Gluten vs Non Gluten

Banyak orang yang alergi terhadap gluten, bila makan gluten badannya akan terasa sakit, cepat lelah dan sakit perut.

968 views   |   shares
  • Sekarang ini banyak orang memilih makanan yang tidak mengandung gluten karena sedang trendi, di samping itu banyak orang yang alergi terhadap gluten, bila makan gluten badannya akan terasa sakit, cepat lelah dan sakit perut. Lalu bagaimana dengan mereka yang pantang daging, yang makan sate terbuat dari gluten? Dengan sendirinya mereka menyantap banyak gluten karena hampir tidak mungkin makan sayur melulu. Marilah kita tilik apa itu gluten dan manfaat serta kekurangannya.

  • Apa itu gluten?

  • Gluten adalah protein yang terdapat pada gandum dan beberapa biji-bijian lain. Fungsi gluten adalah membentuk makanan, mirip dengan bahan perekat (glue dalam bahasa Inggris). Orang-orang yang mengidap penyakit celiac tidak dapat makan makanan yang mengandung gluten. Mereka senang karena di toko-toko makanan sekarang ini banyak dijual makanan non gluten seperti tepung, pasta dan banyak lagi lainnya. Pada saat ini banyak orang yang tidak berpenyakit celiac ikut-ikutan memilih makanan yang tidak mengandung gluten karena mengira makanan yang non gluten lebih sehat. Benarkah demikian? Menurut Peter Green, direktur Pusat Penyakit Celiac di Universitas Columbia, AS, orang yang tidak berpenyakit celiac sebaiknya tidak menyantap makanan yang non gluten karena mereka membutuhkan vitamin, mineral dan serat yang ada pada gluten.

  • Apa itu penyakit celiac?

  • Ini adalah reaksi tubuh yang salah terhadap gluten sehingga merusak lapisan dalam usus kecil yang mengakibatkan tidak terserapnya nutrisi-nutrisi penting. Gejala-gejala penyakit ini antara lain diare, anemia, tulang-tulang sakit dan penyakit kulit. Namun banyak penderita celiac yang tidak menunjukkan gejala apapun. Satu-satunya jalan untuk mengetahui bahwa seseorang mengidap penyakit ini ialah dengan tes darah untuk mengetahui apakah ada kekebalan tubuh yang berkaitan dengan reaksi yang abnormal. Bila hasil tes ini positif maka dapat dilakukan biopsi untuk mengetahui adanya peradangan pada lapisan dalam usus kecil. Seorang yang pada usia 26 tahun merasa dirinya sehat, tiba-tiba berat badannya turun terus. Dokter yang memeriksanya khawatir dia terkena kanker. Ketika diambil jaringan usus kecilnya untuk dibiopsi, ternyata dia sakit celiac. Lapisan bagian dalam usus kecilnya yang seperti jari-jari halus akan tetap sehat asalkan dia tidak makan gluten.

  • Apa saja yang non gluten?

  • Di samping banyak toko makanan yang menjual berbagai jenis makanan non gluten sekarang ini, banyak pula makanan alami yang tidak mengandung gluten, misalnya telur segar, susu, produk susu seperti yoghurt, mentega dan keju, kacang-kacangan yang belum diproses, daging, ikan dan ayam (yang tidak digulung tepung). Selain itu tentu saja berbagai macam buah dan sayur. Karena itu bila Anda mengidap alergi terhadap gluten Anda tidak usah bingung harus makan apa. Anda masih tetap dapat menikmati roti, kue yang non gluten yang dapat Anda buat sendiri dari tepung non gluten atau membelinya siap dimakan. Bahkan produsen sereal kini juga menciptakan sereal non gluten.

  • Advertisement
  • Vegetarian

  • Selain umat Buddha banyak orang sekarang yang menjadi vegetarian, pantang makan daging. Sebagian dari mereka tidak makan daging karena menganggap itu sehat, sebagian lagi karena tidak ingin menyakiti binatang. Tetapi seperti orang yang pantang gluten, pantang daging juga kurang sehat karena daging adalah sumber protein yang di dalam tubuh diolah antara lain menjadi insulin, sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang mengidap kencing manis. Untuk menggantikan daging, banyak dari orang-orang yang pantang daging menggunakan gluten sebagai daging buatan. Dengan cara tertentu tepung terigu diolah menjadi seperti daging dan dijadikan masakan yang membutuhkan daging seperti sate, bakso, sup dan sebagainya.

  • Sesudah menelaah semua fakta di atas Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin menjadi vegetarian atau non gluten. Jika Anda merasa lebih sehat karena melakukan salah satu pantangan itu, Anda boleh mengerjakannya. Tetapi jangan melakukannya dengan alasan ingin menjadi trendi. Keduanya, vegetarian dan non gluten, mempunyai kekurangan masing-masing. Seperti segala sesuatu, makanan yang seimbang adalah pilihan yang sehat.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Gluten vs Non Gluten

Banyak orang yang alergi terhadap gluten, bila makan gluten badannya akan terasa sakit, cepat lelah dan sakit perut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr