4 Cara Ampuh Memulai Bisnis Online

Bisnis online memberikan banyak kemudahan bagi kita yang tidak mempunyai pengalaman berbisnis sebelumnya. Kita tidak memerlukan gudang yang besar untuk memulai bisnis ini, atau pun modal yang besar.

3,821 views   |   shares
  • Kita hidup di zaman yang modern dan serba instan. Masyarakat pun dituntut untuk bekerja keras dan meluangkan waktu yang lebih lama di luar rumah. Waktu menjadi sesuatu yang sulit untuk didapatkan. Masyarakat menjadi konsumtif pada makanan cepat saji maupun membeli barang-barang jadi. Terlebih lagi bagi masyarakat yang hidup di kota-kota besar, sebagian dari mereka banyak menghabiskan waktu di kantor atau kemacetan di jalanan. Waktu bersama keluarga pun menjadi kurang, apalagi waktu untuk berbelanja. Hal ini membuat bisnis online berkembang sangat pesat. Saat ini kita dapat melihat website-website berbelanja online banyak bermunculan. Ini memudahkan kita untuk menghemat waktu kita dalam berbelanja kebutuhan apa saja melalui online.

  • Inilah kesempatan yang dapat kita ambil untuk memulai bisnis yang digemari banyak konsumen. Bisnis online memberikan banyak kemudahan bagi kita yang tidak mempunyai pengalaman berbisnis sebelumnya. Kita tidak memerlukan gudang yang besar untuk memulai bisnis ini, ataupun modal yang besar. Melalui berbisnis online, kita juga tidak mempunyai batasan pelanggan melalui perkembangan teknologi. Bisnis ini dapat membantu Anda untuk mengembangkan hobi dan juga minat Anda. Anda juga tidak akan meninggalkan hutang yang besar saat bisnis Anda menurun. Berikut adalah beberapa tips untuk berbisnis online.

  • 1. Kenali bakat dan minat

  • Pertama-tama, Anda harus mengetahui bakat serta minat Anda. Ada seorang wanita suka makan makanan Jepang, dia suka pergi ke restoran-restoran Jepang dan mencoba makanan-makanan seperti sushi, sashimi, dan bento. Karena sering memakan makanan Jepang, dia dapat mengetahui makanan Jepang yang enak dan yang biasa saja. Dia akhirnya memutuskan untuk membuat bisnis makanan Jepang secara online. Dia memasak makanan Jepang kesukaannya dan memasarkannya secara online. Tidak disangka banyak orang yang memesan makanannya saat mereka sedang di kantor. Bisnisnya berkembang pesat dan bahkan perlu untuk mempekerjakan beberapa orang. Mulainya hanya untuk hobi menjadi bisnis online yang sukses. Pada saat Anda memulai bisnis yang Anda sukai, Anda memiliki motivasi dan semangat yang besar. Ketika Anda dihadapi masa-masa sulit, minat Anda yang akan membuat Anda bertahan.

  • 2. Manfaatkan media sosial dengan baik

  • Media sosial berpengaruh besar dalam dunia saat ini. Jika Facebook adalah sebuah negara, itu akan menjadi negara terbesar ketiga di dunia. Media sosial memudahkan orang-orang untuk berkomunikasi dan memperluas kenalan. Media sosial pun bermacam-macam dan Anda perlu mengenal kegunaan serta manfaat dari setiap media sosial untuk bisnis online Anda. Bisnis makanan Jepang di atas dimulai melalui media sosial. Wanita itu menggunakan Instagram untuk memasarkan makanannya. Instagram merupakan jejaring sosial media yang memungkinkan para penggunanya untuk mengunggah dan menuliskan #(tanda pagar) yang membantu orang lain untuk menemukan topik tertentu. Niken mengambil foto dari masakan Jepang yang dia buat, kemudian mengunggahnya ke Instagram. Dia mengundang teman-teman yang dia kenal untuk menyukai foto yang dia unggah. Dia kemudian semakin sering mengunggah foto di Instagram dan mendapatkan banyak pesanan. Anda dapat menjangkau banyak pelanggan melalui jejaring sosial media bisnis Anda.

  • Advertisement
  • 3. Metode pengiriman

  • Setelah Anda memulai bisnis online Anda, tentunya Anda harus memikirkan bagaimana Anda akan mengantarkan barang Anda. Anda mungkin dapat mengantarkannya sendiri untuk menghemat pengeluaran sampai Anda mendapatkan keuntungan yang cukup untuk menyewa pengantar. Jika Anda akan menyewa pengantar, usahakanlah untuk menyewa orang yang Anda kenal atau kenalan teman dekat Anda. Anda harus tahu bahwa orang itu dapat diandalkan. Di kota-kota besar, sepeda motor merupakan pilihan pertama untuk mengantar. Jika bisnis Anda mulai besar dan Anda mempunyai pelanggan di luar kota, Anda mungkin harus mencari agen pengiriman. Carilah agen pengiriman yang terpercaya. Jika Anda mengirimkan barang yang berharga, disarankan untuk menggunakan jasa asuransi.

  • 4. Metode pembayaran

  • Metode pembayaran pun merupakan aspek penting dalam bisnis Anda. Mungkin mudah jika Anda menerima uang langsung saat Anda mengantarkan barang. Bagi Anda yang mempunyai pelanggan yang tersebar, Anda dapat memanfaatkan jasa money transfer antar rekening bank. Anda perlu mencantumkan estimasi barang akan dikirim setelah pembayaran diterima. Ada juga pembayaran secara online yang tersedia melalui Paypal. Paypal adalah pihak ketiga yang menjamin keamanan dalam transaksi online. Pembayaran menggunakan kartu kredit tidak dianjurkan karena keamanannya yang rentan akan penipuan.

  • Bisnis online dapat memberikan keuntungan besar bagi Anda saat Anda melakukannya dengan benar. Semoga tips dalam artikel ini dapat membantu Anda dalam memulai bisnis baru ini.

Baca, hidupkan, bagikan!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

4 Cara Ampuh Memulai Bisnis Online

Bisnis online memberikan banyak kemudahan bagi kita yang tidak mempunyai pengalaman berbisnis sebelumnya. Kita tidak memerlukan gudang yang besar untuk memulai bisnis ini, atau pun modal yang besar.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr