Tips Hidup Bebas Stres di Kota Besar

Kehidupan di kota besar memang memiliki banyak tantangan dan godaan, sehingga dapat membuat Anda mudah stres, akan tetapi, Anda juga dapat menghindarinya agar itu tidak terjadi dengan mengendalikan pikiran serta melakukan hal-hal yang positif.

3,964 views   |   1 shares
  • Kehidupan zaman sekarang menuntut kita untuk hidup modern dan konsumtif. Kebayakan dari kita berpikir bahwa kita harus mengikuti zaman dan keluar dari kehidupan tradisional. Kita dapat melihat semakin banyak orang-orang yang berbondong-bondong datang ke kota besar untuk mencari kehidupan yang lebih padat. Banyak orang dari luar yang membawa harapan dan mimpi besar mereka. Kota besar memang menawarkan banyak kesempatan bagi kita. Bertambah banyaknya orang-orang di kota besar membuat kehidupan dipenuhi dengan persaingan dan pikiran yang membebani. Sehingga kita dapat melihat kebanyakan gaya hidup orang-orang di kota besar yang sering berpesta demi mencari kesenangan-kesenangan sesaat demi menghilangkan sejenak beban yang dialaminya.

  • Tanpa disadari cara hidup di kota besar telah berdampak buruk kepada warganya. Orang-orang di kota besar cenderung memiliki tingkat stres yang tinggi dan memiliki rata-rata umur yang lebih pendek dibandingkan kota-kota kecil lainnya. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjalani kehidupan sehari-hari tanpa stres. Berikut adalah tips bagaimana untuk menjalani hidup tanpa stres di kota besar:

  • 1. Belajar untuk teratur dan sabar

  • Kehidupan di kota besar yang serba cepat serta tidak teratur membuat kita cepat menjadi bingung dan hilang arah. Kita harus belajar untuk disiplin dalam mengatur waktu. Sebagai contoh, kita harus membuat jadwal kapan kita tidur dan kapan kita bangun. Kekurangan istirahat dapat mengurangi konsentrasi dan kualitas kerja Anda. Ketika Anda teratur maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Buatlah daftar apa yang harus Anda lakukan setiap hari, ini akan membuat Anda fokus akan hal-hal yang paling penting. Kita juga harus belajar untuk sabar. Kadang-kadang hal-hal terjadi di luar kendali atau dipengaruhi oleh unsur dari luar. Belajarlah untuk menghadapi segala perubahan atau tantangan, hal ini dapat membuat Anda terhindar dari stres yang akan menggangu Anda.

  • 2. Luangkan waktu sendiri

  • Tanpa sadar kita menghabiskan waktu bersama orang lain hampir setiap waktu. Kita terpaku pada kehidupan orang lain. Contohnya, orang di kota besar sering hang out bersama teman-temannya dan bergosip. Luangkan waktu untuk Anda berada di tempat tenang sendirian. Pikirkanlah tentang diri Anda dan berikan waktu untuk Anda memanjakan diri Anda. Keheningan dapat membantu Anda untuk menjadi rileks dan memulihkan tenaga fisik dan rohani.

  • 3. Memiliki tanaman atau binatang peliharaan

  • Advertisement
  • Memiliki tanaman atau binatang peliharaan dapat membantu Anda untuk lebih merasa bertanggung jawab. Anda merasa memiliki tanggung jawab untuk merawat binatang atau tanaman tersebut. Sebagai contoh, ketika Anda memiliki tanaman peliharaan, Anda menyempatkan waktu untuk bangun pagi dan menyiram tanaman tersebut. Anda akan dapat menghilangkan stres Anda ketika mengurus tanaman atau binatang peliharan. Sebuah studi dilakukan bahwa orang yang terkena depresi atau trauma dapat lebih cepat sembuh ketika mereka mengelus seekor anjing setiap hari. Hal ini membuktikan bahwa peliharaan kita dapat memberikan pengaruh yang baik saat kita memeliharanya dengan baik.

  • 4. Luangkan waktu untuk tertawa

  • Kita dituntut untuk serius dalam bekerja dan kurang waktu kita untuk dapat menenangkan diri. Tertawa dapat membuat Anda menjadi rileks seketika dan dapat memberikan mood yang baru. Anda dapat membaca artikel-artikel lucu atau menonton video-video lucu untuk membuat Anda tertawa. Anda akan merasakan perbedaan jika Anda menjadi seorang yang periang dan tidak mudah cemberut. Tertawa pun dapat terhitung sebagai olahraga. Anda dapat melampiaskan stress Anda melalui tertawa.

  • 5. Kecanduan bukan solusi

  • Banyak orang mengatakan bahwa jika kita menjadi kecanduan pada hal atau zat tertentu, itu akan menghilangkan stres. Beberapa teman kerja saya memilih merokok untuk menghilangkan stres mereka akan tetapi kecanduan mereka hanya dapat menghilangkan stres mereka secara sementara, dan ketika mereka berhenti merokok masalah itu akan tetap ada. Pengendalian diri adalah sangat penting untuk hidup bebas stres. Pada saat Anda dapat mengendalikan diri, maka Anda dapat memilih untuk tidak hidup stres.

  • Kehidupan di kota besar memang memiliki banyak tantangan dan godaan, sehingga dapat membuat Anda mudah stres, akan tetapi, Anda juga dapat menghindarinya agar itu tidak terjadi dengan mengendalikan pikiran serta melakukan hal-hal yang positif.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Tips Hidup Bebas Stres di Kota Besar

Kehidupan di kota besar memang memiliki banyak tantangan dan godaan, sehingga dapat membuat Anda mudah stres, akan tetapi, Anda juga dapat menghindarinya agar itu tidak terjadi dengan mengendalikan pikiran serta melakukan hal-hal yang positif.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr