Dari Mana Datangnya Bayi?

Anda mungkin pernah terperangah mendengar anak Anda yang berusia balita bertanya "Dari mana datangnya bayi?" ketika dia melihat adiknya pertama kali. Apa jawab Anda supaya anak itu puas mendengar keterangan Anda?

3,626 views   |   5 shares
  • Anda mungkin pernah terperangah mendengar anak Anda yang berusia balita bertanya "Dari mana datangnya bayi?" ketika dia melihat adiknya pertama kali. Apa jawab Anda supaya anak itu puas mendengar keterangan Anda? Bagaimana bila pertanyaan serupa diajukan oleh anak yang lebih besar? Dan bagaimana Anda dapat memberikan pengarahan seks kepada anak-anak Anda tanpa merasa canggung atau kikuk?

  • Mengapa pendidikan seks

  • Anak-anak akan melihat dari teman atau internet sesuatu tentang seks yang tidak seharusnya mereka lihat. Apa lagi dengan adanya smartphone dan tablet yang dapat mereka gunakan dengan diam-diam. Adalah jauh lebih baik bila Anda sendiri sebagai orang tua mengajar mereka tentang seks sehingga mereka memahami dengan benar. Sekolah kadang-kadang membantu dalam hal ini, tetapi Anda perlu memastikan bahwa mereka mendapat cukup penerangan.

  • Dari mana Anda mulai

  • Anda dapat memakai ajaran dasar agama Anda untuk memulai pelajaran tentang seks. Bacalah dari kitab suci untuk memberi anak-anak pengertian bahwa seks bukanlah hal yang tabu, melainkan sesuatu yang sudah ada sejak dunia diciptakan dan penting bagi kelangsungan keberadaan manusia di muka bumi ini. Beri tahu mereka bahwa seperti makan dan minum, seks ada untuk menjaga agar manusia tidak punah. Dan seperti makan dan minum, bila disalahgunakan seks dapat merusak kesehatan karena adanya berbagai penyakit berbahaya pada masa ini.

  • Menurut usia

  • Pendidikan seks hendaknya diberikan sesuai dengan usia anak-anak. Kepada anak balita yang bertanya "Dari mana datangnya bayi?" Anda dapat menerangkan bahwa karena ayah dan ibu saling mengasihi, lahirlah adik bayi dari perut ibu. Terangkan bagaimana bayi tinggal di perut ibu selama sembilan bulan dan kemudian keluar dari bawah perut ibu. Kepada anak-anak yang sudah lebih besar, Anda dapat mengajarkan secara sederhana peranan alat reproduksi manusia. Bagaimana seorang ibu mempunyai rahim yang menghasilkan sel telur dan seorang ayah mempunyai kantong sperma. Ketika keduanya melakukan hubungan cinta bertemulah sperma dan sel telur yang kemudian membentuk janin kecil.

  • Rasa hormat

  • Ajarkan anak-anak untuk menaruh rasa hormat terhadap tubuhnya dan tubuh orang lain. Mereka hendaknya memahami bahwa alat kelamin tidaklah "jorok," atau "buruk." Namun, ingatkan mereka agar tidak lari-lari telanjang keluar karena hal itu tidak pantas. Anak-anak kecil karena rasa ingin tahunya kadang-kadang saling membandingkan alat kelamin mereka. Bila Anda melihat hal ini jangan panik atau marah-marah. Beri tahu anak-anak Anda bahwa mereka harus menjaga privasi dan tidak mengizinkan orang lain kecuali dokter atau perawat ketika memeriksa kesehatan atau orang tua bila perlu menyentuh alat kelaminnya. Bila ada orang yang melanggar privasinya mereka harus berteriak dan melapor kepada orang tuanya segera. Orang tua tidak akan marah kepada mereka. Bila suatu waktu anak Anda masuk ke kamar mandi ketika Anda sedang mandi atau masuk ke kamar ketika Anda sedang berhubungan intim dengan suami, terangkanlah bahwa lain kali dia harus mengetuk pintu sebelum masuk. Dengan sabar mintalah dia keluar dan tekankan bahwa apa yang dia lihat bukanlah sesuatu yang buruk, tetapi dia harus menghargai privasi orang lain.

  • Advertisement
  • Jelaskan penyakit-penyakit yang ada

  • Bagi anak-anak remaja, berikan keterangan tentang penyakit-penyakit yang dapat ditimbulkan oleh hubungan seks dengan sembarang orang. Beri mereka pengertian bahwa Anda bukan bermaksud menakut-nakuti melainkan sedang mengajar mereka tentang kenyataan bahwa penyakit-penyakit itu memang ada dan dapat berakibat fatal. Sebutkan contoh-contoh gamblang seperti orang-orang terkenal yang meninggal karena penyakit yang berasal dari hubungan seks. Tidak saja virus HIV yang menyebabkan penyakit AIDS, tetapi juga penyakit berbahaya seperti Ebola dapat menular melalui darah atau cairan tubuh, sesuatu yang dapat terjadi melalui hubungan seks. Ajarkan kepada anak-anak bahwa tidak ada yang lebih manjur untuk menghindari penyakit-penyakit itu selain dari menghindari hubungan seks yang sembarangan dan sebaiknya menunggu sampai mereka menikah sebelum melakukannya.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Dari Mana Datangnya Bayi?

Anda mungkin pernah terperangah mendengar anak Anda yang berusia balita bertanya "Dari mana datangnya bayi?" ketika dia melihat adiknya pertama kali. Apa jawab Anda supaya anak itu puas mendengar keterangan Anda?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr