Cinta yang Teruji Waktu

Satu cara untuk menguji cinta Anda berdua adalah dengan menjalaninya. Bersabarlah dan perhatikanlah, waktu akan menunjukkan segalanya.

8,949 views   |   2 shares
  • Sepasang kekasih yang baru menjalin hubungan asmara sedang merasakan apa yang disebut jatuh cinta. Jatuh cinta adalah perasaan yang luar biasa, serasa dunia hanya milik berdua. Anda merasa bahwa kekasih Anda adalah orang yang terbaik dan paling sempurna bagi Anda.

  • Sayangnya, jatuh cinta tidak berlangsung lama. Seiring dengan berjalannya waktu, perasaan jatuh cinta yang sifatnya sementara akan memudar dan itu dapat menjadi akhir dari hubungan asmara Anda berdua. Kemudian Anda merasa bingung dan mulai bertanya-tanya apakah hubungan asmara Anda selama ini berlandaskan cinta yang sesungguhnya atau sekadar cinta monyet atau nafsu belaka?

  • Satu cara untuk menguji cinta Anda berdua adalah dengan menjalaninya. Bersabarlah dan perhatikanlah, waktu akan menunjukkan segalanya. Waktu adalah prasyarat mutlak dalam urusan percintaan karena waktu akan menguji dan membentuk cinta sejati.

  • Seorang motivator terkenal di Indonesia, Mario Teguh, membahas dalam acaranya tentang bagaimana waktu sangat diperlukan untuk menguji cinta antara sepasang kekasih dalam beberapa hal berikut ini.

  • 1. Uang

  • Ketika Anda baru berkencan 1-2 bulan saja, kecil kemungkinan bagi Anda untuk berurusan dalam hal keuangan dengan kekasih Anda. Yang perlu Anda ketahui adalah segala sesuatu dalam hubungan terlihat begitu indah dan baik-baik saja jika belum melibatkan uang. Ketika hubungan Anda sudah berlangsung cukup lama untuk mulai berurusan tentang uang dengan kekasih, perhatikanlah bagaimana perlakuannya kepada Anda dalam urusan keuangan. Di sini Anda bisa melihat apakah dia jujur dan murah hati kepada Anda atau apakah dia menunjukkan belangnya dan berbohong bahkan menipu Anda dalam urusan keuangan. Apakah seseorang yang menyatakan bahwa dia mencintai kekasihnya sampai hati menipu kekasihnya itu?

  • 2. Amarah

  • Ketika baru berkencan, tentu saja kita memperlihatkan penampilan dan perilaku terbaik kita di depan kekasih hati untuk mendapatkan kesan baik dan pujian darinya. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda berdua akan dihadapi dengan berbagai tantangan dari luar dan konflik dari dalam hubungan itu sendiri. Sikap jaim (jaga imej) ini pun akan mengendur. Pertengkaran atau amarah akan mulai muncul dari Anda berdua.

  • Perhatikanlah ketika kekasih Anda sedang marah kepada Anda atau orang lain atau pada situasi yang dihadapinya. Setinggi-tingginya pendidikan seseorang, kedewasaan aslinya akan terlihat ketika dia sedang menunjukkan amarahnya. Apakah dia ketika sedang marah, kekasih Anda memperlihatkannya secara meluap-luap atau norak? Apakah dia mudah merasa tersinggung dan tidak segan-segan membentak orang? Atau apakah dia mampu mengendalikan diri dan tidak mudah terpancing emosinya? Apakah dia sangat pengertian dan pemaaf?

  • Advertisement
  • Apabila kekasih Anda menghadapi orang atau situasi yang dapat membuatnya marah, tetapi dia hanya mengelus dada dan berdoa kepada Tuhan memohon ampunan atas bangkitnya amarah dalam dirinya, Anda sudah tidak perlu mencari-cari lagi. Terlepas dari usia, pendidikan, dan profesinya, orang seperti inilah yang disebut kekasih idaman dan Anda sangat beruntung memilikinya.

  • 3. Perjalanan jauh

  • Satu lagi cara menguji apakah cinta Anda berdua adalah cinta sejati atau bukan adalah dengan melakukan perjalanan jauh dengan kekasih Anda, misalnya dengan melakukan perjalanan liburan berdua atau bersama teman dan keluarga. Waktu dan jarak yang dilalui dalam perjalanan jauh akan membuktikan apakah Anda berdua pasangan yang serasi atau tidak.

  • Perhatikan apakah kekasih Anda sering mengeluh dalam perjalanan atau selalu menawarkan bantuan atau solusi ketika menghadapi masalah? Apakah dia malas dan manja atau apakah dia mandiri dan tahan banting? Apakah dia susah makan atau tidur? Apakah dia ramah kepada penduduk setempat? Apakah dia bisa berhemat dan mengatur keuangan selama melakukan perjalanan jauh? Apakah dia hanya memikirkan dirinya sendiri atau dia mampu mengurus Anda dan orang lainnya dalam rombongan Anda? Dengan melakukan perjalanan jauh, kepribadian seseorang akan muncul dengan sendirinya.

  • 4. Perlakuan kepada orang lain

  • Semakin lama Anda mengenal kekasih Anda, semakin Anda dapat berkesempatan melihat dan memperhatikan bagaimana dia memperlakukan orang lain. Mungkin kepada Anda, dia selalu bersikap manis dan penuh kasih sayang, tetapi bagaimana perlakuannya kepada orang tuanya, anak-anak kecil, saudara, teman-teman, tetangga, atasan atau bawahan di tempat kerja, pelayan restoran tempat Anda makan, bahkan kepada binatang? Apakah dia berlaku kasar kepada pelayan restoran? Apakah dia menganggap anak-anak sebagai makhluk kecil pengganggu yang berisik? Atau apakah dia menghormati orang tuanya dan menyayangi adik-adiknya dengan penuh kasih?

  • Bagaimana dia memperlakukan Anda dan orang lain sekarang adalah cerminan dari bagaimana dia akan memperlakukan Anda kelak ketika sudah berkeluarga nanti. Jika kekasih Anda memukul Anda dan berselingkuh dari Anda ketika masih pacaran, maka segera putuskan hubungan dengannya karena sangat kecil atau bahkan tidak ada kemungkinan sama sekali bagi dia untuk mengubah sikapnya itu setelah menikah nanti. Yang akan terjadi malah perilaku buruknya seperti memukul atau berselingkuh akan semakin menjadi-jadi setelah Anda berdua menikah nanti.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan..

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Cinta yang Teruji Waktu

Satu cara untuk menguji cinta Anda berdua adalah dengan menjalaninya. Bersabarlah dan perhatikanlah, waktu akan menunjukkan segalanya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr