Jangan Menimbun Hutang! Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijaksana

Dalam menggunakan kartu kredit kita juga perlu untuk selalu bijaksana. Pertimbangkanlah terlebih dahulu sebelum Anda membuat pinjaman kredit dan usahakanlah agar Anda tidak menimbun hutang yang banyak di luar batas kemampuan Anda.

5,091 views   |   2 shares
  • Di zaman sekarang ini kebutuhan bagi keluarga semakin meningkat. Ada banyak keluarga yang memiliki penghasilan cukup namun masih harus mencari upaya lain agar dapat memenuhi kebutuhan mereka lainnya. Hal ini menjadi alasan yang tepat bagi banyak bank dalam mencari keuntungan dengan memanfaatkan keadaan ini untuk menarik banyak orang memiliki kredit dengan bunga rendah secara mudah sehingga banyak orang yang tertarik untuk membuka kartu kredit demi memenuhi kebutuhanya.

  • Penggunaan kartu kredit di dunia semakin meningkat dan kartu kredit juga telah menjadi gaya hidup masa kini. Kartu kredit tidak hanya memudahkan kita untuk mengkredit rumah, alat elektronik atau kendaraan, namun kartu kredit sudah dianggap sebagai kartu ajaib dalam segala aktivitas berbelanja, hanya dengan sekali gesek Anda dapat membeli segalanya tanpa perlu mengeluarkan uang tunai.

  • Di negara-negara lain seperti Amerika, orang-orang telah menjadikan kartu kredit sebagai alat transaksi berbelanja dimana-mana. Hampir semua orang Amerika memiliki kartu kredit dan penggunaan uang tunai sudah mulai jarang. Beberapa waktu yang lalu ketika saya melakukan perjalanan dari New York ke Miami menggunakan pesawat, saya ingin membeli makanan dalam pesawat tersebut dan saat saya akan membayar, mereka tidak bisa menerima uang saya karena sistem pembayaran di pesawat itu hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Terpikir dalam benak saya saat itu, teknologi di zaman ini sangatlah maju, semuanya bisa dibeli hanya dengan menggunakan kartu ajaib (kartu kredit). Namun tahukah Anda kartu kredit juga memiliki dampak negatif yang harus dihindari bagi penggunanya. Banyak orang menjadi kecanduan berbelanja dan tidak bisa membayar tagihannya karena terlena oleh kemudahan kartu kredit ini.

  • Berikut adalah tips dalam menggunakan kartu kredit dengan bijaksana:

  • Mengetahui bagaimana cara membayar kartu kredit

  • Sebelum Anda menggunakan kartu kredit, sebaiknya perhitungkan terlebih dahulu berapa pengeluaran wajib Anda, misalnya kebutuhan pokok bulanan, bayar tagihan listrik dan air, bayar uang sekolah anak dan sebagainya, kemudian jika pendapatan Anda dikurang biaya kebutuhan pokok tersebut masih ada, sisihkanlah untuk membayar kartu kredit Anda. Jika Anda tidak memiliki penghasilan lebih sebaiknya jangan menggunakan kartu kredit.

  • Memprioritaskan yang perlu

  • Setelah Anda telah memiliki kartu kredit dan ingin mengunakannya, Anda harus menanamkan dalam diri Anda untuk tidak berlebihan dalam menggunakannya. Misalnya Anda berbelanja ke sebuah pusat perbelanjaan dengan tujuan ingin membeli televisi, saat Anda telah mendapatkan barang yang Anda butuhkan Anda melihat sebuah DVD yang sangat bagus dengan harga promo yang sangat murah. Jika barang itu tidak begitu menjadi kebutuhan Anda sebaiknya jangan membelinya meskipun Anda dapat membayarnya dengan kartu kredit, karena itu hanya akan menambah beban kredit Anda setiap bulannya.

  • Advertisement
  • Jangan berbelanja tanpa rencana

  • Berbelanja mungkin adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan tetapi jika Anda tidak memiliki tujuan untuk membeli sesuatu, sebaiknya jangan berbelanja. Banyak orang khususnya wanita yang menggunakan kartu kredit ketika sedang mengunjungi pusat perbelanjaan menjadi lapar mata dan membeli apa saja yang menarik perhatiannya. Hindarilah kebiasan seperti itu dan belajarlah menahan diri Anda untuk tidak belanja jika tidak direncanakan. Jika Anda ingin belanja sebaiknya Anda merencanakannya terlebih dahulu apa yang ingin Anda beli dan perhitungkanlah juga uang yang Anda miliki.

  • Sediakanlah uang tunai yang cukup saat Anda keluar rumah

  • Jika Anda ingin berbelanja, ke tempat bermain, atau makan di sebuah restoran, atau ke mana saja, perhitungkanlah terlebih dahulu uang yang Anda miliki sebelum Anda pergi, apakah uang Anda cukup untuk membayar pengeluaran Anda. Upayakanlah untuk selalu membayar pengeluaran Anda dengan uang tunai. Sebaiknya gunakan kartu kredit jika diperlukan, misalnya uang Anda habis dan Anda harus membeli makan atau jika membayar dengan menggunakan kartu kredit mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

  • Kita boleh saja mengikuti perkembangan zaman, menikmati kemudahan, mendapatkan potongan harga saat berbelanja, dan memenuhi kebutuhan keluarga kita dengan bantuan kartu kredit. Namun dalam menggunakan kartu kredit kita juga perlu untuk selalu bijaksana. Pertimbangkanlah terlebih dahulu sebelum Anda membuat pinjaman kredit dan usahakanlah agar Anda tidak menimbun hutang yang di luar batas kemampuan Anda.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Jangan Menimbun Hutang! Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijaksana

Dalam menggunakan kartu kredit kita juga perlu untuk selalu bijaksana. Pertimbangkanlah terlebih dahulu sebelum Anda membuat pinjaman kredit dan usahakanlah agar Anda tidak menimbun hutang yang banyak di luar batas kemampuan Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr