Jadilah Diri Sendiri : 5 Alasan untuk Memperlihatkan Jati Diri Anda

Baru-baru ini, seorang teman menelepon dan sangat ingin berbicara dengan suami saya. Ternyata, dia akan pergi ke pertandingan sepakbola bersama pacar barunya pada esok hari dan membutuhkan seseorang untuk mengajarinya.

32,678 views   |   65 shares
  • Baru-baru ini, seorang teman menelepon dan sangat ingin berbicara dengan suami saya. Ternyata, dia akan pergi ke pertandingan sepakbola bersama pacar barunya pada esok hari dan membutuhkan seseorang untuk mengajarinya segala sesuatu yang perlu untuk diketahuinya mengenai olahraga sepakbola. Kelihatannya pacar barunya memiliki kesan bahwa teman saya sangat menikmat pertandingan sepakbola sama seperti dia. Bagaimana dia mendapatkan kesan seperti itu? Dari teman saya tersebut tentunya.

  • Adalah suatu kepura-puraan yang yang populer untuk berpura-pura menjadi seseorang yang bukan diri Anda. Sementara keuntungan jangka pendek dari kejenakaan tersebut mungkin berakibat terhadap hubungan yang berkelanjutan, dampak dari jangka panjang berkembang menjadi suatu hubungan yang tidak lebih dari sebuah permainan menebak kata yang tidak memuaskan. Apakah Anda yang memaksa masuk dalam gambaran dari pasangan Anda, atau pasangan Anda memaksakan apa yang menjadi minatnya kepada Anda. Berikut ini adalah 5 potensi dari konsekuensi pilihan Anda untuk menjadi seseorang yang bukan jati diri Anda sesungguhnya.

  • 1. Anda akan dipaksa untuk bergaul dengan orang-orang yang tidak memiliki minat yang sama dengan Anda

  • Ada perbedaan antara menemukan minat atau kesenangan baru, dengan meredam hal-hal yang menunjukkan jati diri Anda hanya untuk mengakomodasi kepentingan atau kesenangan orang lain. Bayangkan betapa akan menjadi malam yang panjang ketika Anda sama sekali tidak memiliki keinginan untuk mempelajari kemampuan bermain perangkat games seperti Xbox 360. Anda mencoba untuk menyukainya. Anda mencoba untuk menemukan kesamaan dengan teman-teman yang menyukai permainan ini. Pertanyaannya, apakah Anda nyaman untuk melakukannya? Sebuah lingkaran mitra sosial dapat meningkatkan juga mengurangi kualitas dari hubungan yang baru. Jika Anda telah mencoba untuk menjaga penampilan Anda untuk seseorang, bayangkan kesulitan yang akan datang ketika Anda harus memerankan suatu gambaran tertentu untuk seluruh kelompok.

  • 2. Anda tidak dapat maju atau berkembang

  • Ketika kesan yang Anda tampilkan didasarkan pada penampilan yang palsu, maka hal tersebut tidak akan berkembang. Sebuah hasrat yang tulus sering bertindak sebagai batu loncatan untuk kepentingan serupa lainnya. Jadi, sebagai atlet olahraga ski air yang mungkin memutuskan untuk mengembangkan keahliannya dengan melakukan trik-trik sulit di udara. Sebentar! Apakah kamu sedang berpura-pura menyukai olahraga ski air. Padahal, dia tidak menggunakan ski airnya lagi. Lantas ke mana Anda harus pergi? Ketika tidak ada dasar yang mendukung minat yang tulus, maka kesan yang Anda tampilkan akan menjadi sia-sia.

  • Advertisement
  • 3. Anda tidak menggunakan bakat sejati Anda

  • Ironisnya, tahap kehidupan ketika seseorang mencari pasangan juga merupakan waktu yang dilakukan untuk menemukan jati diri sendiri. Perhatikan ini, waktu yang tersedia untuk mengembangkan bakat seseorang adalah tidak terbatas. Saya teringat teman sekamar sewaktu di perguruan tinggi yang memiliki bakat dalam bidang biologi. Dia mendapatkan beasiswa untuk kuliahnya karena bakat yang dimilikinya ini. Sayangnya, dia tahu bahwa belahan jiwanya atau kekasihnya adalah orang yang suka menghabiskan waktunya dengan bermain gitar. Dia tidak menyukai ilmu pengetahuan. Jadi, teman saya mengikutinya. Setelah satu tahun berlalu dengan kepura-puraan yang mencolok, teman saya mengalami patah hati dan harus kehilangan beasiswa dari sekolahnya.

  • 4. Jati diri Anda akan muncul kembali

  • Mungkin saja satu bulan dari sekarang. Atau mungkin Anda tetap akan mengabaikan jati diri Anda untuk 12 tahun mendatang. Namun, mengetahui dengan "nyata" diri Anda tidak akan diabaikan. Pada waktu tertentu, hal itu akan muncul dengan suatu penebusan. Percayakah Anda? kunjungi beberapa toko buku terdekat dan hitung berapa banyak jumlah buku-buku yang membantu menasehati para pembacanya tentang bagaimana untuk menemukan jati diri mereka kembali. Bagi beberapa orang, pengabaian akan diri sendiri ini dikarenakan alasan cinta. Yang lainnya, disebabkan karena mereka memiliki kemampuan untuk dampak dari mengisolasi diri sendiri. Perubahan yang terjadi diharapkan dapat membawa mereka pada proses "menyesuaikan diri." Apa pun motivasi Anda, ketahuilah bahwa suatu hari jati diri Anda yang sesungguhnya akan ingin didengar. Tergantung pada berapa lama Anda telah melakukan pengabaian jati diri Anda, suara kebenaran yang lama hilang dapat menimbulkan hasil yang kurang baik.

  • 5. Hanya ada satu Anda saja

  • Saya kebetulan adalah orang yang percaya bahwa setiap dari kita memiliki sebuah rencana. Keberhasilan rencana bergantung pada kepribadian Anda, koleksi bakat yang unik dan kemampuan Anda. Jika Anda meninggalkan hal ini untuk mengejar yang lain, Anda akan beresiko untuk kehilangan sebuah kesempatan dalam menjalani kehidupan yang nyata. Sebuah uraian yang umum dalam kisah kehidupan orang-orang yang berhasil dikarenakan mereka ditakdirkan untuk melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. Bayangkanlah kisah mereka akan menjadi seperti apa jika mereka meragukan kontribusi mereka kepada dunia dan memungkinkan pengaruh luar untuk mengubah mereka.

  • Advertisement
  • Ketika ditanya apa rahasia di balik sebuah kesuksesan karir yang membentang selama satu dekade, seorang musisi terkenal percaya keberhasilan besarnya adalah pada suatu fakta sederhana yang menyatakan dia tidak tahu harus menjadi siapa lagi. Dia hanya tahu bagaimana menjadi dirinya sendiri. Dan itu cukuplah baginya.

  • Apakah itu mengakui bahwa Anda tidak menyukai sepakbola atau tidak dapat memenuhi impian seumur hidup untuk memiliki usaha makanan sendiri, membuat pilihan menjadi diri sendiri dan komitmen untuk merayakan jati diri Anda yang sesungguhnya adalah suatu tujuan akhir. Hasilnya adalah kehidupan akan diisi dengan sukacita yang sejati, arti sesungguhnya dari pemenuhan dan kebahagiaan sejati dalam diri sendiri dan juga bagi orang terdekat yang hidupnya akan di perkaya oleh Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Syane Nathalia dari artikel asli "Be yourself: 5 reasons to drop the facade" karya J'Nel Wright.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

J'Nel earned a bachelor's degree in English and has over 20 years of writing/editing experience both in creative, educational, behavioral, and business fields.

Jadilah Diri Sendiri : 5 Alasan untuk Memperlihatkan Jati Diri Anda

Baru-baru ini, seorang teman menelepon dan sangat ingin berbicara dengan suami saya. Ternyata, dia akan pergi ke pertandingan sepakbola bersama pacar barunya pada esok hari dan membutuhkan seseorang untuk mengajarinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr