Pecandu Kokaina

Jadi, sekali kecanduan seseorang itu seperti sedang bermain dengan roulette Russia, tinggal tunggu waktu kapan peluru itu akan menembus kepalanya.

659 views   |   shares
  • Istilah narkoba sebenarnya adalah singkatan dari kata narkotika dan obat-obatan (yang biasanya adalah psikotropika yang bekerja langsung di dalam otak) berbahaya yang umumnya berhubungan dengan bahan-bahan yang menyebabkan kecanduan. Salah satu tanaman yang digunakan sebagai bahan narkoba adalah koka yang banyak tumbuh subur di Bolivia, Peru dan Kolombia. Tanaman tersebut juga dapat dikelompokkan ke dalam tanaman semak. Dari tanaman koka tersebut lahirlah kokaina, jenis narkoba lain yang berbahaya dan banyak dikonsumsi di Amerika.

  • Proses dari tanaman semak menjadi narkoba adalah sebagai berikut:

  • Yang dipanen dari tanaman ini adalah daunnya.

  • Dari 100 kg daun koka akan menghasilkan kokaina alkaloid yang mengandung hidroklorida sebanyak 1 kg.

  • Daun-daun tersebut dimasukan ke dalam kolam di tanah atau di drum yang dibelah, kemudian dicampur dengan air dan diaduk dengan mesin sehingga keluar patinya.

  • Kemudian, pati tersebut dipisahkan dari daun-daunan dan air dan dijadikan adonan (semacam adonan roti) yang berwarna putih atau kecoklatan.

  • Kemudian dicampur dengan berbagai bahan kimia dan ditaruh di alat untuk memeras keluar kerosin atau parafin dan alkohol dan alkaloid lain untuk mendapatkan alkaloid kokaina yang murni.

  • Selanjutnya dikeringkan dengan microwave oven sehingga menjadi seperti tepung.

  • Proses tersebut membutuhkan waktu beberapa hari hingga seminggu.

  • Di pasar, bahan murni tersebut disebut dengan nama cocaine (kokaina) atau crack. Disebut crack karena kalau dihisap seperti merokok dengan pipa, maka bahan tersebut berbunyi seperti rokok keretek.

  • Pengaruh terhadap pengguna kokaina hampir sama seperti pengguna ekstasi atau meth atau amphetamine (walaupun pengaruhnya tidak selama ekstasi atau meth. Kokaina akan memberikan pengaruhnya selama kira-kira 1 jam, sedangkan ekstasi sekitar 12 jam. Harga kokaina juga lebih mahal daripada meth), karena seseorang akan merasakan:

  • Uforia, sangat gembira dan bersemangat, tidak merasa lelah, bahkan sanggup tidak tidur dalam beberapa hari;

  • Paranoid atau merasa seolah-olah ada yang selalu mengintipnya atau dikejar-kejar sesuatu atau seseorang atau binatang yang ganas dst; misalnya, ada seseorang yang memanjat tiang listrik karena merasa dikejar-kejar seseorang yang sebenarnya tidak ada;

  • Halusinasi, yaitu melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada; misalnya, pasangan Janelle Hornickel dan Michael Wamsley (2005) yang terjebak dalam badai salju sehingga mobil pickup mereka tidak dapat ke mana-mana. Mereka berhasil menelepon 911 tetapi karena menggunakan narkoba dan sedang pada taraf halusinasi, maka memberi informasi yang tidak benar, sehingga keduanya meninggal karena terlambat menerima bantuan;

  • Advertisement
  • Kokaina bekerja merangsang jaringan otak menghasilkan transmitter dopamine berlebihan, sehingga seseorang merasa sangat percaya diri, tenang dan gembira sampai jaringan tersebut macet, dan seseorang akan menderita stres berat, kelelahan luar biasa, dan ingin tidur, tetapi tidak dapat, bahkan pikiran penuh penyesalan saling bermunculan;

  • Meningkatkan detak jantung dan tekanan darah tinggi, yang tentu saja berbahaya bila pengguna sebenarnya memiliki jantung yang lemah atau hipertensi. Dengan sendirinya akan memicu serangan jantung dan stroke;

  • Akan membuat seseorang berperilaku aneh dan kadang-kadang berbahaya bagi dirinya dan orang di sekitarnya, karena cenderung melakukan kekerasan;

  • Pada waktu asupan dihentikan, maka sakau (withdrawal) yang dialaminya adalah kegelisahan yang berlebihan, rasa sakit di seluruh tubuh yang tak tertahankan, sehingga seseorang akan kembali menggunakannya. Kalau tidak memiliki uang untuk membelinya, tentu saja akan menggunakan cara halal maupun tidak halal. Yang akan dilakukannya adalah dari menjual segala yang dimilikinya termasuk menjual diri hingga mencuri dan membunuh bila perlu.

  • Menurut cerita seorang pengguna di Amerika, dia dapat membelanjakan paling sedikit $ 100 sehari. Kerjanya belum tentu memberinya sebanyak itu, karena pada umumnya seorang pecandu tidak 'mampu' lagi memikirkan yang lain kecuali kepuasan yang akan didapatnya dari menghisap atau menggunakan kokaina tersebut. Bangun tidur, dia akan 'sarapan' dengan menghisap kokainanya, setelah berganti pakaian dan sebelum keluar rumah, dia menghisap sekali lagi, dan selama berjalan menuju tempatnya bekerja atau melakukan kegiatan, biasanya akan menghisap ganja. Bayangkan, berapa banyak uang dalam sehari yang dibelanjakan untuk kebiasaannya tersebut.

  • Seorang pecandu yang lain adalah seorang pelacur jalanan. Dia tidak punya tempat tinggal, jadi dia selalu mencari pondokan gratis yang disediakan oleh lembaga-lembaga sosial, seperti gereja dan yayasan sosial. Pembuluh darah besar di tubuhnya sudah banyak yang rusak, bukan hanya di lengannya tetapi juga di wajahnya, karena terlalu sering ditusuki jarum suntik sehingga tidak berfungsi lagi. Dia menjadi pelacur karena tidak ada tempat kerja resmi bersedia menerimanya bekerja lagi, gara-gara dia seorang pecandu narkotika. Orang-orang seperti ini sering kali memindahkan darahnya sendiri dari tangan kiri ke kanan dan masih dapat merasakan pengaruh narkoba meskipun tidak keras dan tidak lama.

  • Mengingat risiko yang demikian besar, sebelum mencoba narkoba, selama masih sadar, sekarang keputusan ada di tangan Anda, apakah Anda akan menempuh risiko begitu besar hanya untuk kenikmatan dan kesenangan sesaat? Apalagi hingga zaman sekarang, tidak ada obat yang dapat menghilangkan kecanduan seseorang. Jadi, sekali kecanduan, seseorang itu seperti sedang bermain dengan roulette Russia, tinggal tunggu waktu kapan peluru itu akan menembus kepalanya. Satu-satunya jalan untuk mencegah agar tidak kecanduan, selalu katakan 'TIDAK' kepada tawaran menggunakan narkoba.

  • Advertisement
Bagikan pada teman dan keluarga..

Sebagai penulis, Effian sangat terinspirasi dengan karya-karya John Grisham, Michael Creighton, David Baldacci, James Patterson dan Dan Brown. Kegiatan favoritnya selain menulis adalah memasak dan melukis.

Pecandu Kokaina

Jadi, sekali kecanduan seseorang itu seperti sedang bermain dengan roulette Russia, tinggal tunggu waktu kapan peluru itu akan menembus kepalanya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr