Ingin Berlibur ke Luar Negeri dengan Biaya Murah? Berikut Tipsnya!

Kecenderungan orang menganggap liburan keluar negeri membutuhkan biaya yang mahal, padahal tidak semua begitu. Setiap orang memiliki kesempatan untuk berlibur menjelajahi dunia. Hanya perlu usaha dan niat yang besar untuk mewujudkannya.

8,680 views   |   11 shares
  • Kecenderungan orang menganggap liburan keluar negeri membutuhkan biaya yang mahal, sehingga beberapa orang jika mendengar temannya berliburan keluar negeri akan dinilai memiliki banyak uang, padahal tidak semua begitu. Setiap orang memiliki kesempatan untuk berlibur menjelajahi dunia. Hanya perlu usaha dan niat yang besar untuk mewujudkannya. Anda ingin berlibur keluar negeri dengan biaya murah? Berikut tipsnya!

  • Menabung

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin berlibur keluar negeri namun kemampuan bulanan Anda tidak mencukupi untuk mewujudkannya, maka Anda perlu menabung terlebih dahulu. Sisihkan beberapa persen uang Anda setiap bulan (di luar biaya pokok) dan jika sudah cukup barulah Anda melangkah ke cara selanjutnya.

  • Pilih negara yang bebas visa

  • Setelah uang Anda cukup, buatlah paspor terlebih dahulu sebelum keluar negeri. Upayakan untuk memilih negara tujuan liburan Anda yang tidak memerlukan visa untuk masuk, karena untuk pengurusan visa cukup memakan biaya dan waktu. Beberapa negara di Asean tidak memerlukan visa, misalnya Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, Hong Kong, Macao, Srilanka, Peru, Fiji dan Chile. Jika Anda ingin lebih jauh lagi Anda dapat ke Maroko, Ekuador dan Kolombia.

  • Cari tiket pada weekday atau bukan musim liburan

  • Dalam memilih tanggal keberangkatan, pilihlah weekday dan bukan musim liburan. Biasanya jika akhir pekan atau musim liburan, harga tiket akan mahal. Dan juga dalam membeli tiket upayakanlah untuk membeli 3 bulan sebelum waktu keberangkatan, karena harganya akan jauh lebih murah.

  • Cari penginapan hemat via internet

  • Sebelum Anda pergi ke negara tujuan berlibur Anda hal terpenting yang harus Anda persiapkan adalah biaya untuk tempat Anda tinggal nantinya. Carilah penginapan hemat via internet jauh hari sebelum keberangkatan Anda, karena biasanya Anda akan mendapatkan banyak potongan harga yang menarik. Saat ini sudah sangat mudah menemukan situs-situs booking penginapan murah di Internet. Pilihlah situs yang sudah dikenal reputasinya dan yang terpercaya.

  • Bawahlah makanan yang dapat bertahan lama

  • Saat berlibur ke negara orang, biasanya kita tidak begitu cocok dengan makanannya. Makanan sangat penting untuk diperhatikan baik saat berlibur atau dalam kehidupan sehari-hari. Jika kita tidak makan, tubuh kita dapat menjadi lemah dan aktivitas kita akan terganggu, begitu juga saat berlibur. Bawalah selalu persediaan makanan yang dapat bertahan lama saat berlibur ke negeri orang. Jika perlu bawa penanak nasi yang kecil dan lauk pauk yang dapat bertahan lama misalnya, tempe orek, teri kacang, rendang, ikan roak, atau mie instan. Tidak hanya untuk menghindari kesulitan memilih makanan di negeri orang tetapi ini juga dapat membantu Anda untuk menghemat biaya.

  • Advertisement
  • Gunakan transportasi yang murah

  • Ketika berlibur ke luar negeri, Anda pasti memerlukan transportasi untuk mengunjungi berbagai tempat. Carilah terlebih dahulu informasi tentang transportasi yang digunakan di negara tujuan berlibur Anda. Gunakan transportasi yang murah yang terjangkau dengan anggaran liburan Anda, misalnya bus, kereta atau transportasi bersubsidi. Jangan menggunakan taksi karena biasanya taksi adalah transportasi darat yang termahal dan juga banyak taksi di negara lain jika mengetahui kita turis mereka akan menipu kita. Penipuan ini sering terjadi, misalnya di kota Thailand.

  • Buatlah daftar tempat-tempat yang ingin dikunjungi

  • Sebelum berkeliling di negeri orang, buatlah terlebih dahulu daftar tempat-tempat mana yang ingin Anda kunjungi. Buat jadwal dalam sehari untuk mengunjungi tempat yang searah atau berdekatan, sehingga tidak memerlukan biaya transportasi yang banyak dan juga menghemat waktu Anda. Anda juga perlu untuk pintar memilih tempat wisata yang tidak mengenakan biaya masuk.

  • Bijaksanalah dalam berbelanja

  • Ketika berlibur banyak orang yang dapat menghemat biaya pesawat hotel dan transportasi dengan baik, tetapi sulit untuk menghemat dalam hal berbelanja. Saat berlibur sangat sulit untuk menahan diri untuk berbelanja, belum lagi ketika melihat benda-benda unik dan atau barang-barang dengan harga miring terkadang seseorang akan mudah tergiur. Bijaksanalah dalam berbelanja, buatlah anggaran khusus untuk berbelanja, jangan sampai anggaran Anda minus karena belanja yang berlebihan saat berlibur.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Ingin Berlibur ke Luar Negeri dengan Biaya Murah? Berikut Tipsnya!

Kecenderungan orang menganggap liburan keluar negeri membutuhkan biaya yang mahal, padahal tidak semua begitu. Setiap orang memiliki kesempatan untuk berlibur menjelajahi dunia. Hanya perlu usaha dan niat yang besar untuk mewujudkannya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr