Tulang Wanita Cenderung Keropos di Hari Tua

Apa yang menyebabkan wanita lebih mudah menderita pengeroposan tulang alias osteoporosis dibanding pria?

7,288 views   |   3 shares
  • Seorang teman saya berceritera bahwa ibunya yang sudah berusia 60-an tiba-tiba patah tangannya ketika digandeng oleh anaknya yang perempuan waktu keluar dari Hotel Mandarin. Si ibu itu tidak jatuh atau terbentur keras, dan anak perempuannya juga tidak menyeret dia, hanya menggandeng tangannya supaya dia tidak jatuh. Tanpa mereka sadari sebetulnya yang terjadi adalah si ibu menderita pengeroposan tulang yang sudah parah sehingga tangannya patah begitu saja. Apa yang menyebabkan wanita lebih mudah menderita pengeroposan tulang alias osteoporosis dibanding pria? Apa yang bisa mencegah hal ini terjadi pada Anda?

  • Penyebab

  • Pada usia 50-an ketika wanita tidak lagi datang bulan, hormon estrogen menurun. Hormon inilah yang membentuk kepadatan tulang. Lelaki memiliki hormon testoteron yang dapat diubah menjadi estrogen dan tulangnya lebih padat daripada wanita karena itu kemungkinan tulangnya keropos lebih sedikit. Selain itu makanan atau minuman yang kurang sehat dapat menunjang kemungkinan terkena osteoporosis. Salah satu yang dianggap sebagai biang keladinya adalah minuman bersoda. Benarkah itu? Ada sebuah legenda modern yang mengatakan bahwa bila kita merendam gigi yang tanggal dalam minuman yang mengandung kola, gigi tersebut akan lenyap terserap air kola tersebut. Ternyata walaupun menurut The American Journal of Clinical Nutrition minuman ber-kola ada kaitannya dengan osteoporosis pada wanita, penyebabnya adalah kafein dan fosforic acid yang terkandung dalam minuman itu yang menyulitkan penyerapan kalsium dalam badan. Soda sendiri tidak menjadi penyebab tulang keropos. Anda tidak perlu takut minum air Belanda, air mineral, atau minuman bersoda lainnya.

  • Pencegahan

  • Kalsium. Salah satu zat yang menjaga kepadatan tulang adalah kalsium. Kalsium terdapat pada susu, yoghurt, keju, ikan laut, kedelai, kacang-kacangan, biji-bijian, sayur dan buah. Anda juga dapat menelan pil kalsium untuk menambah asupan kalsium. Wanita hamil membutuhkan kalsium lebih banyak karena pembentukan bayi di kandungannya. Bila kekurangan kalsium gigi si ibu mudah pecah dan tanggal.

  • Olahraga. Selain berjalan dan aerobik, untuk menambah kekuatan tulang Anda dapat olah raga dengan menggunakan barbel kecil atau menarik beban ringan di gym. Menurut penelitian olah raga seperti ini tidak saja mencegah tulang keropos tetapi juga membuat tulang tumbuh lebih padat. Dalam penelitian lain wanita paska menopause bila melakukan olah raga angkat beban dalam jangka setahun menunjukkan kepadatan yang meningkat pada tulang punggung dan pinggulnya, area yang rentan osteoporosis. Salah satu cara yang mudah ialah duduk di sebuah bangku panjang dengan kaki di kanan dan kiri bangku itu. Ikat barbel kecil (sekitar 2 - 3 kg) di setiap kaki, naik turunkan kaki seakan-akan Anda berbaris di tempat. Olah raga ini juga membuat otot lebih kuat sehingga menunjang keseimbangan dan koordinasi tubuh, unsur-unsur penting untuk mencegah jatuh dan patah tulang.

  • Advertisement
  • Dokter. Sebelum Anda mengalami patah tulang lebih baik pergi ke dokter untuk memeriksa kepadatan tulang Anda bila Anda sudah berusia 50-an. Pada masa ini ada alat kedokteran yang dapat memeriksa kepadatan tulang Anda dengan cara yang mudah dan tidak menyakitkan. DXA atau dexa scan memakai sinar X untuk mengetahui apakah tulang Anda keropos atau tidak. Alat ini dapat mengukur kepadatan tulang dengan cepat, tepat, tidak menimbulkan rasa sakit dan memiliki radiasi yang sangat rendah. Biasanya yang diukur adalah tulang tangan Anda sehingga Anda tidak perlu berdiri seluruh badan untuk mendapat sinar X. Penulis pernah menjalani pemeriksaan ini dan hasilnya minus 2 yang berarti ada kemungkinan terkena osteoporosis. Selama setahun penulis rajin mengasup pil kalsium dan berolah raga ringan. Dalam waktu setahun ketika menjalani pemeriksaan yang kedua kalinya dokter menyatakan kepadatan tulang meningkat dan tidak ada lagi bahaya osteopororis.

  • Pada usia lanjut wanita hendaknya memperhatikan makanan yang diasupnya dan olah raga ringan yang sesuai bagi dirinya. Bahaya patah tulang mengancam bila mereka terkena osteoporosis. Untuk menyembuhkan tulang yang patah diperlukan waktu yang cukup lama dibanding bila anak muda yang patah tulang. Mencegah selalu lebih baik daripada menyembuhkan.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Tulang Wanita Cenderung Keropos di Hari Tua

Apa yang menyebabkan wanita lebih mudah menderita pengeroposan tulang alias osteoporosis dibanding pria?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr