5 Cara Mencegah Stroke Berkelanjutan

Pada saat ini banyak terjadi hal yang mengejutkan di mana stroke tidak hanya menyerang orang tua atau dewasa tetapi orang muda pun dapat mengalaminya.

2,451 views   |   shares
  • Pada saat ini banyak terjadi hal yang mengejutkan di mana stroke tidak hanya menyerang orang tua atau dewasa tetapi orang muda pun dapat mengalaminya. Stroke adalah gangguan mendadak terhadap fungsi otak, baik sebagian atau menyeluruh akibat gangguan aliran darah yang terjadi karena adanya sumbatan atau pecahnya pembuluh darah tertentu di otak.

  • Serangan strokeselalu terjadi karena tekanan darah yang tiba-tiba meninggi. Tetapi penyakit darah tinggi belum tentu penderitanya bisa terkena stroke. Selain dari tekanan darah tinggi, kadar lemak dalam darah (kolestrol) di atas normal dan penyakit diabetes mellitus serta gaya hidup yang penuh dengan stress bila tidak diatasi bisa memicu terjadinya stroke dan juga kematian bagi penderitanya. Bagaimana cara mencegah stroke?

  • 1. Mengenali gejalanya

  • Pada suatu pagi di bulan Juni 1997 saya bangun pagi dan merasakan tubuh saya sedikit lemah dan tidak nyaman. Walaupun dalam kondisi tersebut, pada sore hari saya seperti biasanya bermain bola basket dengan suami dan anak-anak. Saat bermain dan pada giliran memegang bola dan mencoba memasukkan ke keranjang basket saya tidak dapat melakukannya dan hal ini tidak biasa terjadi. Saya mulai berbicara dengan suami tetapi perkataan dari mulut saya tidak begitu jelas. Saya merasa lidah saya seperti mulai menjadi pendek dan juga tangan sebelah kanan terasa lemas. Dengan segera suaminya membawa saya pergi ke dokter keluarga.

  • Setelah memeriksa keadaan saya, dokter mengatakan bahwa saya menderita stroke ringan dan merujuknya untuk pergi ke rumah sakit terdekat. Pemeriksaan dilakukan dengan alat CT scan untuk mengetahui seberapa besar penyumbatan darah yang terjadi di otak. Juga dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi gangguan yang terjadi padanya. Dalam pemeriksaan selanjutnya oleh dokter penyakit dalam, saya dinyatakan mengalami stroke yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi dan juga lemak dalam darah yang tinggi. Sejak pengalaman itu saya belajar untuk memulai kehidupan yang sehat dengan mengatur pola makan.

  • 2. Pola hidup sehat

  • Pola hidup sehat bagi penderita stroke adalah kebiasaan makan yang benar dengan mengonsumsi protein daging ayam atau ikan yang dimasak dengan cara direbus, dibakar atau digoreng dengan memakai minyak non kolestrol. Untuk protein sebaiknya pilih daging ayam bagian dada tanpa lemak, ikan dan putih telur (kuning telur mengandung kolesterol tinggi.) Salah satu cara lain menjalani hidup sehat adalah dengan mempersiapkan masakan yang rendah garam dan kolesterol. Sayuran dan buah-buahan menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya. Tak lupa obat-obatan dari dokter yang harus diminum akan menolong tidak terjadinya stroke yang berkelanjutan.

  • Advertisement
  • 3. Olah raga yang teratur

  • Berolah raga akan memberikan semangat untuk bangkit dalam mengatasi penyakit yang diderita. Ada suatu istilah yang menyebutkan bahwa, "mens sana incorpore sano - dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula". Dengan melakukan aktivitas olah raga yang teratur, tubuh akan terasa segar dan jiwa yang siap untuk menjalani kehidupan sehari-hari Anda.

  • 4. Mencegah stroke berkelanjutan

  • Pengendalian terhadap tekanan darah tinggi (tekanan darah tak boleh diatas 140/90 mmHg.) Juga kencing manis (diabetes mellitus),lemak darah, penyakit jantung, kegemukan, darah kental dan merokok. Semua indikator di atas ini harus diatasi secara serius karena akan berakibat fatal bagi si penderita. Contohnya seperti saya yang pernah menderita stroke akibat tekanan darah dan lemak dalam darah yang tinggi, dianjurkan segera konsultasi ke dokter agar diberikan obat pengencer darah seumur hidup untuk mencegah stroke penyumbatan darah yang berkelanjutan.Bila ada anggota keluarga yang mendadak terserang stroke segera lakukan tindakan dengan membawanya ke rumah sakit terdekat. Dengan mendapatkan penanganan secepatnya akan menghindari hal-hal yang terburuk yang dapat terjadi.

  • 5. Berpikir positif

  • Berpikir positif akan menolong mengatasai rasa cemas dari akibat penyakit yang diderita. Katakan pada diri sendiri bahwa Anda sehat dan ingin berusaha melakukan yang terbaik. Jangan lupa ketenangan pikiran dan relaksasi dapat menolong menjalani kehidupan ini dengan rasa nyaman. Jauhi pikiran negatif yang hanya akan membuat Anda selalu cemas dan menjadi sakit. Kesadaran pribadi untuk berpikir secara rasional membantu penyembuhan akibat stroke.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

5 Cara Mencegah Stroke Berkelanjutan

Pada saat ini banyak terjadi hal yang mengejutkan di mana stroke tidak hanya menyerang orang tua atau dewasa tetapi orang muda pun dapat mengalaminya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr