Sesudah SMA Mau Ke Mana?

Banyak siswa SMA yang tidak mempunyai tujuan pasti sesudah lulus. Apakah mereka akan bekerja dan menabung sebelum kuliah, atau apakah mereka akan berkuliah di perguruan tinggi tertentu.

2,567 views   |   0 shares
  • Banyak siswa SMA yang tidak mempunyai tujuan pasti sesudah lulus. Apakah mereka akan bekerja dan menabung sebelum kuliah, atau apakah mereka akan berkuliah di perguruan tinggi tertentu. Seolah-olah mereka sedang berada di persimpangan yang akan menentukan jalan hidupnya. Mereka tidak tahu pasti ke arah mana mereka harus berjalan. Ada yang mengikuti dorongan orang tua, ada pula yang mengikuti dorongan hatinya.

  • Belajar di sekolah kejuruan

  • Kita tidak selalu harus masuk ke perguruan tinggi. Bila bakat Anda memasak, Anda dapat masuk ke sekolah jurusan kuliner. Di situ Anda akan digembleng dalam segala urusan masak-memasak. Anda juga dapat masuk sekolah perhotelan untuk dididik menjadi manajer hotel, atau kepala dapur. Ada lagi sekolah pelayaran yang mendidik Anda untuk menjadi awak atau kapten kapal. Sekolah penerbangan menghasilkan pilot-pilot handal. Sekolah perbankan akan mendidik Anda menjadi pegawai bank.

  • Belajar di perguruan tinggi

  • Kadang-kadang para siswa yang baru lulus SMA bingung akan mengambil jurusan apa. Mereka dapat mengambil kelas-kelas dasar yang kemudian dapat membuat mereka memahami apa yang mereka minati. Di kelas-kelas selanjutnya mereka dapat mengambil jurusan yang lebih khusus.

  • Belajar di luar negeri

  • Tergantung negara mana yang akan Anda tuju, pelajari bahasa yang diperlukan. Juga pahami apa saja yang diperlukan untuk memasuki perguruan tinggi di negara itu. Misalnya bila Anda ingin belajar di AS, tentu saja Anda harus lulus TOEFL. Setiap perguruan tinggi di AS memiliki syarat masing-masing, berapa nilai TOEFL yang harus Anda capai. Dengan bantuan internet Anda dapat mendaftar di situs sebuah perguruan tinggi, Anda juga dapat memeriksa dokumen apa saja yang perlu dikirim. Bila diterima Anda akan dikirimi formulir I-20 yang dapat Anda bawa ke kedutaan AS untuk memperoleh visa pelajar. Anda juga harus menunjukkan bukti kemampuan keuangan, siapa yang akan menanggung biaya hidup dan sekolah Anda selama di AS. Keuntungan belajar di AS adalah Anda dapat mencari pekerjaan paruh waktu untuk membiayai diri Anda. Pertama-tama Anda mungkin harus bekerja di kampus, karena itu janganlah datang sehari sebelum kuliah dimulai. Untuk memperoleh pekerjaan di kampus Anda harus mencari jauh-jauh hari sebelum semua mahasiswa datang dan mengisi lowongan kerja.

  • Belajar sendiri

  • Dengan banyaknya kesempatan di internet untuk mempelajari suatu keterampilan, misalnya dari YouTube, Anda dapat menemukan bakat dan minat Anda melalui sebuah video. Anda dapat belajar memasak, menjahit, melukis, dan banyak lagi lainnya. Siapa tahu Anda mampu mengembangkan bakat Anda melalui pelajaran itu. Bagi sementara orang mencapai cita-cita tidak selalu harus melalui bangku sekolah. Tokoh nasional kita, Bapak Adam Malik, dikenal sebagai seorang yang otodidak, mampu mencapai sukses dengan belajar sendiri. Bill Gates, salah satu orang terkaya di dunia pemilik Microsoft, berhenti dari Universitas Harvard sebelum lulus. Lebih dari tiga puluh tahun kemudian dia mendapat gelar kehormatan dari alma maternya. Dalam pidatonya dia berkata, "Saya merupakan contoh buruk, karena itu saya diundang untuk berbicara pada hari wisuda ini."

  • Advertisement
  • Belajar dari orang tua

  • Tidak sedikit orang tua yang mewariskan profesinya kepada anak-anaknya. Entah sebagai tukang kayu, nelayan, pemburu, dan banyak pekerjaan lainnya. Anak-anak mereka mempelajari sesuatu yang berguna bagi kelanjutan hidupnya, sesuatu yang mungkin tidak dapat mereka pelajari di sekolah. Seorang kemenakan saya belajar membuat kue-kue dari ibunya ketika si ibu menderita sakit hepatitis. Sebelum meninggal si ibu mewariskan semua keahliannya kepada putri tunggalnya. Dari sini kemenakan saya itu berhasil meneruskan usaha keluarganya.

  • Yang terpenting dalam memilih suatu jurusan atau pekerjaan adalah ketekunan. Janganlah cepat merasa bosan dan berhenti di tengah jalan (kecuali Anda penemu program komputer seperti Bill Gates). Sebaiknya Anda menekuni sesuatu yang sesuai dengan bakat dan minat Anda, hal ini akan membantu Anda untuk menjadi sukses.

Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Sesudah SMA Mau Ke Mana?

Banyak siswa SMA yang tidak mempunyai tujuan pasti sesudah lulus. Apakah mereka akan bekerja dan menabung sebelum kuliah, atau apakah mereka akan berkuliah di perguruan tinggi tertentu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr