Menghindari Flu

Penyakit flu jangan dianggap enteng karena dapat membuat kita menderita berminggu-minggu.

2,340 views   |   shares
  • Penyakit flu jangan dianggap enteng karena dapat membuat kita menderita berminggu-minggu. Kepala pusing, tenggorokan sakit, makan tak enak, badan pegal linu, dan banyak keluhan lain yang kita alami ketika terjangkit flu. Anak-anak dapat terserang flu 4-6 kali setahun. Apalagi mereka yang sudah duduk di bangku sekolah, baru saja sembuh sudah tertular lagi. Flu atau influenza adalah penyakit menular yang dapat kita hindari dengan menjaga kesehatan kita dengan baik. Apa saja yang dapat kita lakukan?

  • Tidur cukup

  • Banyak orang sehat yang melalaikan perlunya tidur cukup. Mereka menganggap sepele karena mereka masih sehat. Justru karena kurang tidur pertahanan badan mereka melemah dan ketika kuman flu menyerang mereka pun jatuh sakit. Berapa lama tidur yang cukup? Menurut pakar sebaiknya 7-8 jam semalam. Tidak semua orang dapat tidur sedemikian lama, terutama mereka yang menderita insomnia. Jadi dalam hal ini sebaiknya mencoba menyembuhkan penyakit insomnia itu lebih dulu.

  • Olahraga

  • Kita sudah tahu bahwa olahraga menunjang kesehatan badan, menguatkan otot-otot dan tulang. Sebaliknya ketika kita sakit tentu saja badan tidak mau diajak kompromi dengan berolahraga. Karena itu sebelum sakit lebih baik berolahraga. Bagi yang sudah berusia lanjut tak perlu olahraga yang berat seperti lari atau angkat besi dengan beban 25 kg, cukup berjalan jauh dan mengangkat beban 1 kg. Dengan tubuh yang bugar kuman flu tidak bisa menembus benteng pertahanan Anda yang kokoh.

  • Makanan bergizi

  • Jangan memilih makanan yang kurang sehat karena dapat membuat badan sakit sehingga mudah diserang kuman flu. Banyak sayur, buah dan makanan lain yang mengandung nutrisi akan menguatkan badan Anda. Bila Anda terserang flu sering kali selera makan Anda hilang karena panca indra Anda terganggu. Lidah Anda tak dapat merasakan kelezatan makanan yang disajikan. Lebih baik Anda menikmati makanan bergizi selagi dalam keadaan sehat. Jus jeruk dan susu jangan dilupakan. Vitamin C juga membantu memperkuat pertahanan tubuh.

  • Hindari stres

  • Salah satu penyebab kelemahan badan kita adalah stres. Orang sekarang sulit menghindari yang satu ini. Pekerjaan, sekolah, anak dan banyak lagi hal lain yang dapat menimbulkan stres. Tetapi bila kita cukup tidur paling tidak badan akan beristirahat dan ini dapat mengurangi stres. Juga yoga, meditasi, menjalankan ibadah, membaca kitab suci, semua itu mampu membantu kita menjauhi stres.

  • Vitamin

  • Menurut penelitian para pakar flu minum vitamin C tidak dapat mencegah flu, tetapi terbukti memperpendek masa sakit. Permen batuk yang mengandung zinc juga memperpendek masa sakit, namun sejak tahun 2009, para pakar menemukan bahwa kebanyakan vitamin ini dapat menyebabkan orang kehilangan daya penciumannya. Yoghurt yang mengandung bakteri yang "baik" konon juga dapat dipakai untuk mengurangi keparahan penyakit flu, tetapi beberapa pakar meragukan kebenarannya. Namun karena bahan dasarnya susu, yoghurt sama bermanfaatnya dengan susu dalam menjaga kesehatan. Beberapa orang percaya bahwa ramuan atau jamu yang mengandung echinacea juga dapat dipakai untuk mempercepat kesembuhan dari flu.

  • Advertisement
  • Suntikan

  • Di AS menjelang musim dingin banyak orang menerima suntikan anti flu. Terutama bagi orang-orang yang lanjut usia ini sangat membantu karena di daerah dingin penyakit flu dapat menjadi radang paru-paru. Anak-anak dan lansia rentan terhadap penyakit ini. Kadang-kadang begitu banyak orang yang perlu suntikan flu sehingga farmasi-farmasi kehabisan serumnya. Sebuah farmasi terkenal bahkan berbuat amal dengan memberikan suntikan gratis bagi anak-anak di Afrika setiap kali seseorang di AS mendapat suntikan itu di farmasinya.

  • Bila toh akhirnya kita terserang flu, yang harus kita lakukan adalah banyak istirahat, makan makanan bergizi seperti sup ayam dan minum yang banyak. Obat-obatan yang ada hanyalah meringankan rasa sakit, namun Anda mungkin masih menderita batuk, pilek dan kadang-kadang gangguan di perut. Penyakit ini paling tidak akan merongrong Anda selama seminggu, bahkan kemungkinan dua minggu bila Anda tidak memperhatikan istirahat Anda.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Menghindari Flu

Penyakit flu jangan dianggap enteng karena dapat membuat kita menderita berminggu-minggu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr