Berteman dengan Orang yang Menjengkelkan

Biasanya kita berusaha menghindari pertemanan dengan orang-orang yang menjengkelkan. Akan tetapi terkadang kita terjebak dan tidak dapat menghindar dari orang-orang seperti itu di sekitar kita.

8,823 views   |   8 shares
  • Dalam keseharian kita, tidak semua orang yang kita temui memiliki kepribadian menyenangkan. Kadang-kadang kita bertemu dengan orang-orang yang menjengkelkan. Biasanya kita berusaha menghindari pertemanan dengan orang-orang seperti itu. Akan tetapi terkadang kita terjebak dan tidak dapat menghindar dari orang-orang yang menjengkelkan di sekitar kita. Siapa pun tidak ingin jika kehidupannya terganggu oleh orang-orang yang sering menimbulkan masalah. Di bawah ini adalah beberapa karakter menjengkelkan dari orang-orang di sekitar kita dan cara menghadapi mereka.

  • 1. Sombong

  • Orang sombong biasanya suka pamer, merasa dirinya sebagai yang paling hebat, dan bicara besar. Daripada kita tergoda untuk mengalahkan kesombongan mereka, cobalah untuk berusaha mendengarkan pembicaraan mereka tetapi jangan menanggapinya. Jika kita menanggapi orang sombong, itu hanya akan membuat mereka semakin bersemangat memperlihatkan kesombongannya. Jika Anda hanya berdua dengan teman sombong Anda, bersabarlah. Usahakan untuk mengalihkan pembicaraan ke topik yang lebih menyenangkan. Atau berusahalah untuk pergi dengan sopan tanpa menyakiti hati mereka. Anda harus pandai-pandai mencari alasan untuk menghindar.

  • 2. Suka berbohong

  • Kita tidak pernah tahu alasan orang lain untuk berbohong. Selidikilah mengapa mereka berbohong dan kumpulkan bukti bahwa mereka telah berbohong. Meskipun demikian menegur mereka secara langsung mungkin bukan merupakan cara yang terbaik, dan justru dapat merusak persahabatan Anda. Yang terpenting adalah Anda dapat mengenali watak mereka secara jelas agar Anda dapat mewaspadainya serta berhati-hati sehingga Anda tidak menjadi korban dari kebohongan-kebohongan mereka.

  • 3. Suka bergosip

  • Anda pasti tidak nyaman jika diri Anda digosipkan oleh teman Anda sendiri. Jika Anda memiliki teman seperti ini, jangan sering "curhat" dan menceritakan hal-hal yang bersifat rahasia kepadanya. Bisa dipastikan rahasia Anda akan terbongkar dan dalam waktu yang tidak terlalu lama teman-teman Anda yang lain akan tahu rahasia Anda. Mungkin akan sulit untuk bersahabat dengan orang seperti ini, akan tetapi bukan berarti Anda tidak boleh berteman dengan mereka. Tidak ada salahnya Anda tetap berteman namun jangan terlalu sering menghabiskan waktu bersamanya, karena mungkin saja Anda juga akan ikut terpancing untuk bergosip dengan dia.

  • 4. Suka berutang

  • Pernahkah Anda menghadapi teman yang ingin meminjam uang? Padahal pinjaman sebelumnya saja belum dilunasi. Kalau tidak dipinjamkan, Anda khawatir bahwa dia akan menganggap Anda pelit. Ingin berkata bahwa Anda tidak punya uang, mereka mungkin tidak percaya, jadi serba salah. Lalu bagaimana menghadapi orang seperti ini? Pertama-tama cari tahu terlebih dahulu alasan mereka meminjam uang. Apakah itu untuk kebutuhan yang mendesak seperti sakit, tidak ada makanan, atau memang sudah kebiasaan meminjam. Jika teman kita meminjam uang untuk alasan yang pertama dan kedua, kita dapat mencari cara untuk membantu. Misalnya jika mereka ingin meminjam dalam jumlah yang kecil, Anda mungkin dapat memberikan sejumlah uang secara ikhlas daripada Anda harus repot menagihnya kembali dan belum tentu akan dikembalikan. Atau jika teman kita butuh makanan, lebih baik kita membelikan bahan makanan daripada meminjamkan uang. Dari pengalaman-pengalaman yang pernah terjadi, pertemanan akan rusak jika salah satu sudah berutang kepada yang lain dan tanggung jawab untuk mengembalikan tidak dilaksanakan sesuai janji.

  • Advertisement
  • 5. Pelit

  • Biasanya orang pelit senang meminta tetapi tidak suka berbagi. Contohnya, teman kita sering meminta resep kue-kue tetapi tidak pernah membagi kue-kue buatannya kepada kita. Menghadapi teman yang pelit tidak terlalu sulit yang penting adalah kita harus ikhlas untuk berbagi. Tidak ada salahnya berbagi dengan teman yang pelit. Siapa tahu teman kita yang pelit akan tersentuh hatinya dan suatu saat juga akan berbagi dengan kita.

  • 6. Sok tahu

  • Orang-orang yang sok tahu selalu merasa memiliki lebih banyak pengetahuan daripada orang-orang di sekililingnya. Biasanya orang yang sok tahu memiliki krisis kepercayaan diri, mereka selalu ingin diperhatikan. Berusahalah mengerti keadaan mereka, dengan memberi sedikit perhatian kepada mereka. Jangan terlalu banyak memberi perhatian atau menanggapinya karena hanya akan membuat mereka semakin menunjukkan bahwa mereka lebih tahu. Bersabarlah dan jangan terbawa emosi atau berusaha menentang orang-orang sok tahu seperti itu, mereka adalah tipe orang yang tidak mau mengalah dan hanya membuat masalah baru bagi kita. Jangan dipikirkan terlalu serius kata-kata mereka karena justru akan membuat Anda stres.

  • Nah, setelah membaca ulasan di atas, kita dapat tetap berteman dengan teman-teman yang menjengkelkan tanpa harus menganggapnya sebagai masalah bagi diri kita sendiri. Jika bukan kita yang menemani mereka lalu siapa lagi?

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Indah Wajarsari is an Indonesian native and mother of two.

Berteman dengan Orang yang Menjengkelkan

Biasanya kita berusaha menghindari pertemanan dengan orang-orang yang menjengkelkan. Akan tetapi terkadang kita terjebak dan tidak dapat menghindar dari orang-orang seperti itu di sekitar kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr