. Mereka mengendalikan lingkungan dengan memangsa serangga supaya jumlahnya terkendali. Misalnya ketika sebuah tanah pertanian diserbu ribuan belalang coklat yang dapat melalap habis berhektar-hektar tanaman gandum muncul ratusan burung camar memangsa belalang-belalang itu sehingga tanah pertanian tersebut selamat. Begitu juga hama wereng yang merusak tanaman padi, ada serangga pemangsa yang membasmi hama ini.

  • Advertisement
  • Rayap

  • Bahkan serangga yang dianggap musuh oleh manusia karena merusak kayu di rumah, mempunyai manfaat bagi lingkungan. Rayap membantu menghancurkan kayu yang terbuang supaya kembali menyatu dan menjadi pupuk bagi tanah. Begitu pula organisme lain yang menghancurkan sampah, bila tidak ada semua ini sampah akan tetap menggunung menutupi bumi.

  • Kumbang

  • Ada bermacam-macam kumbang, yang hitam biasa disebut tonggeret, yang kecil dengan warna merah bulat-bulat di punggungnya yang dikenal sebagai lady bug dan macam-macam lagi. Kumbang menguntungkan bagi manusia karena memberantas hama di kebun. Bahkan kumbang-kumbang kecil yang masih berbentuk larva melahap banyak hama yang merusak kebun sayur dan bunga. Kumbang tanah yang berwarna gelap dapat ditemukan di bawah batu, tetapi yang menjadi pemberantas hama justru larva kumbang itu.

  • Belalang sembah

  • Serangga ini yang sering disebut cangcorang oleh orang Betawi mempunyai bentuk yang unik, seperti serangga yang sedang berdoa. Belalang ini membantu memberantas hama di kebun, melahap apa saja bahkan kumbang lady bug. Larvanya yang kecil-kecil juga memangsa semua serangga, bahkan saudaranya sendiri.

  • Bila Anda memiliki kebun sayur, janganlah memakai pestisida untuk mengusir hama. Anda dapat memanfaatkan serangga-serangga pemangsa untuk melindungi kebun Anda. Tanamlah bunga yang tumbuhnya rendah maupun tinggi sebelum memulai kebun Anda. Tanaman ini akan menarik serangga-serangga pemangsa. Taruhlah juga batuan lebar bagi kumbang yang lebih suka tanah lembab. Jika Anda menyirami kebun, jangan lupa sediakan air yang menggenang untuk minum bagi serangga-serangga pemangsa sehingga mereka tidak terbang pergi untuk mencari air di tempat lain.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Peran Hewan dan Serangga dalam Pelestarian Lingkungan

Kita mungkin heran mendengar ada yang mengkhawatirkan punahnya sejenis hewan atau serangga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr