Overdosis

Di dunia ini selalu ada yang baik dan yang tidak baik. Kita selalu didorong untuk melakukan hal yang baik dan meninggalkan hal yang buruk. Ini bukan masalah narkoba lagi. Tetapi hal-hal baik dapat berubah mendatangkan keburukan bila overdosis.

1,136 views   |   shares
  • Makanan bergizi dan berserat tinggi. Makanan berserat adalah baik untuk:

    • Membantu pencernaan, kesehatan jantung. Menurut penyelidikan, orang yang mengasup makanan berserat dalam kadar yang cukup dapat terhindar dari penyakit jantung (40%).

    • Membantu mengendalikan kadar gula darah dengan cara mengurai karbohidrat, karena kabohidrat tersebut 'dibaca' oleh tubuh kita sebagai 'gula', sehingga kadar gula darah terkendali.

    • Menghindarkan diri Anda dari serangan stroke. Bila Anda mengkonsumsi 7 gram serat setiap hari, maka Anda akan terhindar dari serangan stroke (7%).

    • Dapat mengurangi berat badan bagi orang yang kegemukan, dan menjaga berat badan stabil bagi yang berat badannya cukup.

    • Dapat mencegah adanya inflamasi dalam usus kecil dan timbulnya wasir karena membantu kelancaran buang air besar.

    • Mengurangi risiko terkena batu ginjal dan batu empedu, karena serat makanan membantu mengurai lemak dalam makanan sehingga meringankan kerja hati dan pankreas serta ginjal. (sumber: www.mercola.com)

  • Namun demikian, bila seseorang mengonsumsi serat dalam jumlah yang berlebihan maka hal-hal buruk berikut ini akan terjadi:

    • Makanan berserat menyerap mineral dari makanan kita. Sebagian mineral yang serap dan dibuang adalah zinc, magnesium dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pertahanan tubuh dan pertumbuhan tulang.

    • Terlalu banyak makanan berserat akan membuat perut kembung seperti yang sering disebut masuk angin dan kalau parah dapat menyebabkan perut kram.

    • Kadang-kadang justru menyebabkan diare atau sembelit.

    • Makanan berserat dan terutama yang organik dapat menyebabkan 'bangkrut', karena harganya dapat sekian kali lebih mahal daripada makanan non organik (sumber: www.livestrong.com).

  • Semua orang tahu bahwa olahraga itu baik untuk kesehatan tubuh, karena olahraga membuat seseorang berkeringat, dan bersama keringat keluarlah segala 'racun' atau 'sampah' tubuh, di samping itu, juga mengencangkan otot-otot seseorang sehingga membuat seseorang merasa segar dan sehat. Tetapi bila terlalu banyak, maka gejala-gejala seperti berikut ini mungkin muncul:

    • Beberapa orang rela kehilangan sosialisasi hanya untuk olah raga. Kalau sudah demikian, maka orang tersebut dapat dikelompokkan ke dalam pecandu olahraga.

    • Kalau tubuh seseorang didorong melakukan kegiatan sampai kepada ambang batas kemampuan (to the limit), maka kemungkinan justru seseorang akan mengalami: cedera, stres, kelelahan luar biasa, bunuh diri.

    • Prestasi yang diharapkan untuk diraih justru kebalikannya yang diterima. Misalnya, seorang pelari yang sebenarnya dapat mencapai detak jantung 48 waktu istirahat, bila digenjot terus sampai kelewat batas, justru detak jantungnya menjadi 80 waktu istirahat dan itu tidak bagus, karena prestasi larinya justru akan merosot tajam (www.webmd.com).

  • Advertisement
  • Vitamin sudah terkenal di khalayak umum sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebagian besar orang tidak membutuhkan asupan tambahan (supplement) vitamin. Dengan mengambil asupan tambahan vitamin lebih banyak tidak berarti seseorang akan lebih sehat, justru sebaliknya. Yang jelas, bila ingin mengambil asupan tambahan vitamin, sebaiknya dibicarakan dengan seseorang yang benar-benar memahaminya, bukan teman-teman bermain kartu di akhir pekan, kecuali dia adalah ahli gizi atau dokter yang membidangi hal tersebut. Berikut adalah dua contoh kelebihan vitamin yang akan meracuni seseorang:

    • Kelebihan Vitamin A: Vitamin A larut dalam lemak, oleh sebab itu dia diproses oleh hati dan diubah menjadi retinol. Kelebihan Vitamin A akan menyebabkan pendarahan di dalam paru-paru, pandangan menjadi kabur, tulang menjadi sakit, nafas sesak, ada perubahan dalam daya tahan tubuh, pembengkakan (inflamasi) kronis pada hati dan lain-lain (www.mayoclinic.org).

    • Vitamin D: Bahaya kelebihan Vitamin D adalah sebagai berikut: bertimbunnya kalsium dalam tubuh seseorang (hiperkalsemia), kehilangan nafsu makan, mual dan muntah, dan mungkin masalah jantung yang serius (sumber: www.webmd.com).

  • Hutang untuk membiayai pendidikan tinggi adalah bagus, karena kredibilitas atau kahlian seseorang akan meningkat dan diharapkan dapat bekerja dengan upah yang lebih baik sehingga masa depan keluarganya terjamin. Tetapi bila membuat hutang yang tidak habis dibayar dalam seumur hidup atau overdosis dengan hal yang baik, maka akan berimbas pada kerugian. Demikian pula hutang membeli rumah adalah baik, tetapi bila hutangnya demikian besar karena rumahnya yang dibeli di luar kemampuannya untuk membayar kembali, justru akan berakibat kerja hanya untuk membayar hutang.

  • Kebiasaan menabung adalah suatu kebiasaan yang baik, karena uang tabungan tersebut akan menolong seseorang siap menghadapi masa-masa sulit dalam kehidupannya. Tetapi, bila menabung dilakukan berlebihan (overdosis) sehingga merusak anggaran belanja rumah tangga, maka kebiasaan yang baik itu akan merusak juga.

  • Kesimpulan: Segala sesuatu yang overdosis, meskipun itu adalah hal yang baik, tidak akan mendatangkan kebaikan bagi siapa pun. Agar tidak terjadi overdosis, maka hendaknya segala sesuatu dipertimbangkan sebelum dilakukan. Pertimbangan tersebut termasuk:

  • Tujuan dilakukannya sesuatu yang baik itu harus jelas. Misalnya, olahraga. Tetapkan 'untuk apa' olahraga itu dilakukan. Kalau itu hanya untuk menjaga kesehatan, menurunkan kolesterol dan kadar gula darah, maka 30 menit olahraga dengan intensitas yang cukup sudah memadai. Tidak perlu berolahraga seperti para atlet yang akan berlaga di pertandingan Olimpiade. Untuk mereka, ada aturan khusus dan selalu di bawah pengawasan ketat para ahli olahraga dan gizi, sehingga cedera yang tidak diinginkan dapat diperkecil.

  • Advertisement
  • Makan makanan berserat, betapa pun sehatnya diiklankan, tetap saja tubuh kita sebenarnya sudah tidak mampu mencerna serat tersebut. Coba saja sendiri, makan jagung rebus satu atau dua sisir, kemudian lihatlah di jamban keesokan harinya, maka kulit jagung tersebut akan masih utuh! Yang dicerna oleh tubuh kita hanyalah sari patinya yang tidak lain adalah karbohidrat atau gula.

Baca, hidupkan, bagikan!

Sebagai penulis, Effian sangat terinspirasi dengan karya-karya John Grisham, Michael Creighton, David Baldacci, James Patterson dan Dan Brown. Kegiatan favoritnya selain menulis adalah memasak dan melukis.

Overdosis

Di dunia ini selalu ada yang baik dan yang tidak baik. Kita selalu didorong untuk melakukan hal yang baik dan meninggalkan hal yang buruk. Ini bukan masalah narkoba lagi. Tetapi hal-hal baik dapat berubah mendatangkan keburukan bila overdosis.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr