Perhatian terhadap Orang Tua Lansia

Ketika kita masih kecil orang tua kita memberikan kasih sayang dan perhatian yang sepenuhnya kepada kita. Semasa mereka lanjut usia sudah semestinya kita membalas budi mereka dengan merawat dan mengurus mereka.

3,031 views   |   4 shares
  • Ketika kita masih kecil, orang tua kita memberikan kasih sayang dan perhatian yang sepenuhnya kepada kita. Sesudah mereka lanjut usia sudah semestinya kita membalas budi mereka dengan merawat dan mengurus mereka. Kita hendaknya memperhatikan keperluan mereka sebagai orang-orang yang telah lanjut usia supaya mereka tetap sehat dan bahagia di hari tua mereka. Apa saja yang dapat kita lakukan untuk memastikan bahwa segala kebutuhan mereka terpenuhi?

  • Makanan

  • Orang-orang lansia memerlukan makanan sehat yang sesuai dengan kondisi tubuh mereka. Misalnya penderita diabetes tidak dapat makan makanan yang manis, sebaliknya mereka butuh protein yang terdapat dalam telur, ikan dan daging untuk membantu pembentukan insulin. Sebaliknya penderita darah tinggi tidak boleh makan yang asin-asin. Mereka sebaiknya tidak makan keripik kentang, ham dan keju terlalu banyak. Buah dan sayur-sayuran sangat membantu bagi pencernaan mereka. Orang lansia sering mengalami kesulitan buang air besar, mereka memerlukan buah seperti pepaya untuk melancarkan fungsi usus besar mereka.

  • Pakaian

  • Orang lansia mudah merasa dingin karena itu mereka memerlukan pakaian yang nyaman dan hangat di musim hujan. Selain itu, selimut untuk tidur juga perlu disediakan bagi mereka. Sepatu perlu diperhatikan karena kaki orang lansia yang menderita diabetes dapat lecet dan sulit sembuh. Luka itu dapat menjadi parah tanpa mereka sadari karena sebagian besar syaraf di kaki mereka tidak bekerja lagi. Mereka tidak merasakan sakit dari luka itu dan tahu-tahu kaki mereka harus diamputasi. Demikian pula kaki penderita darah tinggi gampang bengkak sehingga sepatu yang nyaman dipakai di pagi hari bisa menjadi sempit di malam hari sesudah banyak berdiri atau berjalan.

  • Vitamin

  • Vitamin seperti minyak ikan untuk menambah kekebalan tubuh dalam menolak penyakit, kalsium untuk mencegah tulang keropos, aspirin dosis kecil untuk mencegah sakit jantung dan banyak lagi lainnya dapat diberikan menurut anjuran dokter. Ada orang yang tidak percaya kepada vitamin dan menganggap semua itu tidak berkhasiat. Bila mereka sehat-sehat saja tanpa minum vitamin sebaiknya jangan memaksa mereka untuk meminumnya.

  • Check-up

  • Walau orang tua Anda sehat-sehat saja tetapi ada baiknya membawa mereka ke dokter setiap tahun sekadar untuk memeriksa kesehatan mereka. Penyakit datangnya seperti pencuri, suatu hari kita merasa sehat dan esok hari kita bisa saja jatuh sakit tanpa diduga-duga. Apalagi bagi manula yang rentan terhadap penyakit, pemeriksaan kesehatan secara berkala sangatlah penting. Penyakit apa pun bila ditemukan lebih dini lebih mudah disembuhkan. Terutama penyakit menahun seperti diabetes atau darah tinggi. Kedua penyakit ini dapat mengakibatkan sakit jantung. Penglihatan juga perlu diperiksa karena penderita diabetes tiba-tiba dapat menjadi buta bila diserang retinopathy yang tidak terlihat dan terasa.

  • Advertisement
  • Olah raga

  • Meskipun manula tidak dapat berolah raga berat seperti lari, angkat besi atau tenis, tetapi olah raga ringan dan yang sesuai bagi manula, seperti jalan kaki, main golf atau sekedar berkeliling di pusat perbelanjaan membantu kesehatan mereka. Bagi yang menyukainya, renang juga merupakan olah raga yang cocok bagi manula.

  • Melatih ingatan

  • Permainan teka teki silang, sudoku dan puzzle sangat membantu untuk melatih daya pikir. Otak yang sering dipakai akan terus menjadi aktif dan tidak mudah menjadi pelupa. Membaca buku, mencari pengetahuan di internet juga merupakan kegiatan yang membantu daya ingat.

  • Tidur

  • Tidur yang cukup sangat menunjang kesehatan, tetapi dengan bertambahnya usia orang tua sering mengalami insomnia. Konon pada zaman dulu orang tidak tidur 8 jam terus menerus, melainkan 4 jam, kemudian bangun selama 2 atau 3 jam dan tidur kembali 4 jam lagi. Karena itu tidak heran badan kita kadang-kadang tidak mau diajak kompromi, khususnya manula sering terbangun di tengah malam dan sulit meneruskan tidur. Tidak ada salahnya melewatkan waktu dengan membaca buku sampai mengantuk lagi.

Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Perhatian terhadap Orang Tua Lansia

Ketika kita masih kecil orang tua kita memberikan kasih sayang dan perhatian yang sepenuhnya kepada kita. Semasa mereka lanjut usia sudah semestinya kita membalas budi mereka dengan merawat dan mengurus mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr