Manfaat Tidur Siang

Tahukah Anda bahwa tidur siang memberi dampak yang sangat bermanfaat bagi kesehatan?

41,902 views   |   52 shares
  • Ada yang mengatakan bahwa tidur siang adalah warisan kolonial. Tetapi sesungguhnya tidur siang dapat menyegarkan otak Anda. Bila Anda seperti saya, tidur siang hampir merupakan kewajiban, bila tidak dilakukan saya akan jatuh tertidur bahkan ketika sedang berdiri! Tahukah Anda bahwa tidur siang memberi dampak yang sangat bermanfaat bagi kesehatan? Marilah kita tinjau apa saja manfaat tidur siang dan berapa lama sebaiknya hal itu dilakukan.

  • Tidur siang selama 10 - 20 menit

  • Tidur siang yang singkat dapat meningkatkan kewaspadaan. Cocok untuk jam istirahat bagi mereka yang bekerja di kantor. Sesudah mata lelah membaca banyak hal di kertas maupun di komputer, Anda memerlukan istirahat total bagi seluruh tubuh Anda, termasuk mata Anda. Sebaiknya Anda tidur sambil duduk (walaupun ada sofa misalnya di kamar makan), atau memasang alarm di ponsel untuk mencegah Anda tidur terlalu lelap. Tidur singkat dapat membuat badan lebih segar dan otak lebih mampu berpikir, manfaatnya sama dengan secangkir kopi. Bagi mereka yang menempuh perjalanan jauh dengan mengemudikan mobil sendiri, lebih baik menepi di tempat yang aman dan tidur selama 20 menit untuk menghindarkan tabrakan gara-gara mengantuk.

  • Tidur siang selama 30 menit

  • Tidur siang selama 30 menit dapat membuat orang merasa pening (groggy) ketika bangun dan dibutuhkan waktu yang sama lamanya untuk pulih sebelum manfaat dari tidur siang itu bekerja. Karena itulah tidur siang lebih lama dari 20 menit tidak dianjurkan bila Anda tidak mempunyai cukup waktu untuk itu. Anda dapat melakukannya di hari Anda tidak bekerja. Tidur siang selama dua atau tiga kali seminggu dapat mengurangi stres yang berarti mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung.

  • Tidur siang selama 60 menit

  • Bila Anda tidur siang selama 60 menit Anda akan memperoleh manfaat yang besar, daya pikir Anda akan meningkat. Anda dapat mengingat fakta, nama dan wajah dengan sangat baik. Kekurangannya adalah Anda akan merasa pening ketika bangun dan dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk memulihkan kesegaran badan. Bila Anda bermimpi ketika sedang tidur siang berarti Anda tidak cukup tidur di malam hari.

  • Tidur siang selama 90 menit

  • Ini adalah tidur siang yang sama lelapnya dengan tidur malam. Manfaat tidur siang yang panjang ini adalah memperbaiki emosi, meningkatkan memori prosedural (kemampuan naik sepeda, main piano, dan lain-lain) serta kreativitas. Bila Anda merencanakan begadang, tidur siang yang lama akan membantu kesegaran badan Anda. Ini lebih bermanfaat daripada menebus kekurangan tidur malam dengan tidur siang keesokan harinya.

  • Advertisement
  • Jam yang tepat

  • Tidur siang paling tepat dilakukan antara jam 1 - jam 3 siang, ketika energi Anda merosot karena hormon melatonin meningkat. Hormon melatonin diciptakan oleh otak kita ketika hari makin larut. Orang-orang tua suka menasihati agar jangan tidur di waktu magrib, bukan karena ada setan lewat melainkan karena Anda akan susah tidur di malam hari. Sediakanlah penutup mata bila perlu supaya lebih mudah tidur tanpa diganggu cahaya terang. Sarah Mednick Ph.D, seorang profesor psikologi, dalam bukunya Take A Nap! mengatakan bahwa orang yang biasa bangun jam 5 pagi membutuhkan tidur siang pada jam 1. Sedangkan orang yang biasa bangun jam 9 sebaiknya tidur siang pada jam 3.

  • Tidur siang bagi anak-anak

  • Bagi bayi dan anak kecil tidur siang sangatlah penting karena dengan tidur siang mereka menyimpan energi. Energi dan kalori dibutuhkan untuk pertumbuhan mereka yang sedang berkembang pesat. Kita perlu menentukan jam tidur siang yang tepat agar anak-anak tidak terganggu tidurnya di malam hari. Tentu saja bagi anak-anak balita waktu untuk tidur siang lebih fleksibel, bila mereka rewel, kemungkinan mereka capai dan mengantuk, sebaiknya dianjurkan untuk tidur siang walaupun belum saatnya mereka tidur siang.

  • Tidur siang tidak dianjurkan bagi orang-orang yang menderita insomnia karena mungkin akan mengganggu tidur mereka di malam hari. Begitu pula bagi pekerja yang tidak mempunyai kesempatan tidur siang sebaiknya tidur cukup di malam hari supaya tidak dipecat.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Manfaat Tidur Siang

Tahukah Anda bahwa tidur siang memberi dampak yang sangat bermanfaat bagi kesehatan?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr