Memilih Teman Hidup

Ketika dua anak muda jatuh cinta mereka lupa mempertimbangkan faktor yang lain.

12,433 views   |   12 shares
  • Ketika dua anak muda jatuh cinta mereka lupa mempertimbangkan faktor yang lain. Tidak jarang orang tua harus campur tangan untuk mencegah anak mereka salah pilih. Tetapi bagi yang sedang mabuk kepayang campur tangan ini dipandang sebagai semak duri yang merintangi perjalanan mereka ke bahtera indah yang mereka impi-impikan. Jangan juga berharap bahwa watak pasangan Anda akan berubah sesudah menikah. Apa saja seharusnya faktor yang perlu diperhatikan sebelum atau sesudah Anda jatuh cinta?

  • Karakter

  • Meskipun seseorang biasanya menyembunyikan karakternya yang sesungguhnya ketika sedang berpacaran, kita bisa bertanya kepada orang lain yang mengenalnya tentang hal itu. Janganlah karena sedang dimabuk cinta kita menganggap bahwa orang lain iri melihat kebahagiaan kita dan berusaha menjelek-jelekkan orang yang kita cintai. Waspadailah temperamen yang mudah berubah, misalnya dari murung menjadi riang dalam jangka waktu yang singkat. Kemungkinan orang seperti itu menderita penyakit bipolar atau mood swing. Orang seperti itu sering kali tidak dapat mengendalikan perasaannya dan kemarahannya. Sering ada berita tentang seorang suami atau pacar yang menghabisi nyawa pasangannya karena gelap mata. Cinta itu buta, tetapi kebutaan seorang yang cemburu dapat berakibat fatal.

  • Pekerjaan

  • Bukan maksud artikel ini untuk mengajar seorang wanita menjadi pemburu harta. Dengan melihat pekerjaan seseorang kita dapat meramalkan masa depannya. Pria yang baik tidak harus berjabatan tinggi asalkan dia bertanggung jawab, berapa lama dia bekerja di tempat itu, apakah dia sering berganti-ganti pekerjaan. Ada orang yang tidak berambisi dan merasa cukup puas dengan pekerjaannya yang sederhana. Orang seperti ini mungkin tidak cocok bagi wanita yang ingin hidup dengan mewah. Mereka tidak akan bahagia bersama, si pria merasa dirongrong dan salah-salah korupsi demi memenuhi tuntutan istri, akibatnya dia harus meringkuk di belakang jeruji besi. Atau jiwanya akan tertekan merasa tidak mampu membahagiakan istrinya.

  • Keturunan

  • Faktor keturunan penting bukan karena kaya atau tidaknya orang tua. Melainkan bagaimana meramalkan masa depan dari faktor genetik yang ada. Seorang teman mempunyai ibu yang setiap hari Jumat marah tidak keruan, bukan karena kesurupan setan lewat atau penunggu rumah melainkan karena darah tinggi. Mungkin hari Jumat bagi si ibu adalah hari paling sibuk sehingga dia stres. Teman itu meninggal di usia relatif muda karena pembuluh darah di kepala pecah. Hal-hal seperti ini bukanlah ramalan yang memerlukan bola kaca atau kartu tarot melainkan pembawaan genetik tubuh manusia. Karena itu bila orang tua mengalami gangguan mental dapat diramalkan anaknya ada yang menderita gangguan jiwa juga.

  • Advertisement
  • Kepercayaan

  • Tidak ada salahnya kita jatuh cinta kepada seseorang yang mempunyai kepercayaan berbeda dari kita asalkan ada niat untuk saling menghormati kepercayaan pasangannya. Juga harus ada kompromi untuk mengatur waktu bagi satu sama lain dalam menjalankan kepercayaannya. Jangan sesudah menikah yang satu melecehkan keinginan pasangannya untuk beribadah, hal ini akan membuat pernikahan berjalan pincang. Hendaknya diputuskan bagaimana anak-anak kelak, apakah akan mengikuti kepercayaan ibunya atau bapaknya. Jangan sampai anak-anak itu menjadi korban dari persaingan ayah dan ibunya untuk membawa mereka ke kepercayaan masing-masing. Bila tidak ada kesepakatan sebaiknya anak-anak diberi hak untuk memutuskan sendiri kelak sesudah dewasa.

  • Bila orang sedang jatuh cinta mereka sering lupa untuk memperhatikan faktor-faktor di atas. Tidak jarang mereka merasa bahwa mereka akan mampu mengatasi segala kekurangan pacarnya. Yang terjadi di kemudian hari ialah perceraian di tahun-tahun awal pernikahan mereka, atau bahkan lebih parah kematian salah satu dari mereka. Sebetulnya masa-masa sebelum pernikahan itulah yang seharusnya digunakan untuk penjajagan. Pertimbangan janganlah dikelabui oleh perasaan cinta yang menggebu-gebu. Di sisi lain tentu saja pertimbangan janganlah terlalu kritis karena tidak ada manusia sempurna di dunia ini. Bila kebaikannya lebih banyak daripada kekurangannya, dan Anda merasa mampu mengatasi hal itu, Anda mempunyai cukup alasan untuk memutuskan agar hubungan Anda berdua dilanjutkan lebih jauh.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Memilih Teman Hidup

Ketika dua anak muda jatuh cinta mereka lupa mempertimbangkan faktor yang lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr