Menghemat Pengeluaran dengan Belanja Bulanan

Apabila Anda merencanakan dengan matang, Anda akan merasa puas melihat penghematan yang dapat Anda lakukan dengan melakukan belanja bulanan.

3,262 views   |   shares
  • Seberapa sering Anda pergi berbelanja ke supermarket? Dapatkah Anda melakukannya hanya sekali dalam sebulan alias belanja bulanan? Karena semakin sering Anda berbelanja, semakin banyak produk yang Anda beli, termasuk produk-produk yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Selain membuat daftar belanja, Anda dapat mengurangi pengeluaran Anda dengan meminimalkan frekuensi belanja Anda dari setiap hari atau seminggu sekali menjadi sebulan sekali. Apabila Anda merencanakan dengan matang, Anda akan merasa puas melihat penghematan yang dapat Anda lakukan dengan melakukan belanja bulanan.

  • Berikut adalah beberapa tips belanja bulanan untuk menghemat pengeluaran keluarga Anda:

  • Buatlah daftar belanja

  • Buatlah daftar produk-produk yang dapat Anda stok selama sebulan beserta jumlahnya, misalnya 1 pak baterai AA, 2 lusin sabun mandi batangan, 10 kg beras, 6 bungkus susu bubuk ukuran 1 kg, 1 paket sosis, dan seterusnya. Ketika Anda membeli lusinan atau dalam kemasan besar, maka harganya cenderung lebih hemat dibandingkan membeli satuan atau dalam ukuran kecil. Anda juga harus pastikan bahwa Anda hanya membeli apa yang ada di dalam daftar belanja Anda.

  • Untuk produk-produk segar, seperti daging segar, buah-buahan atau sayuran, Anda bisa membeli untuk stok satu minggu dan untuk tiga minggu ke depan bisa membeli di pasar tradisional atau di abang tukang sayur.

  • Kumpulkan kupon atau voucher belanja

  • Perhatikan apakah supermarket favorit Anda sedang melakukan promo atau diskon, misalnya promo kupon atau voucher belanja gratis jika melakukan pembelian dengan nominal tertentu. Akan lebih mudah mencapai jumlah nominal tertentu itu jika Anda belanja bulanan alih-alih belanja harian atau mingguan. Misalnya, untuk setiap pembelian di atas Rp 500 ribu dan kelipatannya, maka akan mendapatkan voucher belanja Rp 50 ribu.

  • Perhatikan juga promo gratisan seperti beli 2 bungkus susu bubuk 1 kilo, gratis 1 botol sirup. Ada juga promo buy one get one, seperti beli 1 bungkus tisu basah isi ulang gratis satu produk yang sama. Namun, untuk produk-produk konsumsi, Anda harus memerhatikan tanggal kedaluarsanya karena biasanya produk-produk yang sedang promo atau gratisan itu hampir mendekati tanggal kedaluarsanya.

  • Kunjungi berbagai toko berbeda, tetapi yang berjarak dekat atau berada dalam satu mall/pusat perbelanjaan

  • Setiap toko memiliki produk unggulannya masing-masing dan Anda harus tahu itu dan bisa membanding-bandingkan toko untuk mendapatkan keuntungan maksimum. Misalnya harga kosmetik di supermarket A lebih murah jika dibandingkan dengan di apotik B, tetapi harga obat-obatan di supermarket A itu lebih mahal jika dibandingkan dengan di apotik B.

  • Advertisement
  • Alangkah baiknya jika toko-toko yang Anda bandingkan berjarak dekat dengan satu sama lain, apalagi berada dalam satu mall / pusat perbelanjaan untuk menghemat waktu, tenaga dan biaya transportasi.

  • Milikilah kartu pelanggan

  • Kebanyakan toko sekarang menawarkan fasilitas kartu pelanggan. Kartu ini biasanya gratis atau memiliki biaya administrasi yang sangat rendah, namun menawarkan berbagai kemudahan dan diskon bagi pemegangnya. Misalnya jika Anda memiliki kartu pelanggan supermarket XZY, maka selain mendapatkan potongan harga, Anda juga mengumpulkan poin-poin reward yang dapat ditukarkan dengan voucher belanja atau hadiah gratis.

  • Tinggalkan anak-anak di rumah ketika belanja bulanan

  • Selain menghemat waktu dan tenaga dalam menyiapkan anak-anak untuk pergi belanja dan menyeret mereka dari satu lorong ke lorong lain setibanya di supermarket, Anda dapat menghemat uang karena Anda lebih fokus pada tugas belanja Anda dan tidak harus termakan bujuk rayu anak yang merengek minta dibelikan camilan ini atau mainan itu.

  • Tetapi lain ceritanya apabila Anda memiliki anak yang sudah remaja. Bawalah anak remaja Anda berbelanja karena dia dapat membantu Anda dalam berbagi tugas belanja, misalnya Anda belanja produk makanan dan dia belanja produk kebersihan. Anak remaja Anda juga dapat dimanfaatkan untuk membawa barang belanjaan yang berat karena fisik mereka yang kuat dan gesit. Belanja bersama anak remaja Anda juga akan membantu mempersiapkannya dengan keterampilan belanja efisien untuk kehidupannya nanti sebagai orang dewasa.

  • Kalau lupa, biarkanlah

  • Ketika Anda melakukan belanja bulanan, daftar belanja Anda akan menjadi lebih panjang daripada biasanya. Bersiaplah untuk lupa membeli satu atau dua produk. Tetapi jika produk itu tidak terlalu penting atau mendesak, hindari kunjungan tambahan ke supermarket keesokan harinya. Misalnya jika Anda lupa membeli tisu, tunggu sampai bulan depan untuk membelinya dan untuk sementara gunakan kain lap untuk mengelap meja atau gunakan sapu tangan untuk menyeka keringat dari wajah. Jika Anda tidak dapat hidup tanpa tisu, Anda bisa membeli paket kecil di warung atau di pedagang asongan.

  • Semoga beberapa tips di atas berguna dan memotivasi Anda untuk mulai berhemat dengan melakukan belanja bulanan.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Menghemat Pengeluaran dengan Belanja Bulanan

Apabila Anda merencanakan dengan matang, Anda akan merasa puas melihat penghematan yang dapat Anda lakukan dengan melakukan belanja bulanan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr