Setengah Putus Cinta

Apa saja kerugian dari keadaan setengah putus cinta dan bagaimana mengatasinya?

7,533 views   |   shares
  • Sulit memutuskan hubungan secara total dengan mantan pacar atau teman hidup di zaman media digital ini. Anda bisa saja memblokir atau menghapus namanya di Facebook tetapi jika dia masih berteman dengan seorang teman Anda, Anda tetap bisa mencari tahu tentang dia dan apa yang dikerjakannya. Apa saja kerugian dari keadaan setengah putus cinta dan bagaimana mengatasinya?

  • Kerugian

  • Menimbulkan kecurigaan

  • Bagi pacar atau teman hidup Anda yang baru menemukan bahwa Anda masih berhubungan dengan mantan Anda akan membuat dia curiga dan cemburu. Bayangkan perasaan Anda sendiri, jika suatu hari Anda melihat dia sedang membaca Facebook dan nama mantannya muncul. Atau Anda melihat postingnya di Facebook dan ada komentar dari mantannya, Anda pasti merasa cemburu.

  • Kembali ke masa lalu

  • Seandainya Anda putus dengan mantan Anda karena memang sudah tidak ada lagi persamaan pandangan hidup, namun karena masih adanya nomor telepon atau namanya di Facebook Anda, hubungan Anda hanya setengah putus, Anda mungkin menerima pesan atau posting darinya. Dari situ getaran hati bersambung kembali, Anda menjawab pesannya atau memberi komentar di postingnya. Lama kelamaan karena ingin menggali masa silam, Anda berdua menyambung hubungan yang putus. Namun, itu tidak mengubah pandangan hidup masing-masing. Maka putuslah lagi benang rapuh yang mengikat Anda berdua. Putus, nyambung, putus, nyambung, entah sampai kapan hal ini berakhir. Keadaan ini merugikan Anda berdua karena Anda membuang-buang waktu, bukan mencari pasangan lain yang memang cocok bagi Anda.

  • Korban

  • Tidak jarang terjadi seorang wanita menjadi korban dari hubungan yang penuh kekerasan karena mantannya tidak mau ditinggalkan. Si wanita sendiri yang menyadari bahwa hubungannya kurang sehat berusaha melepaskan diri, namun kelemahan hatinya menyebabkan dia kembali bila si pria merengek minta maaf. Akhirnya ketika dia bertegar hati untuk menjauhi mantannya, niatnya berakibat fatal. Dalam kasus seperti ini hendaknya kaum wanita mengambil tindakan tegas. Sekali saja tamparan atau pukulan melayang, tiada ampun bagi si pria. Hanya ada dua pilihan laporkan kepada polisi atau tinggalkan dia.

  • Bagaimana mengatasinya?

  • Jangan pernah menghubunginya

  • Bila Anda sudah tahu pasti bahwa mantan Anda bukan orang yang cocok untuk mendampingi hidup Anda, jangan segan-segan membuang atau memblokir namanya baik di telepon atau di Facebook. Dengan demikian Anda tidak akan mendapat pesan atau posting dari dia. Tetapi Anda sendiri juga harus memiliki kemauan kuat untuk tidak menghubunginya meski Anda sedang dalam keadaan stres dan tidak ada orang lain kepada siapa Anda dapat menumpahkan uneg-uneg.

  • Advertisement
  • Buang semua kenangan

  • Seperti sebelum era media sosial, bila Anda putus dengan pacar, Anda buang semua kenangan yang manis tapi menyakitkan. Anda bakar potretnya, Anda buat api unggun dari surat-suratnya, Anda sobek-sobek baju pemberiannya, Anda banting sampai pecah berantakan pigura pemberiannya yang semula menjadi tempat foto Anda berdua. Dan Anda jual cincin pemberiannya ke toko emas. Begitu pula pada masa ini Anda hendaknya tidak menyimpan segala sesuatu yang menyangkut dia. Bersihkan kotak masuk surel Anda dari surel-surelnya, tutup media sosial apapun yang mengandung namanya atau paling tidak blokir namanya.

  • Menurut pakar ada persamaan antara kencan dengan proses penelitian ilmiah. Percobaan atau penjajagan dan kesalahan merupakan proses yang lumrah terjadi. Tanpa keduanya tidak akan ada penemuan yang berhasil. Putus hubungan sesungguhnya tidak dapat dihindari jika keduanya memang tidak menemukan kecocokan. Jauh di mata, jauh di hati. Masing-masing menempuh jalannya sendiri, mungkin dengan berat hati dan air mata membanjir pada awalnya atau menghabiskan segalon es krim untuk melipur lara. Semua itu tidak ada salahnya asalkan jangan merengek-rengek untuk kembali atau stalking alias ingin tahu segala sesuatu tentang mantan pacar, bahkan diam-diam membuntutinya ke mana saja dia pergi. Seorang peneliti hubungan antara manusia mengatakan bahwa kita harus menyadari apa yang sebetulnya kita harapkan dari pasangan kita dan apa yang seharusnya tidak usah kita terima. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini kita akan tahu siapa yang tidak cocok bagi kita-supaya kita dapat mengenal siapa yang cocok bagi kita.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Setengah Putus Cinta

Apa saja kerugian dari keadaan setengah putus cinta dan bagaimana mengatasinya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr