Mencegah dan Mengatasi Kekerasan pada Anak

Beberapa tahun terakhir ini banyak kejadian di media massa mengenai kekerasan yang terjadi pada anak. Anak yang masih murni dan tidak berdosa harus menderita karena menerima perlakuan kasar dari orang tua maupun dari orang lain.

26,231 views   |   39 shares
  • Beberapa tahun terakhir ini banyak kejadian di media massa mengenai kekerasan yang terjadi pada anak. Anak yang masih murni dan tidak berdosa harus menderita karena menerima perlakuan kasar dari orang tua maupun dari orang lain. Pengalaman ini akan membekas sepanjang hidupnya dan akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Anak adalah titipan Tuhan, Anda sebagai orang tua mempunyai tanggung jawab yang istimewa untuk membesarkan anak dalam dalam kasih sayang.

  • Kekerasan anak biasanya diakibatkan kurangnya pengertian ataupun kelalaian orang tua atau orang dewasa yang memiliki sifat beringas atau keji. Kekerasan kepada anak adalah perbuatan yang tidak dibenarkan dalam bentuk apapun dan ini terkait dalam undang-undang negara.

  • Hal apa saja yang menyangkut kekerasan anak

  • Bila seorang anak mengalami kekerasaan secara fisik dan psikis, kekerasan ini bisa berbentuk :

    • Kekerasan fisik adalah di mana orang tua/dewasa menyebabkan cedera fisik terhadap seorang anak. Termasuk dalam kekerasan fisik bila orang tua tidak dapat memenuhi kebutuhan sandang pangan termasuk gizi, pengobatan, tempat tinggal dan pendidikan dasar bagi anak. Juga bila orang tua menelantarkan anaknya dalam jangka waktu yang lama.

    • Kekerasan secara psikis adalah bila orang tua tidak memberikan kasih, dorongan serta bimbingan pada anak. Tindakan penolakan yang dilakukan orang tua, dengan sering mencari-cari kesalahan dan meremehkan anak ini juga adalah bentuk kekerasan secara psikis.

    • Kekerasan seksual adalah bila seorang anak dicabuli secara seksual oleh orang dewasa berapa pun usianya. Para pelakunya bisa saja remaja, orang dewasa atau anak yang seusia dengannya.

  • Kekerasan anak oleh orang terdekat

  • Hal ini bisa saja dilakukan oleh orang tua atau pun saudara dekat yang memperlakukan anak semena-mena dengan tidak memberikan kasih dan perhatian. Sifat pembenaran diri dari orang tua/dewasa sering memberikan kritikan atau ejekan akan membuat anak merasa dirinya kecil. Perlakukanlah anak dengan sabar, keramahan, sopan santun dan penuh dengan pengampunan dan ketika anak berbuat baik jangan segan untuk memujinya.

  • Kekerasan anak oleh orang lain

  • Sebelum kekerasan terjadi orang tua harus memiliki kedekatan dengan anak sehingga bila ada masalah ia akan bercerita apapun kepada orang tuanya. Jelaskan secara gamblang bagaimana orang lain akan membujuk anak dengan makanan seperti permen, mainan atau uang. Berikan pengertian dan pemahaman perbuatan yang sering dilakukan pelaku agar terhindar dari kekerasan. Bila kekerasan sudah terjadi dan anak menceritakannya sikap tenang diperlukan untuk tidak memarahi serta menyalahkannya. Tindakan yang berlebihan tidak akan menolong tetapi akan membuatnya takut dan sedih. Suasana yang nyaman dan penuh pengertian akan membuat anak dapat berbicara. Si pelaku adakalanya mengancam anak untuk tidak memberitahu ke orang tua, yakinkan dengan kasih bahwa Anda akan menolong supaya tidak ada kekerasan lagi.

  • Advertisement
  • Menolong anak untuk melindungi diri

  • Ada banyak kejahatan seksual terjadi belakangan ini, saatnya menjelaskan bahwa tidak ada seorang pun yang boleh menyentuh dengan cara yang tidak wajar. Ajarkan untuk menolak perbuatan tidak senonoh pada anak dan dengan segera tinggalkan tempat di mana sentuhan itu terjadi. Ingatkan anak untuk berusaha mencari perhatian dari orang di sekitar tempat tersebut dan segera ceritakan kejadiannya pada orang tua.

  • Kekerasan dapat terjadi pada siapa pun baik anak laki-laki maupun perempuan. Sang pelaku biasanya yang sudah dikenal dan dipercayai anak saudara, guru atau teman dekat keluarga. Bila orang tua menangani kekerasan dengan cara yang benar akan menolong anak mengatasi dampak dari peristiwa tragis yang mereka alami.

  • Laporkan pada pihak berwajib dan bantu korban kekerasan

  • Bila terjadi kekerasan secara fisik, psikis (emosional) dan seksual segera laporkan kepada pihak berwenang. Guna diambil langkah hukum bagi si tersangka, sedangkan bagi korban kekerasan harus segera mendapatkan bantuan ahli medis serta dukungan dari keluarga.

  • Kekerasan menyebabkan perkembangan fisik dan psikis dari korban terguncang dibutuhkan penyembuhan untuk memupuk rasa percaya diri dan bangkit dari keterpurukan. Anak-anak yang telah mengalami kekerasan memerlukan kasih dan perhatian yang ekstra dari lingkungannya. Kepedulian dan keramahan dari saudara, teman-teman dan guru sangat dibutuhkan demi membantu anak mengatasi traumanya guna menata kehidupan di masa depan.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Mencegah dan Mengatasi Kekerasan pada Anak

Beberapa tahun terakhir ini banyak kejadian di media massa mengenai kekerasan yang terjadi pada anak. Anak yang masih murni dan tidak berdosa harus menderita karena menerima perlakuan kasar dari orang tua maupun dari orang lain.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr