Gaya Hidup Merokok Akan Mempercepat Kematian

Rokok bukanlah suatu barang langka yang bisa ditemukan di negeri ini. Dan bukan rahasia umum lagi begitu banyaknya jumlah perokok saat ini.

7,331 views   |   2 shares
  • Rokok bukanlah suatu barang langka yang bisa ditemukan di negeri ini. Dan bukan rahasia umum lagi begitu banyaknya jumlah perokok saat ini. Bagi para pengusaha pabrik rokok di sini adalah surga untuk mendapatkan keuntungan bagi usahanya karena semakin hari semakin banyak orang di seluruh dunia membeli rokok bahkan rokok telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Tetapi dampak negatif yang ditimbulkan oleh rokok ini sangat merugikan bagi tubuh manusia. Mengapa banyak orang merokok dan apa saja akibatnya yang akan diterima seorang perokok? Berikut adalah penjelasannya.

  • 1. Rokok sebagai bagian dari gaya hidup

  • Di zaman ini, merokok sudah menjadi gaya hidup masyarakat secara umum baik remaja, dewasa bahkan anak kecil. Ada anggapan dalam masyarakat modern saat ini bahwa bila seorang pria tidak merokok maka dia belum menjadi pria yang sejati. Bila seseorang ingin diterima oleh lingkungan yang semua merokok, dia akan melakukannya untuk terlihat keren dan gaya. Namun ada juga orang memilih untuk merokok karena meyakini bahwa rokok dapat menghilangkan tekanan kehidupan atau stres.

  • 2. Rokok adalah bencana bagi kehidupan masyarakat

  • Rokok telah menimbulkan dampak malapetaka bagi manusia. Setiap harinya banyak orang yang meninggal akibat merokok maupun menghirup asap rokok (perokok aktif dan pasif). Sebuah kasus nyata yang terjadi pada seorang wanita, dia hidup dengan suaminya yang merupakan perokok aktif. Suatu hari dia menderita stroketerbaring tidak sadarkan diri dan dibawa ke rumah sakit. Setelah diperiksa dokter mengatakan paru-parunya harus di-rontgenguna melakukan penanganan lebih lanjut. Dari hasil fotonya kedua paru-paru terlihat kurang baik, tertutup dan dipenuhi dengan warna putih. Karena kondisi paru-parunya yang buruk, dokter tidak bisa melakukan tindakan operasi terhadapnya. Ini adalah satu contoh yang bisa terjadi di masyarakat saat ini. Walaupun banyak masyarakat tidak merokok bukan berarti masyakarat tidak perlu menghindari asapnya karena merokok atau menghirup asap rokok adalah sama bahayanya.

  • 3. Rokok telah menyatu dengan lingkungan

  • Ada banyak orang dewasa dan anak-anak adalah perokok pasif karena sehari-hari hidup dengan orang yang merokok. Perlu diketahui, perokok pasif justru lebih berbahaya keadaannya karena kadar nikotin yang terdapat dalam rokok justru lebih banyak ada di perokok pasif dibandingkan perokok aktif. Dampak terbesar bagi lingkungan adalah banyak orang akan mengalami gangguan kesehatan bahkan kematian. Lingkungan akan menjadi kotor dan polusi udara akan bertambah karena asap rokok ini. Kebersihan lingkungan diperlukan dengan tidak membuang bungkus rokok, puntung rokok dan selalu menghindari asap rokok dengan memakai masker atau pergi menjauh.

  • Advertisement
  • 4. Rokok harus dihindari karena mempercepat kematian

  • Sekadar tahu saja tidaklah cukup akan bahaya rokok, tetapi lakukan segera untuk berhenti merokok. Anda harus menyadari dan bertekad untuk tidak membakar uang dengan merokok yang bisa mempercepat kematian. Pilihlah hari ini Anda mau sehat atau ingin keluarga melihat penderitaan dari pilihan yang salah. Memang sulit bagi perokok untuk berhenti secara langsung. Kalau dipaksa nanti malah mengganggu stabilitas emosinya. Karena itu sebaiknya kurangi sedikit demi sedikit sampai akhirnya berhenti total.

  • 5. Rokok mendatangkan dampak buruk untuk kesehatan

    1. Nikotin pada rokok membuat ketagihan atau ketergantungan.

    2. Merokok bisa mengakibatkan penyakit pneumonia (paru-paru basah), bronchitis kronik dan emfisema.

    3. Bisa terserang stroke atau penyumbatan pembuluh darah di otak.

    4. Menimbulkan pengerasan di dinding arteri sehingga bisa menyebabkan serangan jantung.

    5. Menyebabkan kanker paru-paru dan kanker lainnya. Kanker paru-paru telah lama dikaitkan dengan bahaya rokok, yang juga bisa menyebabkan kanker lain seperti mulut, kotak suara atau laring, tenggorokan. Gangguan pernafasan adalah akibat yang sering disebabkan oleh merokok.

    6. Merokok dapat menimbulkan penyakit kencing manis sehingga bisa mengakibatkan komplikasi mata, penyakit jantung, pembuluh darah, ginjal dan masalah kaki.

    7. Merokok merupakan salah satu faktor utama terjadi impotensi/disfungsi ereksi.

    8. Bagi wanita merokok berakibat buruk pada kesehatan reproduksi, kemandulan dan keguguran. Selain itu bila sedang hamil akan membahayakan janin dalam kandungan. Juga bayi yang lahir dengan bobot badan rendah dan sindrom kematian mendadak bayi.

  • Perilaku hidup bersih dan sehat yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat adalah "tidak ada anggota keluarga yang merokok." Jika Anda sayang pada diri Anda sendiri, sayang pada keluarga, peduli pada orang lain dan juga lingkungan Anda maka segeralah berhenti merokok.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Gaya Hidup Merokok Akan Mempercepat Kematian

Rokok bukanlah suatu barang langka yang bisa ditemukan di negeri ini. Dan bukan rahasia umum lagi begitu banyaknya jumlah perokok saat ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr