Tips Aman dan Nyaman Jadi Anak Indekos

Ketika kost biasakan selalu mencatat nomor-nomor telepon penting dan menempelnya di dinding kamar Anda sehingga orang lain dapat dengan mudah melihatnya.

3,733 views   |   1 shares
  • Pertama kali memutuskan untuk indekos pasti akan menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Setelah terbiasa tinggal bersama dengan orang tua serta saudara, kini demi memenuhi panggilan pekerjaan atau untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi Anda diharuskan meninggalkan segala kenyamanan yang ada di rumah dan tinggal seorang diri di luar kota tanpa memiliki satupun sanak saudara atau kerabat.

  • Setelah beberapa tahun menjadi anak indekos Anda akan paham betul sisi baik dan buruknya, bahkan pengalaman demi pengalaman baik yang menyenangkan maupun tidak pasti akan Anda alami. Kini bagi Anda, khususnya para remaja, yang baru akan memulai kehidupan sebagai anak indekos, baik demi menempuh pendidikan yang lebih tinggi maupun bagi Anda yang baru akan mengawali pekerjaan, simaklah beberapa tips berikut supaya hari-hari Anda menjadi anak indekos tetap terasa aman, nyaman dan menyenangkan.

  • 1. Memilih lokasi

  • Ketika mengawali sebagai anak kost kesalahan pertama yang sering dibuat adalah memilih lokasi yang tidak tepat, hal tersebut adalah wajar karena Anda belum paham betul daerah dimana Anda sekarang tinggal. Oleh karena itu, sebelum memilih lokasi kost ada baiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu, luangkan waktu satu hari atau lebih untuk mengunjungi kota dimana Anda akan tinggal, carilah informasi melalui internet dan pastikan bahwa lokasi yang akan Anda tinggali nantinya tidak terlalu jauh dari tempat Anda bekerja atau tempat di mana Anda akan menempuh pendidikan.

  • 2. Tidak jauh dari fasilitas umum

  • Fasilitas umum berupa akses angkutan kota, rumah sakit, puskesmas, warnet, pasar, dan sebagainya penting untuk dipertimbangkan. Namun, sebisa mungkin jangan cari tempat yang terlalu dekat dengan jalan raya karena itu akan sangat menganggu ketenangan istirahat Anda nantinya.

  • 3. Memilih kost-kostan

  • Kemudian yang harus diperhatikan adalah kost-kostannya. Pertama-tama tetapkan terlebih dahulu anggaran per bulan Anda berapa, lakukan survei berapa rata-rata harga kost-kostan di lokasi tersebut, Anda juga bisa menanyakan hal tersebut kepada teman-teman Anda yang sudah lama tinggal di daerah itu. Biasanya semakin mahal harga kost-kostan, maka akan semakin banyak pula fasilitas serta semakin nyaman tempatnya untuk ditinggali. Namun, bukan berarti harga kost-kostan yang standar juga jauh dari rasa nyaman, itu tergantung kepada Anda, apakah Anda mau atau tidak sedikit mengeluarkan tenaga untuk berkeliling mencari dan membandingkan harga satu tempat kost dengan tempat kost yang lain.

  • Advertisement
  • 4. Keamanan dan kewaspadaan

  • Sekarang setelah Anda mendapatkan tempat kost, hal yang terpenting untuk diperhatikan adalah keamanannya. Bila Anda tinggal di tempat kost bertingkat pastikan bahwa telah tersedia jalur evakuasi penyelamatan bila sewaktu-waktu terjadi bencana. Tersedia cukup ruang parkir yang aman untuk tempat kendaraan Anda. Selalulah waspada terhadap rekan-rekan kost Anda dan terhadap orang asing yang tidak dikenal yang memasuki lingkungan tempat kost Anda.

  • 5. Bersosialisasi dengan warga sekitar

  • Ketika menjadi anak kost jauhi sikap eksklusif, bergaullah dengan teman-teman kost Anda meskipun Anda tidak berasal dari satu tempat kerja atau satu tempat di mana Anda sekarang menempuh pendidikan. Bergaullah juga dengan si pemilik kost dan keluarganya, siapa tahu Anda bisa berkenalan dengan putri atau putra si pemilik kost yang cantik dan tampan. Terlebih dan yang paling penting adalah bergaullah dengan warga sekitar, ikutilah kegiatan warga seperti kerja bakti dan segeralah lapor ke ketua RT setempat kalau Anda kost di wilayah dia. Catatan, rekan-rekan kost dan warga sekitar adalah "keluarga" terdekat Anda, bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan bantuan mereka, maka mereka akan sigap dan sukarela untuk membantu Anda.

  • 6. Perhatikan kebersihan makanan dan jaga kesehatan tubuh

  • Hal terburuk yang sering dialami oleh anak kost adalah ketika dirinya sakit. Oleh karena itu, supaya Anda senantiasa terhindar dari penyakit, maka hal terpenting yang harus diperhatikan adalah soal makanan, perhatikan selalu pola makan dan kebersihan makanan Anda, juga tempat di mana Anda tinggal, jangan lupa untuk selalu rutin berolahraga supaya tubuh Anda selalu fit sehingga aktivitas dapat berjalan dengan baik, dan yang paling penting jangan keseringan begadang, jangan mentang-mentang kini Anda tinggal seorang diri dan tidak ada lagi yang mengawasi, maka Anda merasa bebas untuk melakukan segala hal yang Anda mau.

  • 7. Catat nomor-nomor telepon penting

  • Ketika kost biasakan selalu mencatat nomor-nomor telepon penting dan menempelnya di dinding kamar Anda sehingga orang lain dapat dengan mudah melihatnya. Ini dilakukan dengan bertujuan apabila saat Anda sedang mengalami kesulitan, maka orang lain dapat segera menghubungi keluarga Anda.

  • 8. Selalu memiliki uang tunai dan tabungan

  • Terakhir adalah selalu miliki uang tunai dalam jumlah cukup serta tabungan, karena uang yang Anda miliki adalah harta paling berharga ketika jauh dari keluarga.

  • Advertisement
  • Akhir kata semoga Anda bisa jadi anak kost yang bijaksana, ini adalah kesempatan berharga untuk bisa melatih kemandirian serta rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Tips Aman dan Nyaman Jadi Anak Indekos

Ketika kost biasakan selalu mencatat nomor-nomor telepon penting dan menempelnya di dinding kamar Anda sehingga orang lain dapat dengan mudah melihatnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr