Memilih Dokter

Memilih dokter tampaknya seperti sesuatu yang sulit-sulit gampang, tetapi karena hal ini menyangkut kesehatan Anda, memilih ahli medis yang tepat sangatlah penting.

579 views   |   shares
  • Mungkin suatu hari Anda pernah kebingungan melihat pasangan hidup Anda kesakitan meringkuk di ranjang atau Anda sendiri kesal merasakan sakit di pinggang yang tak hilang-hilang. Anda tidak yakin dokter mana yang harus Anda kunjungi, apakah sebaiknya Anda ke spesialis atau ke dokter umum saja. Memilih dokter tampaknya seperti sesuatu yang sulit-sulit gampang, tetapi karena hal ini menyangkut kesehatan Anda, memilih ahli medis yang tepat sangatlah penting. Memilih dokter dapat menentukan hidup atau matinya seseorang. Apa saja yang harus menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih dokter?

  • Tanyakan kepada diri Anda

  • Apakah Anda seorang sehat yang hanya memerlukan pemeriksaan rutin secara berkala? Atau apakah Anda memiliki problem kesehatan yang kronis. Bila Anda seorang wanita dan ingin memeriksakan keluhan yang menyangkut rahim Anda, apakah Anda hanya mau diperiksa oleh dokter wanita? Jawaban ini dapat membantu Anda menentukan apakah Anda memerlukan dokter umum atau seorang spesialis, dokter pria atau dokter wanita. Untuk pemeriksaan rutin, jadwalkanlah di muka supaya Anda tidak perlu duduk berjam-jam di kamar tunggu dokter.

  • Daftar pertanyaan

  • Susunlah daftar pertanyaan yang akan Anda ajukan kepada dokter berkaitan dengan gangguan kesehatan yang Anda alami. Dokter mendeteksi penyakit Anda dari keluhan-keluhan Anda. Seorang teman saya mengeluh sakit di telinganya, dia mengira ada tumor di kepalanya dekat telinga. Dia menyampaikan keluhan ini ke dokter yang dikunjunginya. Setelah dokter memeriksa ternyata telinganya tersumbat kotoran yang sudah mengeras sehingga keseimbangannya terganggu dan menyebabkan sakit kepala. Jika Anda harus menjalani operasi, tanyakan kepada dokter yang akan mengoperasi berapa kali dia sudah menjalankan operasi itu dan berapa persen kegagalan yang pernah dilakukannya. Tidak ada salahnya bertanya karena Anda akan memasrahkan nyawa Anda kepadanya. Juga tanyakan di rumah sakit mana dia akan menjalankan operasi supaya Anda dapat bersiap-siap.

  • Tetapkan prioritas Anda

  • Tentukan apa yang penting bagi Anda. Apakah Anda membutuhkan dokter yang tempat prakteknya di dekat rumah atau kantor Anda, ataukah Anda mau berkendaraan jauh ke ujung kota. Apakah Anda mengharapkan efisiensi dan langsung diperiksa, ataukah Anda rela menunggu lama? Jika dokter langganan Anda sedang tidak berpraktek, apakah Anda mau diperiksa dokter lain yang menggantikannya? Apakah Anda ingin membuat janji untuk hari itu juga? Apakah Anda ingin datang sesudah jam kantor? Dokter yang sangat profesional atau dokter yang ramah dan suka berbasa basi? Berdasarkan prioritas Anda, pilihlah beberapa dokter yang sesuai dengan kriteria Anda.

  • Advertisement
  • Rujukan dari teman

  • Bila teman Anda kebetulan ada yang pernah memiliki keluhan yang sama, tanyakan ke dokter mana dia pergi dan apakah dia sembuh sesudah ke dokter itu. Anda mungkin mempunyai dokter langganan yang sudah terasa cocok, dan tidak ingin berganti dokter.

  • Pendapat dokter lain

  • Walaupun Anda sudah memiliki dokter langganan, namun tidak ada salahnya meminta pendapat dokter lain. Seorang teman saya mempunyai remaja putra yang mengeluh pergelangan kakinya sakit. Ketika mereka pergi ke dokter langganan, kata dokter itu mereka tidak perlu khawatir. Tetapi rasa sakit itu tidak hilang-hilang dan bahkan bertambah parah sakitnya. Akhirnya seorang teman menganjurkan mereka pergi ke seorang spesialis ternyata anak teman saya itu menderita kanker tulang. Karena sudah terlambat anak itu kemudian meninggal. Betapa menyesalnya teman saya itu karena mendengarkan perkataan dokter langganannya. Dia tahu bahwa sebagai manusia dokter itu dapat saja membuat kesalahan diagnosa, dan hidup mati setiap orang ditentukan oleh Penciptanya, namun dia menyesal tidak meminta pendapat dokter lain.

  • Dokter yang tepat dapat mempercepat kesembuhan Anda. Bahkan untuk hal-hal kecil, seperti sikap dokter yang memeriksa Anda, sangat mempengaruhi kesembuhan Anda secara psikologis. Ada orang yang menyukai seorang dokter yang profesional dan hanya memeriksa serta memberi obat tanpa banyak berkata-kata. Ada pula yang senang bila dokter yang memeriksanya mau bertutur kata dengan ramah seolah-olah bertemu teman lama. Apa pun yang menjadi pilihan Anda, Anda berhak menentukannya.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Memilih Dokter

Memilih dokter tampaknya seperti sesuatu yang sulit-sulit gampang, tetapi karena hal ini menyangkut kesehatan Anda, memilih ahli medis yang tepat sangatlah penting.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr