6 Tips untuk Mengatasi Akibat Putus Cinta

Jangan menyalahkan diri sendiri karena hubungan percintaan Anda yang kandas, tetapi berpikirlah secara positif sehingga Anda dapat belajar dari berakhirnya hubungan cinta untuk terus maju meniti masa depan Anda.

5,669 views   |   4 shares
  • Kehidupan percintaan biasanya dimulai dengan rasa suka seseorang terhadap lawan jenis yang akhirnya menimbulkan jalinan kasih asmara. Saat itu Anda merasa bahwa dunia ini hanya milik berdua dengan kekasih dan tak peduli pada lingkungan sekitarnya. Tetapi bila saatnya perjalanan cinta Anda mengalami kendala yang berakibat putusnya jalinan kasih itu, perasaan sedih dan galau akan terjadi dalam diri Anda. Dunia terasa hancur dan berhenti berputar saat kandasnya hubungan percintaan Anda. Kehidupan tidak berhenti sampai di situ saja, terimalah kenyataan yang ada. Putus cinta adalah hal yang lumrah perlu disikapi dengan wawasan yang luas. Jika harus terjadi demikian apa yang sebaiknya Anda lakukan?

  • Simak dan jalankan beberapa tips di bawah ini untuk membangun percaya diri Anda guna mengatasi akibat putus cinta yang berkelanjutan.

  • Berpikir positif

  • Jangan menyalahkan diri sendiri karena hubungan percintaan Anda yang kandas, tetapi berpikirlah secara positif sehingga Anda dapat belajar dari berakhirnya hubungan cinta untuk terus maju meniti masa depan Anda. Hubungan yang telah terjadi dahulu adalah karena kedua belah memang menginginkannya, begitu pula bila hubungan harus berakhir buruk. Memang banyak alasan yang menyebabkannya putusnya cinta apakah si dia belum siap berkomitmen dengan Anda atau sudah pindah ke lain hati. Sekarang adalah saatnya bagi Anda untuk bersikap positif dengan melupakan kenangan bersamanya. Sisi positifnya harus Anda akui bahwa pernah mengenalnya dan berbagi kasih, kini waktunya untuk melanjutkan hidup tanpa dirinya.

  • Atasi kekecewaan dengan berbagi

  • Tumpahkan perasaan dan isi hati yang terdalam di buku harian pribadi, hal ini sedikit banyak menolong Anda untuk melupakannya. Berbagi dengan teman dekat atau keluarga yang akrab dan menerima masukan dari mereka akan membuat Anda merasa tenang sehingga terhindar dari rasa frustasi. Jangan sampai Anda menuliskan kekecewaan dan kesedihan di media sosial karena hal ini akan diketahui banyak orang. Para pembaca akan berpikir bahwa Anda sedang mencari perhatian banyak orang atas kejadian ini. Terlebih lagi bila si mantan kekasih mengetahuinya, dampaknya bisa bervariasi. Mungkin dia akan merasa kasihan dengan Anda atau bangga karena pernah membuat Anda jatuh cinta padanya.

  • Menyibukkan diri

  • Dengan membuka hati untuk pertemanan yang baru cara ini akan sedikit banyak melupakan tentang sang mantan. Hubungi teman lama yang Anda lupakan ketika masih sibuk dengan hubungan percintaan yang dulu. Inilah waktu yang tepat untuk menyibukkan diri dengan melakukan kesenangan baru bersama teman-teman Anda. Pergi berlibur dengan keluarga atau teman ke suatu tempat yang tidak pernah Anda kunjungi, dan hindari tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi bersama sang mantan. Hal ini akan mengingatkan Anda akan kenangan yang pernah dilalui bersamanya. Kehidupan harus berlangsung terus, lupakan masa lalu dan Anda harus menikmati apa yang ada sekarang dengan rasa syukur karena bisa mengatasi kegagalan cinta.

  • Advertisement
  • Menghibur diri dengan bernyanyi

  • Bernyanyi adalah salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk melupakan perasaan sedih. Membuat perasaan Anda lepas dan bebas dari perasaan tertekan. Pilih lagu-lagu melankolis yang berirama lambat untuk memperbaiki mood yang sedih agar lebih menyenangkan dan mengurangi rasa sakit.

  • Kesadaran pribadi

  • Seiring dengan waktu terimalah kenyataan yang ada bahwa dia bukanlah milik Anda. Bila Anda dilanda kesedihan simpanlah bagi diri Anda sendiri jangan terlihat oleh sang mantan. Tunjukkan padanya bahwa Anda baik-baik saja sekarang. Sadarilah bahwa segala tindakannya untuk memutuskan hubungan serta pergi dari kehidupan Anda bukanlah sesuatu masalah yang besar. Dengan sabar dan tawakal dalam menyikapi putusnya jalinan asmara ini adalah jalan yang terbaik. Hal ini dapat menolong Anda untuk bangkit kembali dan menjalani hidup ini dengan penuh percaya diri.

  • Persiapkan diri Anda untuk bangkit

  • Jangan melihat ke belakang lagi atas kegagalan percintaan yang Anda alami tetapi berusaha keras untuk maju. Pengalaman dahulu diambil sebagai bahan pembelajaran Anda. Terapkan trik-trik hubungan romantis saat Anda menemukan yang baru. Persiapkan diri Anda dengan bijaksana guna membangun hubungan percintaan yang berhasil dengan saling memahami dan menerima kekurangan masing-masing guna terwujud jalinan asmara yang langgeng. Camkan hal ini pada diri Anda bahwa dari suatu kegagalan akan terjadi keberhasilan pada akhirnya.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

6 Tips untuk Mengatasi Akibat Putus Cinta

Jangan menyalahkan diri sendiri karena hubungan percintaan Anda yang kandas, tetapi berpikirlah secara positif sehingga Anda dapat belajar dari berakhirnya hubungan cinta untuk terus maju meniti masa depan Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr