4 Kiat Sukses Menjadi Mahasiswa Baru

Ketika ada banyak hal yang ingin dibicarakan dengan mereka, sebagai orang tua yang penuh kasih, kita juga perlu untuk selektif dalam memberikan nasihat.

1,794 views   |   1 shares
  • Ada banyak hal yang ingin orang tua sampaikan kepada anak-anaknya sebelum mereka memasuki dunia perkuliahan. Hal tersebut mencakup, "Belajarlah yang rajin, jangan mengkonsumsi alkohol, cukup istirahat, segera cuci pakaian yang kotor," dan sebagainya. Mereka para remaja yang baru memasuki dunia perkuliahan biasanya tidak terlalu mengindahkan nasihat dari orang tuanya, berbeda ketika mereka baru memasuki sekolah. Ketika ada banyak hal yang ingin dibicarakan dengan mereka, sebagai orang tua yang penuh kasih, kita juga perlu untuk selektif dalam memberikan nasihat. Namun bagaimanapun juga, kebanyakan dari mereka para mahasiswa baru ini rata-rata tidak ingin mendengarkan nasihat yang panjang lebar dari orang tua mereka tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan ketika mereka meninggalkan rumah.

  • Sebagai profesor di sebuah universitas selama beberapa tahun, saya sangat menikmati mengajar para mahasiswa baru dan mencoba membantu proses transisi mereka, dengan berbicara secara terus terang tentang perilaku yang dapat membantu atau malah membahayakan selama masa transisi kehidupan yang sangat penting ini. Topik-topik ini sekarang sangat pribadi bagi saya karena saya sendiri telah mengirim anak saya ke sekolah pada musim gugur ini, di mana dia akan menuju ke daerah Dartmouth yang berjarak kurang lebih 3000 mil jauhnya dari rumah.

  • Setelah beberapa tahun bekerja dengan para pemuda ini, saya sangat percaya bahwa jika para mahasiswa baru ini mampu mengikuti keempat prinsip ini, mereka akan baik-baik saja di dunia perkuliahan dan terhindar dari berbagai macam permasalahan yang sering kali melibatkan mereka.

  • 1. Terapkan peraturan yang tegas dan serius kepada diri sendiri

  • Banyak mahasiswa terlibat dalam banyak urusan pribadi, seperti tidur, makan, minum, olah raga, dan sebagainya, yang akhirnya justru menjadi masalah yang pelik. Dengan saksama perhatikan peraturan sederhana seperti tidur 8 jam sehari tiap malam (apapun yang terjadi), patuhi petunjuk penggunaan alkohol yang telah ditetapkan, jika memungkinkan hindari untuk tidak mengkonsumsinya sama sekali, berolahragalah 30 menit setiap hari, dan sebagainya. Hal-hal tersebut bila dilakukan dengan keseriusan dapat menghindarkan tubuh dari masalah-masalah kesehatan. Bagi para mahasiswa karena hal tersebut sangat penting, maka peraturan ini harus dapat dilakukan dengan keseriusan.

  • 2. Jangan keseringan membolos

  • Kadang-kadang seorang murid merasa perlu untuk membolos pada sesi kelas tertentu, apakah karena sakit atau karena ada pertandingan olahraga, tetapi bila terlalu sering membolos, maka itu adalah sebuah kesalahan besar menurut catatan saya. Bila mereka membolos dan mereka sampai tertinggal mata pelajaran, maka hal tersebut akan sangat sulit bagi dirinya untuk mengejar ketertinggalan. Para mahasiswa harus masuk ke setiap kelasnya dan duduk di bagian depan atau di bagian tengah kelas, karena bila mereka berada tepat di depan atau di tengah kelas, mereka tidak akan terganggu dan dapat mengikuti perkuliahan dengan baik.

  • Advertisement
  • 3. Gunakan sumber daya mahasiswa

  • Perguruan tinggi dewasa ini cenderung menawarkan banyak sumber daya mahasiswa, yang dapat digunakan secara bebas dan dengan penuh semangat. Perguruan tinggi saat ini banyak menyediakan layanan-layanan mahasiswa yang mencakup layanan akademis dan nasihat pribadi, mentoring kerekanan, layanan disabilitas, layanan konseling psikologis, pelayanan kampus dan sebagainya. Layanan biaya kuliah juga sangat membantu dan bersifat komprehensif, sehingga para mahasiswa harus mencobanya, sehingga dapat menghemat pengeluaran uang mereka.

  • 4. Waktu adalah uang

  • Membahas mengenai uang, pikirkan tentang waktu ketika uang seharusnya dikelola dengan sebaik mungkin. Para mahasiswa terlalu sering tidak menggunakan waktu luang mereka secara produktif. Ini adalah sebuah masalah karena siswa terlalu sering menunggu hingga akhir hari (ketika mereka sudah kelelahan) untuk belajar dan menyelesaikan sesuatu. Ini adalah kesalahan besar. Menggunakan waktu di sela-sela kelas untuk belajar dan mengerjakan kegiataan produktif lainnya sebenarnya sangat penting untuk keberhasilan akademisnya. Menunda untuk mengerjakan sesuatu yang penting pada akhir hari adalah sebuah kesalahan besar.

  • Bila para siswa bersedia mengikuti keempat prinsip sederhana ini, mereka akan terhindar dari banyak masalah khas yang kerap dialami oleh mahasiswa selama masa transisi mereka menuju kekehidupan perkuliahan. Dan bagi saya, saya berharap bahwa anak saya juga bersedia mengikuti prinsip-prinsip ini dengan senang hati. Sebagai akhir kata, "Bermimpilah tentang apa yang kamu ingin impikan, pergilah ke tempat-tempat kamu ingin pergi, jadilah seperti yang kamu inginkan, karena kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan, lakukanlah itu dengan sebaik mungkin."

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari "Do the Right Thing, 4 Principles of Succes for New College Students" karya Thomas Plante, Ph.D.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

4 Kiat Sukses Menjadi Mahasiswa Baru

Ketika ada banyak hal yang ingin dibicarakan dengan mereka, sebagai orang tua yang penuh kasih, kita juga perlu untuk selektif dalam memberikan nasihat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr