Badut Keluarga dan Bagaimana Menanganinya

Perilaku membadut dapat menjadi-jadi, baiknya dapat melelahkan, dan jeleknya dapat menghalangi anak Anda dari membuat hubungan yang bermakna. Apa yang harus dilakukan saat anak bertingkah seperti itu.

555 views   |   shares
  • Pernahkah Anda berada di situasi yang tidak nyaman dan bertingkah berbeda dari yang akan Anda lakukan. Beberapa orang ketika menghadapi situasi yang sulit bertingkah konyol, hampir seperti badut. (Ingat ketika Anda tidak bisa bicara saat berada di dekat seseorang yang Anda sukai saat di SMP atau SMA?) Anak-anak dapat bertindak dengan cara yang sama. Satu cara untuk melihat perilaku ini adalah seperti "melepaskan kelebihan uap."Sementara melepaskan tekanan dapat sangat bermanfaat, perilaku membadut dapat menjadi-jadi, baiknya dapat melelahkan, dan buruknya dapat menghalangi anak Anda dari membuat hubungan bermakna jika mereka bersembunyi di balik badut itu setiap saat.

  • Satu alasan anak dapat berperilaku badut adalah ketika dia bertindak berdasarkan situasi yang membuat dia tidak nyaman dan tidak tahu harus melakukan apa di situasi tersebut. Ini sering kali adalah kasus di mana seorang teman atau kerabat berkunjung dan orang tua berinteraksi dengan para orang dewasa lain dan mengharapkan si anak untuk bermain sendiri. Anak ini tidak ingin kehilangan kesenangan, jadi dia muncul dengan cara untuk memperoleh perhatian dan melakukan itu dengan cara yang lucu dan menarik.

  • Ketika anak Anda bertingkah konyol dalam usahanya untuk mendapat perhatian, Anda hendaknya memberitahu dia dengan segera. Katakan sesuatu seperti, “Saya tahu bahwa kamu ingin bermain bersama saya. Saya ingin bermain bersama kamu juga. Tetapi, tante Maya di sini dan kami ingin berbicara. Ketika dia pulang nanti, saya akan bermain bersamamu. Tolong pergi baca bukumu, bermain bersama kakak, atau tontonlah filmmu dan saya berjanji akan bermain bersamamu berdua saja segera setelah tante Maya pulang.” Tanggapan ini menunjukkan kepada anak Anda bahwa Anda peduli kepada dia, dan bahwa Anda mengetahui kebutuhan dia, serta memberikan kepastian bahwa Anda akan meluangkan waktu bersama dia (dan pastikan Anda memenuhi janji Anda), dan berikan kepada dia pandangan bahwa Anda adalah seseorang yang mandiri.

  • Badut keluarga

  • Jika anak Anda merasa bahwa dia menerima lebih banyak perhatian saat bertingkah konyol, ini dapat menjadi kebiasaan bagi dia di rumah dan sekolah. Sementara orang tua menghadapi lebih banyak kekonyolan dibanding guru, bagi beberapa orang tua, perilaku ini cukup merepotkan. Guru tidak dapat memiliki 28 badut kelas dan mesti mengekang kekonyolan. Jika bertingkah konyol telah menjadi cara utama anak Anda untuk berinteraksi, ada kemungkinan besar perilaku ini adalah kebiasaan dan bahwa dia mendapat masalah di sekolah karena sering bertingkah konyol.

  • Advertisement
  • Jangan lihat ke sana―lihat ke sini!

  • Ketika ada ketegangan di keluarga, kadang-kadang anak-anak akan bertingkah konyol agar mengalihkan usaha orang tua mereka untuk menghibur mereka. Perilaku ini biasanya terjadi di keluarga yang mengalami perpisahan, cerai, penyakit, kesulitan keuangan, dan kematian dari pasangan terkasih, dll. Dalam usaha untuk mengalihkan perhatian dari stres dan situasi emosi yang sulit, seorang anak (atau orang dewasa) dapat merasa perlu untuk melepaskan perilaku yang tidak biasanya. Ketika anak Anda seperti ini, adalah penting untuk memastikan dia bahwa Anda menghargai dukungannya dan keinginannya untuk membuat Anda bahagia dan melupakan stres Anda, namun kadang-kadang hidup penuh tekanan dan hal itu tidak apa-apa.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "The family clown and how to deal with him [VIDEO]" karya Lynn Scoresby.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Dr. Scoresby enjoys sitting with his wive amidst the trees and flowers he and his wife have planted, while listening to the quiet sounds of nature...and their many playing grandchildren. Dr. A. Lynn Scoresby is the founder and president of www.firstanswers.com, www.achievementsynchrony.com, and www.6innovations.com. He has been a marriage and family psychologist for more than 35 years and published more than 20 books/training program

Badut Keluarga dan Bagaimana Menanganinya

Perilaku membadut dapat menjadi-jadi, baiknya dapat melelahkan, dan jeleknya dapat menghalangi anak Anda dari membuat hubungan yang bermakna. Apa yang harus dilakukan saat anak bertingkah seperti itu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr