Menghargai Pahlawan yang Terlupakan

Dikatakan bahwa anak-anak kita adalah masa depan kita. Kita dapat menolong menciptakan masa depan yang lebih baik dengan menghargai dan mendukung orang-orang yang memiliki dampak terbesar dalam kehidupan anak-anak kita.

1,461 views   |   shares
  • Baru-baru ini saya membaca sesuatu yang ditulis putri saya yang berusia 18 tahun di . Dia menulis mengenai perjalanan musim panas kami ke Washington, DC. Saya mengira dia menulis tentang kota yang indah dan situs sejarah yang menakjubkan, atau tentang museum dan monumen yang megah. Sebaliknya, dia menulis tentang pengalaman kami berkeliling kota dalam taksi. Tulisannya berjudul “Kehidupan Istimewa Orang-orang yang Terlupakan.” Tulisnya:

  • Sewaktu ayah saya berbicara kepada supir taksi kami hari ini, kami belajar tentang perjuangannya dan istrinya dalam melakukan banyak pekerjaan agar dapat membesarkan kedua anak mereka dengan baik. Tiga puluh tahun yang lalu, dia pindah dari Etiopia ke suatu tempat di dekat kota kami. Selama tahun 80-an mereka tinggal dalam keadaan terburuk di bagian terburuk kota dimana narkoba dan kejahatan merajalela. Namun mereka mampu menolong anak-anak mereka mengatasi gaya hidup itu dengan mendorong dan mendukung mereka untuk mendapatkan dan mengejar pendidikan yang berkualitas. Anak-anak mereka sekarang lulusan perguruan tinggi. Cerita supir taksi itu, serta banyak cerita dari orang-orang lain yang kami temui, benar-benar menyentuh saya. Prestasi mereka tidak dihargai. Kebanyakan orang yang mereka layani setiap hari biasanya tidak meluangkan waktu untuk menghargai mereka sebagai seorang manusia atau bahkan berterimakasih kepada mereka. Lain kali ketika orang lain memberikan pelayanan kepada Anda, pikirkan tentang siapa mereka dan kisah hidup mereka. Banyak dari mereka menjalani hidup yang rendah hati yang penuh dengan pelayanan dan pengorbanan.

  • Pelayanan dan pengorbanan orang tua dan guru menolong memastikan kualitas hidup yang lebih baik. Kontribusi mereka adalah signifikan! Upaya mereka dapat dan mampu membuat perbedaan dalam kehidupan anak-anak. Tidak ada pekerjaan yang lebih penting daripada pekerjaan yang mereka lakukan di rumah dan sekolah. Mereka benar-benar pahlawan yang terlupakan di zaman kita.

  • Penghargaan yang diberikan kepada selebriti masa kini nyaris tidak ada hubungannya dengan kepahlawanan atau kontribusi mereka kepada masyarakat. Di sisi lain, orang tua dan guru secara rutin berkorban untuk meningkatkan kehidupan anak-anak. Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Joseph Campbell berkata: “Akhir dari perjalanan seorang pahlawan bukanlah penghargaan yang akan diterimanya...Tujuan akhir dari perjalanannya bukanlah kebebasan atau kepuasan diri sendiri, melainkan kebijaksanaan dan kekuatan untuk melayani sesama. Salah satu dari banyak perbedaan antara selebriti dan pahlawan...adalah yang satu hidup hanya untuk diri sendiri sementara yang lain bertindak untuk menebus masyarakat” (, 2008).

  • Advertisement
  • Apakah yang dapat kita lakukan untuk menghargai dan mendukung para pahlawan tanpa tanda jasa ini? Pertimbangkan hal-hal berikut:

    • Secara aktif carilah kesempatan untuk menunjukkan penghargaan Anda. Satu kata pujian dapat mengubah perasaan seseorang.

    • Pilihlah untuk melihat hal-hal baik dalam diri orang lain. Carilah sifat-sifat positif mereka. Setiap orang memiliki kombinasi kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Orang-orang cenderung untuk hidup sesuai dengan harapan kita, dan jika kita mencari aspek-aspek positif dalam karakter seseorang, seringkali kita akan menemukannya.

    • Bersabarlah dengan orang lain. Berusahalah untuk berempati dengan apa yang sedang mereka lalui. Janganlah cepat menghakimi orang tua dengan anak balitanya yang sedang merengek di toko atau guru yang terlambat mengoreksi pekerjaan rumah siswanya. Anda tidak tahu cobaan apa yang sedang mereka alami. Daripada merasa marah, tawarkan bantuan Anda. Sewaktu Anda melakukannya, Anda akan menemukan bahwa sikap Anda akan berubah terhadap orang lain dan mereka akan bersikap lebih sabar terhadap Anda.

  • Dikatakan bahwa anak-anak kita adalah masa depan kita. Kita dapat menolong menciptakan masa depan yang lebih baik dengan menghargai dan mendukung orang-orang yang memiliki dampak terbesar dalam kehidupan anak-anak kita.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "Showing appreciation for forgotten heroes" karya Haley Miller.

Baca, hidupkan, bagikan!

I am an acquisitions editor for Cedar Fort Inc.

Menghargai Pahlawan yang Terlupakan

Dikatakan bahwa anak-anak kita adalah masa depan kita. Kita dapat menolong menciptakan masa depan yang lebih baik dengan menghargai dan mendukung orang-orang yang memiliki dampak terbesar dalam kehidupan anak-anak kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr