Ganja Juga Membuat Seseorang Kecanduan

Bila ada yang mengatakan bahwa menggunakan marijuana dan hashish tidak menyebabkan kecanduan, jangan percaya. Itu adalah promosi penjual atau pengguna.

4,330 views   |   shares
  • Bahan narkoba yang paling umum digunakan oleh masyarakat luas adalah marijuana (baca: marihuana) atau sering juga disebut kanabis (cannabis) atau ganja. Ini adalah sejenis tanaman semak yang mudah tumbuh di iklim subtropis, seperti di Asia Tengah, Kolombia, Jamaika, bahkan di Eropa Timur dan negeri Belanda. Di daerah tropis, semak semacam ini dapat dikembangbiakan di pegunungan.

  • Ada dua jenis bahan yang beredar di pasar narkoba dengan sebutan: Marijuana dan Hashish atau sering disebut hash saja. Sebenarnya keduanya berasal dari tanaman yang sama tetapi beda pengolahan. Marijuana adalah daun-daunan, kelopak bunga dan sedikit batang yang dirajang atau ditumbuk dan dikeringkan. Sedangkan hash adalah serbuk sari bunga (betina) dan sari daun-daunan yang dirontokan dicampur dengan getah kanabis.

  • Dengan demikian, maka harga marijuana tentu lebih murah dibandingkan dengan harga hashish. Di pasar grosir (atau langsung dari petani), harga per kilogram hashish sekitar $ 2,000 sedangkan marijuana adalah $ 200.

  • Bahan dasar yang dikandung dalam tanaman kanabis yang membuat pengguna mabuk adalah THC (lengkapnya delta-9 tetrahidrocannabinol). Bahan tersebut mengendap di jaringan lemak, terutama otak, karena otak terdiri dari jaringan lemak. Reaksi pertama adalah seperti seseorang yang mengkonsumsi alkohol tetapi selanjutnya adalah halusinasi ringan. Sama seperti alkohol maka THC meredam rasa sakit dan menumpulkan daya tangkap persepsi seseorang, kecuali untuk beberapa hal seperti warna dan suara. Pengguna hashish akan memiliki kepekaan luar biasa terhadap suara dan warna. Itulah sebabnya para seniman, terutama seniman musik, suka menggunakan bahan tersebut, karena seorang seniman musik dapat merasakan (bukan sekadar mendengarkan) suara musiknya.

  • Sama seperti semua bisnis, perdagangan marijuana dan hashish dapat terjadi karena hukum permintaan dan penawaran. Negara-negara miskin seperti Moroko dan Kolombia memiliki tetangga yang memiliki permintaan tinggi untuk bahan-bahan tersebut. Untuk Moroko adalah negara-negara Eropa dan untuk Kolombia adalah Amerika.

  • Petani miskin Moroko dan Kolombia melihat kesempatan untuk memperoleh penghasilan lebih baik dengan menanam kanabis daripada tanaman palawija lainnya. Para petualang yang berjiwa wiraswasta melihat kesempatan untuk mengekspor dan mengimpor bahan-bahan tersebut ke negara-negara kaya tetangganya dengan harga jual yang menguntungkan. Mereka menyadari sepenuhnya bahwa berdagang bahan-bahan terlarang tersebut adalah melanggar hukum. Justru karena itu, para petualang tersebut melihat kesempatan untuk mendongkrak harga jual kanabis di negara sasaran. Jadi, sebenarnya pengguna narkoba jenis ini, sama seperti jenis-jenis lainnya adalah pelanggar hukum dan sering kali menjadi korban penipuan barang palsu yang kadang-kadang justru lebih berbahaya daripada yang asli.

  • Advertisement
  • Para petualang pedagang kanabis menggunakan berbagai cara untuk mengirimkan barang dagangan mereka. Bahan-bahan tersebut diselundupkan lewat darat, udara dan laut. Ini adalah bisnis miliaran dollar, bukan usaha kecil-kecilan. Upah yang ditawarkan kepada pembawa barang tidak halal tersebut bermacam-macam. Untuk risiko tinggi, karena melewati perbatasan yang sulit ditembus, adalah dengan cara menelan kapsul yang berisi bubukan murni hashish dan dibayar $ 1,000 hingga $ 5,000 sekali jalan! Biasanya dilakukan oleh remaja dewasa yang sedang berlibur ke daerah-daerah penghasil kanabis tersebut. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali mau dititipi barang bawaan betapa pun iming-iming imbalan yang menggiurkan, apalagi disuruh menelan kapsul berisi bubukan murni. Bahayanya adalah bila kapsul kanabis tersebut tidak berhasil keluar dari saluran pencernaan seseorang secara alami maka dibutuhkan pembedahan. Yang lain, bila hashish murni tersebut bocor, maka risiko nyawa melayang sudah pasti.

  • Bila ada yang mengatakan bahwa menggunakan marijuana dan hashish tidak menyebabkan kecanduan, jangan percaya. Itu adalah promosi penjual atau pengguna. THC yang menjadi bahan dasar dari kanabis dapat menyebabkan (sumber: http://news.softpedia.com dan www.webmd.com ):

    • Denyut jantung makin cepat, pembuluh darah membesar, tekanan darah naik, dan mengurangi gerak koordinasi motoris.

    • Bagi kaum wanita, mengalami menstruasi yang tidak normal dan kaum pria mengalami rendahnya jumlah hormon testosterone dan sperma.

    • Karena ganja atau marijuana dihisap seperti rokok, maka pengaruh buruknya sama seperti terhadap perokok biasa.

    • Dapat menimbulkan efek negatif pada ingatan atau sering lupa, gelisah, pusing seperti sedang mabuk, mulut jadi kering dan gigi mudah terlepas.

    • Selain dihirup lewat hidung atau dicampur dengan tembakau untuk merokok, marijuana dan hashish dapat juga digunakan untuk campuran masakan dan kue.

    • Pengaruhnya terhadap otak bertahan selama 30 menit hingga satu jam setelah dihisap seperti rokok dan akan tetap bertahan hingga 6 jam kalau dihirup. Dosis yang digunakan biasanya 3-4 gram. Bila lebih dari 30 gram, maka dapat mendatangkan kematian.

    • Memang marijuana tidak menyebabkan ketergantungan secara jasmani seperti narkoba lain, tetapi menyebabkan ketergantungan secara psikologis. Dengan kata lain, seseorang tidak akan mati karenanya, tetapi akan kehilangan akal sehatnya, sehingga seseorang menjadi gelisah, tegang, susah tidur, tidak bernafsu makan, lebih suka ngemil, dan suasana hatinya selalu merasa terganggu bila asupan dihentikan atau berkurang. Jadi, tetap saja ketagihan.

  • Advertisement
Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Sebagai penulis, Effian sangat terinspirasi dengan karya-karya John Grisham, Michael Creighton, David Baldacci, James Patterson dan Dan Brown. Kegiatan favoritnya selain menulis adalah memasak dan melukis.

Ganja Juga Membuat Seseorang Kecanduan

Bila ada yang mengatakan bahwa menggunakan marijuana dan hashish tidak menyebabkan kecanduan, jangan percaya. Itu adalah promosi penjual atau pengguna.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr