Bagaimana Mendidik Anak-Anak Menjadi Berhasil dalam Kehidupan

Pada saat putra saya masih kecil, kami pergi ke sebuah tempat penjualan barang-barang bekas dan melihat sebuah permainan video games yang sedikit rusak.

2,593 views   |   shares
  • Pada saat putra saya masih kecil, kami pergi ke sebuah tempat penjualan barang-barang bekas dan melihat sebuah permainan yang sedikit rusak. Anak saya menginginkan barang itu, bahkan sangat menginginkannya. sekalipun harga permainan bekas itu hanya beberapa ribu rupiah saja, saya menjelaskan kepadanya bahwa kita tidak memerlukan barang tersebut karena rumah kita sudah dipenuhi dengan barang-barang yang sudah tidak dipergunakan lagi.

  • Disaat yang sama anak saya mencoba untuk tawar-menawar dengan saya dan berusaha meyakinkan saya bahwa dia dapat menjual kembali barang tersebut. Saya meragukannya. Saya pikir saya dapat mencegahnya, lalu saya mengatakan kepadanya “apabila permainan tersebut tidak bisa terjual dalam waktu dua minggu”, maka kita akan memberikan permainan itu kepada orang lain. Anak saya menatap mata saya dan tersenyum, mengatakan dengan yakin, saya pasti dapat menjualnya. Kurang dari dua minggu anak saya berhasil menjual permainan video games yang rusak itu dengan keuntungan lebih dari 400%.

  • Anak-anak yang berhasil/sukses

  • Sejak saat itu, dia dan kedua anak saya yang lain telah cukup dikenal di tempat sekitar kami maupun di tempat yang lain karena bakat dan kecerdasan/ketajaman bisnis mereka. Pengalaman itu telah membuat perubahan dalam kehidupan saya. Beberapa tahun setelahnya, saya dan istri saya dengan penuh semangat mempelajari kehidupan anak-anak remaja dan mendapati betapa anak-anak remaja ini memiliki potensi dan semangat yang besar untuk berhasil dibandingkan dengan kami, atau orang lain, yang tak terpikirkan sebelumnya. Kami bertemu dan berbicara dengan lebih 140 anak-anak remaja yang telah memulai bisnis mereka sendiri, seperti membuat taman, membuat kue, keahlian computer, bernyanyi, dan masih banyak lagi.

  • Bagi anak-anak remaja memulai atau membuka bisnis adalah merupakan suatu petualangan yang menarik, ini adalah pesan yang berharga, dengan memberikan arahan dan kesempatan untuk mengembangkan usaha keras mereka, prestasi, penghargaan yang besar, dan memperkuat mereka dari setiap tantangan yang akan mereka hadapi. Sebagai orang tua, kita sering dipenuhi dengan permintaan-permintaan dari anak-anak kita yang terkadang terlihat sembrono bahkan berbahaya, tetapi ketika anda siap, bahkan kesempatan-kesempatan yang kecil sekalipun dapat memberikan anak-anak pemikiran yang dapat mereka lakukan untuk memperoleh kebahagiaan dalam hidup. Dimanapun atau apa pun bidang usaha yang akan anak Anda lakukan, berikut adalah langkah-langkah yang kami lakukan yang dapat berguna untuk memberikan arahan dan kepercayaan diri yang mereka butuhkan untuk berhasil.

  • Advertisement
  • Langkah-langkah yang harus dilakukan

    • Kunjungilah tempat-tempat bersama anak Anda dan pelajarilah apa yang anak Anda sukai atau gemari

    • Biasakan untuk memuji anak Anda lebih sering untuk bakat yang mereka miliki, daripada mengkritik atau mencoba memperbaiki kesalahan yang mereka lakukan

    • Mengupayakan anak Anda untuk mempergunakan bakat mereka untuk menolong orang lain

    • Mencari kesempatan untuk bekerja atau mengerjakan pekerjaan rumah yang dapat dinikmati

    • Tanyakan pada anak Anda apa yang ingin mereka lakukan untuk masa depan mereka. Tanyakan apakah mereka bersedia untuk mengunjungi atau mewawancarai orang-orang yang telah berhasil dalam melakukan pekerjaan di bidang tersebut.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "How Children Become Successful in Life" karya Haley Miller.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

I am an acquisitions editor for Cedar Fort Inc.

Bagaimana Mendidik Anak-Anak Menjadi Berhasil dalam Kehidupan

Pada saat putra saya masih kecil, kami pergi ke sebuah tempat penjualan barang-barang bekas dan melihat sebuah permainan video games yang sedikit rusak.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr