Siapa yang Mengasihi Saya?

Artikel ini ditujukan terutama bagi mereka yang telah mengorbankan begitu banyak dari diri mereka untuk mengasihi dan melayani pasangan, anggota keluarga, teman-teman, rekan kerja dan orang-orang yang membutuhkan, namun agak merasa kurang dihargai.

1,096 views   |   shares
  • Artikel ini ditujukan terutama bagi mereka yang telah mengorbankan begitu banyak dari diri mereka untuk mengasihi dan melayani pasangan, anggota keluarga, teman-teman, rekan kerja dan orang-orang yang membutuhkan, namun agak merasa kurang dihargai atau kesepian. Tentunya, kebanyakan dari kita pernah mengalami perasaan ini pada suatu waktu dalam kehidupan kita.

  • Dalam berbagai peranan yang kita mainkan dalam kehidupan kita, adalah wajar untuk sesekali merasa seorang diri atau kurang dihargai. Misalnya, jika Anda seorang ibu rumah tangga yang merasa kurang dibantu atau dihargai suami dalam mengerjakan tugas-tugas rumah tangga dan mengurus anak-anak. Atau jika Anda seorang pegawai yang sudah mengabdi selama bertahun-tahun tetapi jarang mendapatkan bonus/kenaikan gaji apalagi menerima promosi/naik jabatan. Atau jika Anda seorang kakek atau nenek yang jarang dikunjungi oleh anak cucu padahal dulu Anda mencurahkan seluruh waktu dan energi Anda untuk membesarkan anak-anak Anda.

  • Adalah wajar untuk sesekali mengasihani diri sendiri dan mengajukan pertanyaan ini, "Siapakah yang mengasihi saya?" Tetapi Anda tidak boleh terlalu sering atau terlalu larut memikirkannya. Dan jika Anda benar-benar mengajukan pertanyaan ini kepada diri Anda sendiri dan merenungkannya, Anda mungkin sudah mengetahui jawabannya bahwa Anda tidak sendirian dan bahwa ada yang mengasihi Anda.

  • Tuhan

  • Bagi orang yang percaya akan adanya Tuhan, Anda pasti tahu bahwa Tuhan mengasihi Anda dan mengetahui apa yang terbaik bagi Anda. Tuhan tahu kelebihan dan kekurangan Anda dan Dia tahu ketika Anda mengalami kesulitan atau merasakan kesedihan. Ketika Anda mendekatkan diri kepada-Nya dan bersandar pada-Nya, maka Anda merasakan kedamaian dan menerima petunjuk dari-Nya untuk menyelesaikan masalah-masalah Anda.

  • Pasangan

  • Bagi Anda yang sudah menikah, percayalah suami atau istri Anda mengasihi Anda meskipun dia terkadang sibuk dengan pekerjaannya. Binalah komunikasi yang baik dengannya untuk mengembangkan rasa saling percaya dan saling memahami. Dukunglah dia semampu Anda, baik melalui kata-kata positif maupun tindakan penuh kasih lainnya.

  • Bagi Anda yang masih sendiri atau sudah menjanda/menduda, rasa kesepian mungkin sering menyerang Anda dan itu adalah wajar. Sibukkanlah diri Anda dengan melakukan kegiatan positif bersama anggota keluarga atau teman-teman, misalnya berolahraga, belajar keterampilan baru, dan membantu orang-orang yang membutuhkan. Dengan melakukan hal-hal ini, rasa kesepian Anda akan hilang, Anda akan merasa lebih percaya diri dan berguna, Anda akan lebih dipenuhi rasa syukur dan kasih bagi sesama, dan Anda akan bertemu dan bergaul dengan orang-orang lajang yang baik dan layak menjadi kekasih Anda.

  • Advertisement
  • Anggota keluarga

  • Anggota keluarga Anda, baik keluarga inti maupun keluarga besar, mengasihi Anda. Jika Anda kurang dekat dengan keluarga sejak kecil, Anda dapat memetik pelajaran dari hubungan itu dan membina hubungan yang erat dan penuh kasih dengan pasangan dan anak-anak Anda.

  • Namun, apabila Anda mengalami perundungan atau korban KDRT dalam keluarga, carilah dukungan dan bantuan dari orang-orang yang terpercaya, seperti orang tua, ahli terapi pernikahan, pemimpin keagamaan, atau bila perlu, pihak yang berwenang untuk membantu mencarikan solusi terbaik bagi masalah keluarga Anda.

  • Teman dan sahabat

  • Teman dan sahabat adalah keluarga yang Anda pilih. Sering kali ketika Anda ingin curhat, Anda terlebih dahulu bercerita kepada sahabat daripada kepada anggota keluarga. Demikian juga ketika Anda ingin meminjam uang, teman Anda akan siap memberi pinjaman kepada Anda.

  • Ada begitu banyak kisah kebaikan seorang teman atau sahabat. Misalnya, ada seorang pegawai yang sedang dinas ke luar kota yang mendapatkan pesan singkat dari temannya yang bermimpi buruk tentang dia dan menasihatinya untuk berhati-hati sementara di luar kota. Ada juga sahabat yang sudah lama tidak bertemu tetapi tetap saling berkomunikasi dan menghibur lewat email. Ada teman yang rela pergi menjemput temannya untuk pergi beribadah bersama walaupun lokasi rumah mereka berada sangat jauh dari satu sama lain.

  • Ketika Anda merasa kesepian dan kurang dihargai oleh teman dan sabahat, Anda dapat memperbaikinya dengan menjadi teman dan sahabat yang lebih baik bagi mereka.

  • Orang lain

  • Terkadang, ketika Anda merasa kesepian dan kesusahan, orang yang tidak Anda kenal dapat menghibur dan membantu Anda, jika Anda mengizinkannya. Misalnya, ketika seorang ibu kewalahan dengan barang belanjaannya yang berat, dia dibantu oleh orang yang tak dikenalnya memasukkan barang belanjaan ke mobilnya. Atau ketika Anda sedang bepergian dan tersesat, Anda menerima arahan dari penduduk setempat. Atau jika Anda tertimpa musibah, para relawan segera datang menawarkan bantuan kepada Anda dan keluarga Anda. Namun, Anda juga perlu mengingat bahwa Anda tetap harus berhati-hati dalam menerima uluran tangan dari orang yang tak dikenal untuk menghindari penipuan dan tindak kejahatan lainnya.

  • Dan tidak kalah pentingnya, Anda harus mengasihi diri Anda sendiri. Anda berhak bersenang-senang dan memanjakan diri sendiri. Ketika Anda merasa kesepian, sedih dan kurang dihargai, ingatlah bahwa Anda sesungguhnya layak dan memang dikasihi oleh orang-orang terkasih Anda.

  • Advertisement
Bagikan kepada teman-teman Anda!

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Siapa yang Mengasihi Saya?

Artikel ini ditujukan terutama bagi mereka yang telah mengorbankan begitu banyak dari diri mereka untuk mengasihi dan melayani pasangan, anggota keluarga, teman-teman, rekan kerja dan orang-orang yang membutuhkan, namun agak merasa kurang dihargai.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr