5 Cara Mendapatkan Kebahagiaan saat Berlibur

Liburan sangatlah penting untuk dilakukan bagi pasangan atau keluarga yang aktifitas sehari-harinya selalu dipenuhi kesibukan. Banyak manfaat yang dapat kita rasakan saat berlibur bersama keluarga yang kita cinta

2,030 views   |   2 shares
  • Kita hidup di zaman yang penuh tekanan, terutama jika Anda hidup di kota besar. Tanpa Anda sadari kebanyakan waktu Anda dihabiskan dengan pekerjaan dan kemacetan. Bagi Anda yang sudah berkeluarga, Anda memiliki waktu yang sedikit bersama keluarga Anda. Anda mungkin orang yang beruntung jika dapat makan dengan keluarga Anda satu hari sekali. Belum lagi tekanan yang Anda bawa pulang ke rumah yang membuat mood Anda menjadi kurang bersemangat. Tanpa sepengetahuan Anda, anggota keluarga di rumah dapat merasakannya dan menjadi tidak bersemangat dan mudah bosan.

  • Anda dan keluarga memerlukan liburan untuk menghilangkan stres. Liburan sangatlah penting untuk dilakukan bagi pasangan atau keluarga yang aktivitas sehari-harinya selalu dipenuhi kesibukan. Banyak manfaat yang dapat kita rasakan saat berlibur bersama keluarga yang kita cintai, misalnya kita dapat menjalin kembali hubungan yang sempat renggang karena keterbatasan waktu yang kita miliki bersama keluarga. Pilihlah waktu yang tepat untuk berlibur dan tinggalkanlah pekerjaan Anda sementara guna menikmati waktu bersama orang-orang yang Anda cintai. Gunakan waktu ini sebaik-baiknya dan Anda dapat merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Berikut adalah tips untuk mendapatkan pengalaman liburan yang luar biasa:

  • 1. Merencanakan tujuan liburan yang menyenangkan

  • Tempat Anda berlibur dapat menentukan kesuksesan liburan Anda. Lakukan rapat keluarga untuk menentukan tempat liburan yang kalian sukai. Tanyakan kepada anggota keluarga kesenangan masing-masing. Beritahukan kepada mereka tujuan dari liburan ini. Akan lebih baik jika Anda dapat memberikan tempat-tempat proposal yang dapat Anda tunjukkan. Ini dapat memberikan gambaran bagi anggota keluarga dan menghindari perselisihan terutama anak-anak. Temukan satu tempat di mana Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang disenangi anggota keluarga, tapi berfokuslah pada kegiatan yang dilakukan bersama-sama. Hindari kegiatan-kegiatan yang hanya diikuti oleh beberapa anggota keluarga saja.

  • 2. Memilih tempat berlibur yang sesuai dengan keuangan

  • Pilihlah tempat liburan yang terjangkau dengan keuangan Anda. Jangan merencanakan biaya liburan dengan budget yang pas karena hal ini tidak dianjurkan. Rincikan terlebih dahulu biaya yang Anda butuhkan, baik biaya transportasi, penginapan, makan, dan belanja oleh-oleh. Sisakan uang untuk berjaga-jaga dalam menghadapi situasi di luar dari rencana Anda. Bijaksanalah dalam mengatur keuangan, karena keuangan adalah hal yang sensitif yang juga dapat menimbulkan masalah. Jika keuangan Anda tidak dikelola dengan baik, dapat menimbulkan banyak masalah seperti pertengkaran. Selalu sediakan juga uang tunai saat Anda bepergian terutama di tempat-tempat terpencil karena Anda tidak dapat mengunakan kartu kredit Anda untuk pembayaran serta layanan ATM tidak tersedia. Jangan berhutang untuk menutupi biaya liburan Anda. Jangan sampai Anda ingin melepas stres, malah menambah stres Anda karena berhutang setelah selesai berlibur.

  • Advertisement
  • 3. Sediakan perlengkapan yang dibutuhkan

  • Jika Anda ingin liburan, salah satu yang terpenting adalah mempersiapkan segala kebutuhan yang Anda butuhkan saat Anda pergi berlibur. Buatlah daftar perlengkapan yang Anda butuhkan agar Anda tidak kelupaan satu barang pun. Sebelum mempersiapkan perlengkapan yang Anda butuhkan ketahui dahulu tempat tujuan Anda, jika Anda ke pantai bawalah perlengkapan pantai seperti sun block atau baju renang, jika ingin ke pegunungan bawalah baju-baju tebal. Dalam mempersiapkan perlengkapan, lakukanlah dua atau sehari sebelum berangkat, agar persiapan Anda maksimal dan tidak buru-buru

  • 4. Persiapkan fisik dengan baik

  • Dalam berlibur, fisik yang baik sangatlah dibutuhkan, jika Anda sakit ketika berlibur Anda tidak akan menikmati liburan Anda, oleh sebab itu persiapkanlah fisik Anda dan anggota keluarga lainnya dengan baik, misalnya dengan berolah raga, memakan makanan yang bergizi dan meminum vitamin. Jagalah kondisi fisik Anda dengan baik agar selalu fit dan sehat saat berlibur.

  • 5. Pengalaman yang tak terlupakan

  • Saat liburan, Anda harus menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap anggota keluarga. Sebagai contoh, suami dapat memberikan kejutan kepada istri begitu juga sebaliknya atau Anda dapat mengajari anak Anda cara berenang sehingga mereka mengingat pengalaman tersebut seumur hidupnya. Jangan pernah takut untuk mencoba hal-hal baru, seperti jika Anda tidak pernah pergi menikmati alam sekitar, Anda dapat melakukan perjalanan alam dengan pemandu profesional sehingga anak-anak Anda dapat menikmati keindahan alam. Lakukan apa saja yang dapat membuat liburan Anda sekeluarga menyenangkan dan meningkatkan kasih dalam hubungan keluarga Anda.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

5 Cara Mendapatkan Kebahagiaan saat Berlibur

Liburan sangatlah penting untuk dilakukan bagi pasangan atau keluarga yang aktifitas sehari-harinya selalu dipenuhi kesibukan. Banyak manfaat yang dapat kita rasakan saat berlibur bersama keluarga yang kita cinta
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr