Bahaya Kurang Tidur

Kurang tidur dapat membuat segala penyakit datang.

34,564 views   |   53 shares
  • "Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya,...kalau terlalu banyak begadang, muka pucat karena darah berkurang, kalau sering kena angin malam segala penyakit akan mudah datang, darilah itu sayangi badan, jangan begadang setiap malam." Begitulah syair sebuah lagu dangdut yang dipopulerkan Rhoma Irama di tahun 70an. Mungkin lagu ini muncul karena melihat orang Indonesia paling suka begadang, alias tidak tidur sampai pagi. Peringatan dalam lagu ini sungguh benar. Kurang tidur dapat membuat segala penyakit datang.

  • Penyebab

  • Banyak alasan orang untuk begadang. Di tempat kami tinggal dulu bapak-bapak melakukan siskamling (sistem keamanan lingkungan) karena daerah perumahan yang baru dibuka itu masih agak rawan. Ada pula orang-orang yang bergadang karena sulit tidur atau kebiasaan tidur dini hari akibat main video game, pekerjaan dan banyak lagi alasan lain. Bagi masyarakat kalangan bawah duduk di warung kopi sambil mengobrol sampai ayam berkokok merupakan kesenangan tersendiri. Sedangkan orang-orang dari golongan papan atas punya hobi lain lagi. Mereka pergi ke bar, pesta dansa, minum-minum sampai teler. Pokoknya seribu satu macam alasan menyebabkan orang kurang tidur.

  • Insomnia

  • Orang di zaman modern ini banyak yang terkena penyakit insomnia. Sulit tidur karena banyak stres. Pekerjaan, rumah tangga, tuntutan zaman untuk memiliki banyak barang elektronik, hanyalah sebagian kecil dari alasan penyebab stres. Semua ini menunjang timbulnya insomnia dan kebiasaan begadang. Menurut para ahli, ada kaitan kuat antara insomnia dan depresi dan satu sama lain saling memicu. Jika orang kurang tidur tubuhnya menghasilkan kortisol, hormon stres. Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 10.000 orang di AS pada tahun 2007, mereka yang insomnia mempunyai risiko lima kali lipat untuk terkena depresi dibanding dengan yang tidak insomnia. Untungnya dengan menyembuhkan insomnia, depresi juga menghilang.

  • Kebiasaan

  • Kebiasaan tidur kita sekarang ini berlainan dengan zaman nenek moyang kita. Konon mereka tidur dalam blok yang berbeda. Tiap malam mereka tidur sekitar 4 jam kemudian bangun beberapa jam dan kembali tidur 4 jam lagi. Sedangkan kita sekarang tidur sekitar 8 jam sepanjang malam.

  • Usia

  • Bayi dapat tidur sepanjang malam dan juga sepanjang hari. Semakin besar seorang anak, tidurnya semakin berkurang, mereka lebih suka bermain ketimbang tidur. Mereka juga harus bersekolah, mengerjakan PR dan kegiatan lainnya. Sesudah menginjak dewasa banyak stres melanda, pekerjaan yang harus diselesaikan, shift kerja di malam hari, sehingga waktu tidur pun semakin langka. Kemudian semakin lanjut usia, tidur pun semakin sulit.

  • Advertisement
  • Tidur siang

  • Menurut pakar, tidur siang tidak dapat menggantikan manfaat tidur malam. Namun, ada sebuah kantor di Eropa yang memberi waktu untuk pegawainya untuk tidur siang supaya mereka segar kembali dan produktivitas mereka meningkat.

  • Risiko

  • Kurang tidur menyebabkan orang mengantuk di siang hari, sulit berkonsentrasi, pikiran melayang, nafsu makan hilang, gairah seks menurun. Akibat mengantuk banyak bahaya terjadi. Pengemudi mobil yang mengantuk sama berbahayanya dengan pengemudi yang mabuk. Kebocoran nuklir di Chernobyl, Rusia pada tahun 1986 terjadi karena salah seorang petugasnya mengantuk.

  • Penyakit

  • Orang yang kurang tidur mempunyai kemungkinan lebih besar untuk terkena serangan jantung. Tidur pada malam hari membantu badan memproduksi insulin yang penting bagi para penderita diabetes untuk mengendalikan gula darah.

  • Selain penyakit, kurang tidur juga menyebabkan berat badan bertambah. Dalam sebuah penelitian di tahun 2004 orang yang tidurnya kurang dari enam jam sehari mempunyai kemungkinan 30% lebih banyak untuk menjadi gemuk. Kurang tidur tidak saja memicu nafsu makan tetapi juga membuat orang ingin makan makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat. Dampak kurang tidur juga tampak pada kulit. Hormon pertumbuhan yang dihasilkan ketika tidur berkurang sehingga merusak kolagen yang berfungsi untuk menjaga kulit supaya tetap elastis.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bahaya Kurang Tidur

Kurang tidur dapat membuat segala penyakit datang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr