Menjalankan Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan sangat berkembang saat ini terutama di kalangan ibu-ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tetapi tetap tinggal di rumah mengurus keluarga.

3,155 views   |   shares
  • Sebagai seorang ibu yang ingin mengabdikan diri bagi keluarga, saya selalu ingin agar saya dapat mengasuh anak-anak saya sendiri di rumah serta mengurus pekerjaan rumah tangga lainnya. Akan tetapi sebagai seorang ibu rumah tangga, saya juga berkeinginan memiliki penghasilan sendiri. Bekerja di kantor sebagai seorang pegawai tidaklah mungkin, karena itu berarti bahwa saya harus meninggalkan anak-anak saya di rumah dalam pengasuhan orang lain. Satu-satunya jalan adalah bekerja di rumah. Sejak beberapa tahun yang lalu saya mulai untuk belajar membuat kue-kue. Dalam belajar membuat kue, saya tidak mengikuti kursus pembuatan kue secara khusus. Pembelajaran yang saya lakukan hanya dengan bantuan internet di rumah. Setiap hari saya mencari resep-resep pilihan dan saya bereksperimen di dapur. Pelanggan pertama saya adalah para anggota keluarga besar saya sendiri. Saya menjual kue-kue buatan saya kepada kakak-kakak saya. Jika mereka mengatakan bahwa kue-kue buatan saya memiliki rasa yang enak maka saya baru berani menawarkannya kepada orang lain.

  • Sekarang saya sudah menjalankan bisnis rumahan yang menyenangkan bagi saya dan cukup menguntungkan bagi keluarga saya. Ini adalah beberapa keuntungan yang saya dapatkan dari bisnis rumahan yang saya jalankan:

    1. Saya dapat mengatur jadwal kerja saya secara lebih fleksibel. Saya dapat bekerja pada pagi, siang, sore, atau bahkan malam hari. Jika saya sedang sibuk dengan urusan keluarga, saya dapat meliburkan diri dari bisnis saya.

    2. Saya adalah bos. Sebagai seorang bos, saya mengatur segala sesuatunya. Tidak ada orang lain yang mengatur saya. Saya yang mengatur urusan perbelanjaan, pembelian bahan-bahan, pengolahan dan pembuatan, serta penjualannya; semua terserah saya. Siapa yang tidak ingin menjadi bos?

    3. Kepuasan pribadi. Jika kita mendapatkan pujian dari pelanggan, kepuasan yang kita dapatkan sepenuhnya adalah untuk diri kita sendiri dan bukan untuk orang lain.

  • Selain keuntungan-keuntungan di atas, saya juga ingin membagikan 4 hal dalam menjalankan bisnis rumahan.

  • 1. Kreatif dan inovatif

  • Untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, jadilah kreatif dan inovatif. Tujuan menjadi kreatif dan inovatif adalah agar pelanggan tidak merasa bosan. Contohnya: Kebanyakan pelanggan saya adalah orang tua murid di sekolah anak-anak saya, jika saya berjualan kue saya selalu membuat kue yang berlainan setiap hari. Mencari ide setiap hari tidaklah mudah, tapi kita bisa meminta masukan dari pelanggan kita.

  • Advertisement
  • 2. Bersikap profesional

  • Walaupun kita hanya menjalankan bisnis skala rumahan tetapi itu bukan berarti bahwa kita tidak perlu bersikap profesional. Dalam menjalankan bisnis apapun, kita tetap harus bersikap profesional. Contoh kecil adalah dengan menjawab telepon, membalas pesan singkat dari pelanggan dengan segera. Pelanggan akan kecewa jika telepon ataupun pesan singkat mereka tidak segera dijawab. Contoh yang lain adalah selalu tepat waktu. Penuhi janji kita tepat pada waktunya, jika pesanan harus diantar jam 5 sore, maka sebaiknya kita mengantar tidak lebih dari jam 5 sore.

  • 3. Berteman dengan banyak orang

  • Jangan menjaga jarak dengan orang lain. Bersikaplah baik dan ramah terhadap orang-orang di sekitar kita. Prospek pelanggan ada di sekitar kita. Teman-teman adalah sarana marketing yang paling penting. Dari merekalah bisnis kita akan di kenal oleh banyak orang.

  • 4. Sebisa mungkin ikuti keinginan pelanggan

  • Ada pepatah mengatakan, "Pelanggan adalah raja." Pelanggan saya sering meminta saya untuk mengantar kue-kue pesanan mereka jika mereka tidak dapat datang sendiri ke rumah saya. Jika hal itu memungkinkan bagi saya, maka saya akan antar ke alamat mereka. Contoh lainnya, mungkin ada juga pelanggan yang tidak menyukai kalau campuran gula terlalu banyak di dalam kuenya, maka saya akan menyesuaikan takaran gula ke dalam adonan. Jika kita dapat mengikuti keinginan pelanggan, hampir bisa dipastikan mereka akan merasa puas akan pelayanan yang kita berikan.

  • Itu adalah 4 hal yang bisa saya bagikan dalam menjalankan bisnis rumahan. Sekecil apapun bisnis Anda, jangan pernah melupakan keempat hal tersebut di atas. Banyak sekali bisnis rumahan dengan modal kecil yang pada akhirnya berkembang menjadi bisnis yang cukup besar. Selamat berusaha!

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Indah Wajarsari is an Indonesian native and mother of two.

Menjalankan Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan sangat berkembang saat ini terutama di kalangan ibu-ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tetapi tetap tinggal di rumah mengurus keluarga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr