Mencari Kedamaian dalam Diri

Mendapatkan kedamaian di dalam diri merupakan sesuatu yang diperlukan saat ini karena kedamaian merupakan salah satu unsur utama bagi kesejahteraan dan ketentraman di dalam diri setiap manusia.

10,027 views   |   20 shares
  • Kita hidup di zaman yang penuh kekacauan dan pengaruh buruk. Kabar tentang kerusuhan, pertentangan, kriminalitas, penyakit dan bencana alam mewarnai kehidupan kita sehari-hari. Tidak sulit bagi kita untuk mendapatkan berita-berita tersebut. Ketika kita menyalakan televisi, kita melihat film-film yang penuh kekerasan dan juga berita-berita yang mengkhawatirkan. Dalam smartphone kita pun terdapat informasi-informasi yang membuat kita sedih maupun gusar. Tanpa kita sadari, pengaruh tersebut membuat kehidupan kita dipenuhi hal-hal negatif yang menggangu.

  • Perilaku kita pun juga ikut terpengaruh. Sebagai contoh, kita menjadi mudah marah dan stres saat menghadapi kesulitan hidup. Kita menjadi lebih sering memberikan tanggapan negatif dalam perkataan dan perbuatan. Semakin sering terjadi kekerasan dalam rumah tangga dan semakin banyak pekerja yang memberikan hasil tidak maksimal dan depresi yang berlebih. Minuman keras, obat-obatan terlarang, serta kegiatan yang membuat seseorang kecanduan merajalela. Pengaruh ini berdampak buruk bagi diri kita sendiri, keluarga serta lingkungan. Terkadang sulit bagi kita mendapatkan kedamaian di dalam diri di tengah-tengah dunia yang semakin memburuk padahal kedamaian sangat penting bagi jasmani maupun rohani kita. Kedamaian dapat memberikan semangat dan pengaruh positif bagi kehidupan. Berikut adalah empat tips yang dapat membantu kita dalam menemukan kedamaian di dalam diri kita sendiri.

  • 1. Berdoa

  • Doa merupakan cara untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta. Dalam agama apapun, doa merupakan aktivitas yang khusyuk dan dapat memberikan ketenangan di mana kita meminta kekuatan lebih dari Sang Pencipta. Kita dapat meluapkan segala isi hati kita dalam doa. Kita juga dapat memohon bimbingan dan pencerahan. Ketika kita berdoa dengan sungguh-sungguh, kita dapat merasakan ketentraman dari Yang Maha Kuasa dan mendapatkan bantuan dari-Nya baik jasmani maupun rohani.

  • 2. Membaca buku-buku agama atau buku-buku positif

  • Buku-buku agama atau buku-buku positif dapat memberikan pengaruh baik dalam kehidupan kita. Itu dapat memberikan perspektif baru tentang hidup ini dan menangkal pengaruh negatif sehari-hari. Kita akan mendapatkan inspirasi bahkan jawaban dari pertanyaan kehidupan kita. Kita dapat belajar dari orang lain mengenai cara mereka untuk menjadi sukses atau cara-cara lain untuk mendapatkan kedamaian dalam diri mereka. Buku-buku keagamaan membuat kita mengerti arti kehidupan ini dan memprioritaskan hal-hal penting dalam hidup kita. Semakin banyak hal-hal positif dalam diri kita akan berdampak baik pada keluarga, karir dan lingkungan sekitar kita.

  • Advertisement
  • 3. Rumah sebagai tempat berbagi dan perlindungan

  • Terkadang berbagi cerita dapat meringankan beban dalam diri kita. Ketika kita bercerita kepada orang lain, kita meluapkan emosi negatif dan mengeluarkannya dari hati kita. Memiliki keluarga serta orang-orang terdekat yang mendukung dapat memberikan kekuatan baru. Kita merasa tidak sendirian dan mempunyai tempat untuk bersandar dari kehidupan di luar. Rumah adalah tempat beristirahat baik rohani maupun jasmani serta tempat berlindung dari hal-hal negatif dari luar.

  • 4. Mencari tempat untuk bermeditasi

  • Hidup kita dipenuhi dengan hiruk-pikuk yang membuat pikiran kita menjadi tidak tenang. Kita menjadi sulit untuk berpikir jernih karena pikiran kita menjadi tidak terfokus dan tidak terorganisir dengan baik. Banyak ide, masalah maupun inspirasi yang melintas dalam kehidupan kita, tetapi tidak dapat tersimpan dengan baik dikarenakan pikiran kita yang tidak tenang. Luangkanlah waktu Anda untuk bermeditasi untuk menenangkan pikiran Anda. Termukan tempat di mana Anda bisa menjadi tenang dan fokus. Anda dapat merenungkan tentang hari yang telah Anda lalui dan mengetahui ide atau inspirasi apa saja yang Anda dapatkan hari itu. Sediakanlah buku serta alat tulis untuk mencatat idea atau inspirasi tersebut. Anda akan mengetahui apa saja yang dapat Anda lakukan untuk menjadi lebih baik di hari-hari ke depan. Anda akan dapat mengendalikan hiruk-pikuk atau hal-hal negatif yang masuk ke dalam pikiran Anda dan dapat mengontrol diri serta pikiran sehingga Anda dapat menjadi lebih baik lagi.

  • Mendapatkan kedamaian di dalam diri merupakan sesuatu yang diperlukan saat ini karena kedamaian merupakan salah satu unsur utama bagi kesejahteraan dan ketentraman di dalam diri setiap manusia. Kedamaian dapat membantu kita menjadi lebih dewasa dalam menghadapi setiap tantangan dalam kehidupan serta membantu kita untuk berfokus pada hal-hal yang positif.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Mencari Kedamaian dalam Diri

Mendapatkan kedamaian di dalam diri merupakan sesuatu yang diperlukan saat ini karena kedamaian merupakan salah satu unsur utama bagi kesejahteraan dan ketentraman di dalam diri setiap manusia.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr