Bagaimana Memerangi Jerawat

Pada saat negara aman dan tenteram (kecuali sedikit kegelisahan di saat Pemilu) Anda tentu tidak membayangkan diri Anda terlibat dalam perang. Tetapi bila Anda seorang remaja atau mempunyai anak remaja Anda akan bertarung melawan jerawat.

20,584 views   |   8 shares
  • Pada saat negara aman dan tenteram (kecuali sedikit kegelisahan di saat Pemilu) Anda tentu tidak membayangkan diri Anda terlibat dalam perang. Tetapi bila Anda seorang remaja atau mempunyai anak remaja Anda akan bertarung melawan jerawat. Pertempuran seru yang kadang tidak ada akhirnya sampai usia empat bahkan lima puluhan. Apa saja yang Anda butuhkan untuk memenangkan peperangan ini?

  • Asal usul jerawat

  • Anda harus mengenali musuh Anda supaya dapat mengalahkannya. Jerawat adalah infeksi kecil di kulit wajah (kadang-kadang juga menyerang leher dan punggung) yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain hormon, kebersihan, makanan. Bila debu atau lapisan kulit yang mengelupas menutup lubang pori-pori dan dibiarkan bersarang semalaman, lubang yang tersumbat itu dapat menjadi radang. Itulah yang disebut jerawat. Jerawat tidak pandang bulu, gadis maupun perjaka, sudah menikah maupun masih lajang, semua dapat dijadikan korban. Namun penderita umumnya adalah anak-anak remaja, karena minyak pelumas kulit atau sebum mulai bekerja di usia itu. Efek sampingan bagi penderitanya ialah perasaan rendah diri, terutama jika jerawat menguasai medan perang, yaitu muka Anda.

  • Jenis-jenis jerawat

  • Jerawat ada beberapa macam. Jerawat biasa yang kecil-kecil, bila sudah matang tampak putih di ujungnya karena berisi nanah. Jerawat yang disebut blackheads karena berupa titik-titik hitam dan sering muncul di bagian hidung. Jerawat batu, dinamai demikian karena keras seperti batu dan lebih besar daripada jerawat biasa.

  • Kebersihan

  • Tentu saja ini yang paling utama. Menjaga agar muka Anda bersih sepanjang masa adalah senjata nomor satu dalam memerangi jerawat. Tetapi bila Anda memakai sembarang sabun, kulit Anda akan kering, ini juga kurang baik untuk kesehatan dan kehalusan muka Anda. Cucilah muka dengan sabun yang membantu mengurangi jerawat atau sabun bayi sehari paling sedikit dua kali. Bila Anda pulang dari bepergian selalu cucilah muka Anda. Seminggu sekali uapilah muka Anda dengan memakai sebuah baskom berisi air panas dan handuk yang menutupi kepala Anda. Ketika pori-pori Anda melebar gosoklah wajah Anda dengan handuk kering yang bersih perlahan-lahan sehingga terlepas kotoran yang dapat menjadi blackheads.

  • Makanan

  • Tubuh kita bergantung banyak dari makanan yang kita asup. Bila kita makan makanan yang sehat, tubuh juga akan menjadi sehat. Demikian pula wajah kita. Dengan menyantap banyak makan sayur dan buah, kurangi makan makanan yang mengandung lemak atau yang digoreng. Ada yang mengatakan jauhi makanan pedas yang merangsang peradangan, tetapi belum ada riset yang mendukung hal ini, jadi Anda yang menggemari warung Padang boleh tetap makan sambal.

  • Advertisement
  • Stres

  • Stres juga mempengaruhi bertambahnya jerawat. Stres menyebabkan perubahan hormon, begitu pun sebaliknya, dan keduanya menyebabkan jerawat bermunculan. Cara mengalahkan stres tentu saja dengan olah raga.

  • Tidur

  • Tidur malam yang cukup akan membuat tubuh lebih sehat dan ini mempengaruhi kesehatan kulit muka juga. Konon menurut para ahli, tidur kurang dari 5 jam sehari akan menimbulkan segala macam penyakit, termasuk jerawat.

  • Salon

  • Salon kecantikan dapat membantu Anda membersihkan kulit muka Anda. Ketika masih sering diganggu jerawat, biar pun cuma satu dua buah saja, saya sendiri kadang-kadang pergi ke salon. Tetapi pekerja salon yang dengan gigih memencet semua jerawat yang terlihat membuat saya merasa lebih sakit daripada disiksa Mafia. Yang terakhir ini bukan pengalaman pribadi, hanya nonton di film saja lho. Pada saat kesakitan saya pun bersumpah tidak akan pernah ke salon lagi. Namun beberapa bulan kemudian karena kesal dengan jerawat, saya pergi juga ke salon lain, ternyata sakitnya sama. Pengalaman buruk ini mungkin tidak akan Anda alami dengan kecanggihan teknologi dalam bidang kecantikan di abad modern ini.

  • Dokter

  • Bila semua usaha sudah Anda lakukan dan jerawat masih saja bertengger di muka Anda, jalan paling akhir adalah pergi ke dokter. Dokter umum dapat memberi Anda resep untuk Anda minum atau Anda pakai untuk mengganyang jerawat. Bila masih juga tidak berhasil, pergilah ke dermatologis atau dokter spesialis yang menangani penyakit kulit.

Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bagaimana Memerangi Jerawat

Pada saat negara aman dan tenteram (kecuali sedikit kegelisahan di saat Pemilu) Anda tentu tidak membayangkan diri Anda terlibat dalam perang. Tetapi bila Anda seorang remaja atau mempunyai anak remaja Anda akan bertarung melawan jerawat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr