Penyalahgunaan Anabolik Steroid

Meskipun anabolik steroid bukan termasuk narkoba, tetapi penggunaannya yang berubah menjadi bahan rekreasi dan akibat yang ditimbulkan adalah sama buruknya.

3,574 views   |   0 shares
  • Sebenarnya anabolik steroid sudah lama ditemukan (tahun 1930-an). Anabolik steroid adalah hormon testosteron tiruan yang dibuat di laboratorium untuk membantu menumbuhkan serabut otot yang langsing tanpa dibebani oleh lemak. Bahan tersebut dibuat untuk tujuan menolong anak-anak yang mengalami kelainan dalam pertumbuhan ototnya, sehingga dapat dibantu dengan memasukkan bahan hormon buatan tersebut ke dalam tubuhnya. Namun demikian, dalam perkembangan selanjutnya justru disalahgunakan untuk meningkatkan performa dalam dunia olah raga, terutama yang banyak menggunakan otot kerangka tubuh, seperti angkat beban dan binaraga.

  • Beralih Fungsi

  • Perkembangan selanjutnya sekarang justru digunakan oleh kaum remaja dan beberapa orang dewasa yang sekadar ingin memiliki tubuh yang terlihat bagus dan atletis. Jadi, fungsi pengobatan yang melangkah ke dalam dunia olah raga untuk meningkatkan prestasi atlit telah berubah fungsi menjadi rekreasi. Walaupun sudah ada hukum yang membuat penggunaan di luar pengobatan dan di bawah pengawasan tenaga medis dinyatakan melanggar hukum, dalam kenyataan, banyak peminat mendapatkan dengan mudah lewat jalur pasar gelap di internet, sehingga keamanan dan pengendalian jalur lalu lintas bahan ini makin sulit.

  • Dalam dunia pengobatan, jumlah yang diberikan sangat sedikit, misalnya, untuk membantu para penderita HIV diinjeksikan steroids (Nandrolone) berkisar antara 100 mg hingga 600 mg per minggu (thebody.com). Namun demikian, dalam dunia olah raga dan para pengguna rekreasi jumlah asupan tersebut ditingkatkan hingga 100 kali lipat.

  • Ben Johnson dari Kanada yang pernah menjadi pelari tercepat dunia 100 m dalam Olimpiade tahun 1988 yang kemudian medalinya dibatalkan mengakui bahwa dengan menggunakan bahan tersebut, beban berapa pun yang diberikan kepadanya dalam latihan beban terasa ringan untuk diangkatnya. Dia merupakan orang pertama yang mencatat kecepatan di bawah 10 detik untuk jarak 100 m.

  • Pasar Gelap

  • Anabolik steroid yang diperoleh dari pasar gelap lewat internet kebanyakan tidak dibuat di laboratorium resmi tetapi diramu dalam laboratorium perumahan, sehingga sering kali bahan tersebut diboncengi oleh bakteri atau terkontaminasi oleh bahan-bahan lain, sehingga berbahaya terutama bila disuntikkan langsung ke dalam pembuluh darah. Jadi, penggunaan di luar pengawasan ahli kesehatan bukan saja menyebabkan seseorang kelebihan dosis, tetapi juga bahaya infeksi dan keracunan bahan kimia lain.

  • Bahan yang mengandung hormon testosteron ini apabila dikonsumsi lewat mulut maka harus melewati proses pencernaan kita. Tentu saja oleh kelenjar hati kita dianggapnya racun, sehingga diproses olehnya terlebih dahulu, dan ini akan mengurangi khasiat bahan tersebut dan juga membebani kerja hati atau bahkan dapat merusak kelenjar hati seseorang.

  • Advertisement
  • Oleh karena itu, pengguna biasanya menyuntikkan bahan ini langsung ke dalam pembuluh darah. Khasiatnya memang luar biasa untuk menumbuhkan serabut otot bila diikuti oleh diet yang kaya protein dan olah raga beban yang tepat dan disiplin yang ketat. Tetapi, karena biasanya olah raga pamer otot tersebut cenderung bersaing, maka tak dapat dielakkan juga terjadi persaingan dalam penggunaan bahan berbahaya tersebut, sehingga makin lama makin tak terkendali.

  • Efek Samping

  • Seperti semua narkoba atau bahan kimia buatan atau tiruan yang dimasukkan ke dalam tubuh cenderung untuk menghentikan pabrik dalam tubuh kita untuk memproduksi bahan kimia yang sama, demikian pula dengan steroid. Bahan ini adalah hormon testosterone lelaki tiruan. Kalau digunakan oleh pria dalam jumlah tak terkendali dan bukan di bawah pengawasan ahli, maka kemungkinan besar kelenjar testes kita berhenti memproduksi bahan tersebut, sehingga apabila asupan dari luar dihentikan, maka akan terjadi kebalikannya atau sering disebut katabolik, yaitu penyusutan serabut otot yang berlebihan.

  • Apabila asupan dari luar tersebut membanjiri tubuh kita terus menerus, maka tubuh kita akan membuat reaksi dan secara otomatis akan mengimbanginya dengan hormon esterogen, sejenis hormon kaum wanita sehingga kelenjar susu pria menjadi aktif dan tumbuhlah payudara pria (atau yang disebut gynecomastia, meskipun payudara pria ini juga dapat terjadi secara alami). Bila hormon ini digunakan oleh kaum wanita, maka di samping tubuhnya akan berotot seperti kaum pria juga sering kali disertai tumbuhnya bulu di tubuhnya dan suaranya menjadi besar dan kasar seperti lelaki di samping efek samping lainnya. Perubahan pada pria masih memiliki kemungkinan untuk diperbaiki (reversible) bila belum terlambat, tetapi tidak demikian pada kaum wanita.

  • Di samping terjadi penyusutan serabut otot dengan dihentikannya penggunaan bahan ini, juga sekarang terjadi di antara para atlit binaraga profesional yang disebut Palumboism (cari gambar-gambarnya di Youtube), yaitu mengecilnya serabut otot-otot pada anggota tubuh seperti lengan dan paha, tetapi perut makin buncit bukan oleh lemak, tetapi otot perut cenderung menjadi sangat besar, sehingga terlihat tidak normal.

  • Membanjirnya testosteron tiruan dalam tubuh juga meningkatkan jumlah kolesterol buruk dalam tubuh, sehingga para pengguna seringkali menderita penyumbatan pembuluh darah yang berakibat stroke dan sakit jantung serta tekanan darah tinggi dan meninggal dalam usia relatif muda, misalnya, Mike Matarazzo yang meninggal dunia Agustus 2014, dalam usia 48 tahun.

  • Advertisement
  • Kesimpulan

  • Walaupun reaksi dan akibat penggunaan hormon tiruan tersebut tidak sehebat seperti penggunaan heroin, ekstasi (crystal meth), kokain dan obat-obatan yang diresepkan dokter, tetapi kita masih tetap harus waspada. Apabila tidak dibutuhkan dan tidak di bawah pengawasan seorang ahli medis, maka bahan tersebut jelas bukan merupakan ramuan ajaib seperti dalam cerita Asteriks dan Obeliks yang akan memberi tenaga super dalam sekejap mata dan tidak memiliki efek samping.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Sebagai penulis, Effian sangat terinspirasi dengan karya-karya John Grisham, Michael Creighton, David Baldacci, James Patterson dan Dan Brown. Kegiatan favoritnya selain menulis adalah memasak dan melukis.

Penyalahgunaan Anabolik Steroid

Meskipun anabolik steroid bukan termasuk narkoba, tetapi penggunaannya yang berubah menjadi bahan rekreasi dan akibat yang ditimbulkan adalah sama buruknya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr