Diaryku adalah Sejarah Hidupku

Menulis diary adalah salah satu cara untuk menuliskan sejarah bagi keturuan kita. Hal ini sangat disarankan karena dengan menulis diary yang berisi tentang semua kisah kehidupan, kita dapat mewariskan ilmu tentang kehidupan kepada anak cucu kita.

2,218 views   |   shares
  • Saat remaja, saya dan teman-teman bersaing memiliki buku diary yang menarik dengan gambar yang indah atau memiliki gembok di luarnya agar tulisan dalam diary saya tidak dapat dibaca oleh orang lain. Menulis diary adalah tren saat itu, sehingga saya sangat bersemangat untuk menulis apa saja yang saya alami, baik di sekolah atau aktivitas lainnya yang menarik untuk saya abadikan. Saat ini menulis diary bukan sebuah tren lagi, meskipun demikian, hingga saat ini saya masih menulis diary, walaupun tidak setiap hari seperti dahulu, namun saya tetap mengupayakan menulis kejadian-kejadian penting yang saya alami.

  • Dahulu, banyak wanita maupun pria dari usia remaja hingga dewasa menulis diary karena menganggap diary adalah salah satu sarana tempat mencurahkan isi hati yang paling tepat atau kita kenal dengan istilah curhat. Namun, semakin berkembangnya zaman, telah mengubah gaya hidup di kalangan masyarakat ini, dan menulis diary sudah sangat jarang lagi dilakukan dalam kehidupan masyrakat. Banyak orang kini lebih memilih untuk mencurahkan isi hati dengan ngobrol sambil bergosip bersama teman-teman terdekat dari pada menulis diary. Padahal dalam hal-hal tertentu yang bersifat privasi, menulis diary lebih baik. Banyak manfaat baik yang didapatkan ketika menulis diary. Apa sajakah itu? Berikut manfaatnya!

  • 1. Menuliskan sejarah untuk keturunan

  • Menulis diary adalah salah satu cara untuk menuliskan sejarah bagi keturunan kita. Hal ini sangat disarankan karena dengan menulis diary yang berisi tentang semua kisah kehidupan, kita dapat mewariskan ilmu tentang kehidupan kepada anak cucu kita, walaupun mungkin kelak kita tidak hidup lagi, anak cucu kita dapat mengenal kita dari sejarah kehidupan yang kita wariskan kepada mereka sehingga kita dapat selalu dikenang sepanjang masa oleh keturunan kita.

  • 2. Membantu melepaskan keluh kesah

  • Menulis diary dapat membantu Anda melepaskan keluh kesah yang Anda rasakan. Tuliskanlah apa saja keluh kesah yang menjadi beban dalam hidup Anda di dalam sebuah diary, ini akan membantu meringankan beban masalah yang sedang Anda alami.

  • 3. Memberikan kedamaian

  • Menulis diary ternyata juga dapat memberikan kedamaian dalam hidup kita. Dengan menulis diary tidak hanya dapat membantu Anda melepaskan keluh kesah tetapi Anda juga akan mendapat kedamaian. Setiap emosi yang telah Anda luapkan dalam kata-kata yang Anda tulis di diary akan menjadi hilang dan Anda akan merasa tenang dan damai.

  • 4. Mendapatkan solusi

  • Advertisement
  • Ketika Anda menghadapi persoalan, dengan menulis diary Anda akan mendapatkan solusi bagi masalah Anda. Ketika Anda telah melepaskan keluh kesah dengan menulis diary, Anda akan berpikir rasional setelah itu, pikiran Anda akan menjadi jernih kembali, dan ketika hati serta pikiran Anda telah tenang, dengan sendirinya Anda akan mendapatkan solusi untuk menyikapi persoalan yang sedang Anda hadapi.

  • 5. Pendapatkan pelajaran dari setiap pengalaman

  • Setiap pengalaman hidup yang telah Anda tulis dalam sebuah diary sangat membantu Anda untuk selalu mengingat bagaimana perjalanan hidup Anda dalam melewati setiap persoalan yang telah Anda hadapi. Anda akan mengetahui setiap keputusan yang telah Anda ambil dalam hidup Anda yang mengubah hidup Anda menjadi lebih baik. Dari semua pengalaman yang telah Anda tulis akan memberikan pelajaran hidup yang berarti dan bermakna dalam kehidupan Anda.

  • 6. Mengasah bakat

  • Dengan menulis diary juga dapat membantu mengasah bakat menulis. Banyak penulis yang awalnya memulai karirnya menulisnya dengan menulis pengalaman hidup pribadi atau cerita-cerita kehidupan orang terdekatnya dalam sebuah diary dan akhirnya bisa menjadi penulis yang hebat. Jika Anda sering menulis diary, mungkin saja Anda dapat menjadi penulis sesungguhnya. Ketika Anda menyadari memiliki bakat menulis, seringlah melatihnya. Bacalah berulang-ulang kali diary yang Anda tulis dan teruslah memperbaiki tata bahasa penulisan Anda, ini akan membantu Anda menjadi penulis yang baik.

  • Tulislah diary dari sekarang, ceritakanlah hal-hal menarik dan penting yang telah terjadi dalam kehidupan Anda, jika sebelumnya Anda pernah menulis diary tetapi sudah tidak pernah lagi melakukannya sebaiknya mulailah lagi membangun kebiasaan untuk menulis diary. Banyak manfaat yang dapat Anda terima di kehidupan Anda saat ini hingga nanti.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Diaryku adalah Sejarah Hidupku

Menulis diary adalah salah satu cara untuk menuliskan sejarah bagi keturuan kita. Hal ini sangat disarankan karena dengan menulis diary yang berisi tentang semua kisah kehidupan, kita dapat mewariskan ilmu tentang kehidupan kepada anak cucu kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr