Belajar dari Bepergian

Inilah yang patut Anda ingat ketika Anda bepergian ke tempat asing yaitu bahwa ternyata tempat itu berisi kehidupan dan orang-orang yang tidak jauh berbeda dengan Anda.

858 views   |   shares
  • Pada suatu waktu dalam hidup, kita akan bepergian atau melakukan perjalanan ke tempat asing, misalnya melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri atau tamasya keluarga ke luar kota. Ketika kita bepergian ke tempat-tempat asing, ada beberapa pelajaran yang dapat kita petik, misalnya:

  • Takut itu wajar

  • Memiliki rasa malu atau takut atau kesepian sangatlah wajar apalagi ketika Anda harus bepergian seorang diri ke tempat yang sama sekali baru bagi Anda. Anda khawatir Anda tidak dapat berbicara bahasa setempat dengan baik dan benar. Anda khawatir akan tersesat dalam perjalanan menuju tempat penginapan. Anda khawatir akan ditipu oleh supir taksi. Anda takut akan dijambret ketika pergi membeli oleh-oleh. Dan banyak kekhawatiran lainnya yang dapat membuat Anda berpikir mungkin sebaiknya Anda duduk manis di hotel saja dan tidak usah ke luar ke mana-mana. Tetapi tentu saja itu bukanlah pilihan yang bijak. Setelah beberapa hari atau bahkan beberapa jam saja, Anda akan belajar bahwa Anda akan baik-baik saja dan segala pikiran menakutkan itu kemungkinan besar tidak akan terjadi.

  • Anda dapat makan apa saja

  • Cobalah mengonsumsi makanan lokal. Mungkin ketika pertama kali Anda melihat keripik jangkrik khas Thailand, atau ulat goreng khas Tanzania, atau sate kalajengking khas Beijing, Anda akan merasa jijik. Atau ketika Anda melihat makanan yang dijual di pinggir jalan (street food), Anda akan berpikir makanan itu tidak higienis apalagi menyehatkan. Tetapi Anda harus mengingat bahwa penduduk setempat sudah mengonsumsi makanan itu selama bertahun-tahun dan mereka sehat-sehat saja.

  • Sebagai informasi, PBB bahkan merilis sebuah laporan yang menganjurkan santapan serangga sebagai sumber protein pengganti daging ayam atau sapi. Kualitas gizi santapan serangga sangat menyehatkan karena bebas gluten, rendah lemak dan tinggi protein. Santapan serangga juga berperan penting dalam menurunkan efek gas rumah kaca yang sebagian besar disebabkan oleh peternakan sapi.

  • Pilihlah moda bepergian yang tepat

  • Jika Anda bepergian untuk urusan kantor, mungkin bepergian dengan pesawat terbang adalah pilihan tepat agar Anda dapat mengerjakan urusan kantor tepat waktu dan kantor Anda menanggung segala biaya perjalanan Anda. Tetapi meskipun cepat dan nyaman, moda transportasi ini tidak begitu menyenangkan.

  • Jika waktu bukanlah masalah bagi Anda, bepergian dengan kereta eksekutif dapat menjadi pilihan yang bagus karena Anda akan dapat melihat pemandangan pedesaan yang indah berlalu sementara Anda bercakap-cakap dengan penumpang lainnya.

  • Advertisement
  • Terakhir, jika Anda memiliki anggaran terbatas, bepergian dengan bus adalah pilihan tepat (atau satu-satunya) bagi Anda. Tetapi Anda perlu mengingat bahwa bepergian dengan bus akan menguji kesabaran Anda misalnya ketika supir busnya ugal-ugalan atau ketika bus terjebak kemacetan.

  • Hindari bepergian dengan gerombolan turis

  • Anda mungkin pernah atau sering melihat fenomena ini bahwa ketika orang-orang bepergian secara berkelompok, mereka cenderung merasa lebih percaya diri untuk berkomentar buruk, mengeluh, terlambat, bersikap kasar dan tidak sabar terhadap pemandu wisata dan penduduk setempat, atau bahkan mabuk-mabukan dan menyebabkan kekacauan.

  • Persiapkan uang secara bijaksana

  • Seperti dalam kehidupan rumah tangga Anda sehari-hari, membuat anggaran juga sangat penting ketika Anda bepergian. Berikut adalah saran dalam membuat anggaran bepergian. Buatlah anggaran yang mencakup transportasi (tiket pesawat, kereta api, bus, atau ongkos taksi), penginapan (hotel, wisma penginapan, atau rumah teman), makanan dan minuman, oleh-oleh, tiket masuk tempat-tempat wisata, asuransi, dan hal-hal lainnya (pulsa telepon, tip pelayan). Jumlahkan totalnya. Dan kalikan dua.

  • Bepergian melatih kesabaran Anda

  • Ketika melakukan perjalanan ke tempat asing, bersiaplah menghadapi kemungkinan bahwa beberapa hal mungkin tidak akan berjalan sesuai rencana Anda. Itu wajar. Bus Anda mungkin akan tiba terlambat karena terjebak macet atau mogok di jalan, supir taksi Anda sama tersesatnya dengan Anda, tempat wisata tujuan Anda tutup karena ada perbaikan, dan sebagainya. Bersabarlah dan tetap pertahankan sikap positif dan keceriaan Anda. Segera beradaptasi dengan situasi Anda dan pikirkan kegiatan alternatif yang dapat Anda lakukan sebagai ganti kegiatan Anda yang tertunda atau batal.

  • Anda ternyata lebih fleksibel daripada yang Anda bayangkan

  • Perut Anda ternyata kuat mencerna makanan 'eksotis' seperti sate kalajengking. Anda ternyata dapat memulihkan tenaga setelah tidur selama 4 jam saja. Anda dapat berkomunikasi dengan penduduk setempat hanya dengan menggunakan beberapa patah kata dan banyak bahasa tubuh. Anda ternyata tidak sepemalu yang Anda bayangkan karena Anda harus sering menanyakan arah atau menawar harga oleh-oleh. Anda merasa baik-baik saja padahal Anda jarang ganti pakaian apalagi mandi.

  • Manusia di mana saja pada dasarnya sama

  • Bahasa dan budaya mungkin berbeda. Namun, terlepas dari segala perbedaan yang ada, manusia pada dasarnya sama. Ben Groundwater, penulis artikel "Top 16 lessons every traveller learns" berkata bahwa sebenarnya manusia menginginkan hal yang sama, seperti keluarga dan teman-teman terkasih, hidup yang aman dan nyaman, pekerjaan yang dapat menafkahi keluarga, kesehatan yang baik, hiburan yang menyenangkan, makanan yang enak, dan tidur yang nyenyak.

  • Advertisement
  • Inilah yang patut Anda ingat ketika Anda bepergian ke tempat asing yaitu bahwa ternyata tempat itu berisi kehidupan dan orang-orang yang tidak jauh berbeda dengan Anda. Ini akan membantu Anda memiliki sikap positif dan mampu belajar lebih banyak dari perjalanan Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Belajar dari Bepergian

Inilah yang patut Anda ingat ketika Anda bepergian ke tempat asing yaitu bahwa ternyata tempat itu berisi kehidupan dan orang-orang yang tidak jauh berbeda dengan Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr