Mengembalikan Badan Sesudah Hamil

Ketika Anda masih remaja, Anda mungkin tidak pernah memusingkan perut dan pinggang Anda karena metabolisme Anda waktu itu masih mampu membakar kalori dengan cepat. Tetapi dengan kehamilan dan bertambahnya usia makin sulit mengendalikan ukuran perut.

17,988 views   |   11 shares
  • Ketika Anda masih remaja, Anda mungkin tidak pernah memusingkan perut dan pinggang Anda karena metabolisme Anda waktu itu masih mampu membakar kalori dengan cepat. Tetapi dengan kehamilan dan bertambahnya usia makin sulit mengendalikan ukuran perut serta pinggang. Tubuh Anda yang semula berbentuk seperti gitar kini menjadi seperti gentong, melebar di tengah. Anda mungkin sibuk dengan si kecil sehingga tidak sempat mengurus diri Anda sendiri. Tetapi Anda dapat meluangkan beberapa menit yang ada ketika bayi Anda tidur atau sedang ditimang ayahnya. Ada beberapa trik sederhana yang dapat Anda terapkan untuk mengurangi lemak yang bersarang di perut dan pinggang.

  • Senam

  • Anda tidak dapat mengurangi ukuran perut dan pinggang hanya dengan senam lantai. Bukan berarti senam tidak membantu, senam harus dibarengi beberapa hal lain seperti diet, lari dan mengurangi stres. Senam yang paling baik untuk hal ini ialah senam perut, salah satunya sit-up. Berbaringlah terlentang di lantai dengan lutut ditekuk, luruskan tangan Anda ke depan atau letakkan kedua tangan Anda di bawah kepala dan duduklah dengan lutut tetap ditekuk. Anda dapat melakukan senam ini tiga sampai lima kali seminggu. Ada beberapa lagi gaya senam perut, Anda dapat melakukan setiap gaya 8 sampai 12 kali dengan jeda selama satu menit. Senam perut tidak membutuhkan alat, tetapi Anda dapat memasukkan kaki Anda ke lubang di bawah sofa supaya Anda mempunyai lebih banyak kekuatan untuk menarik bangun badan Anda. Anda dapat melakukannya sambil menjaga bayi Anda tidur di ayunan atau berbaring di dekat Anda.

  • Jogging

  • Bayi biasanya bangun lebih pagi dari orang dewasa. Anda dapat memanfaatkan hal ini dengan berjalan pagi sambil mendorong kereta bayi menikmati udara segar. Senam kardio, lari di treadmill atau jogging sangat penting bagi kesehatan. Dengan terbakarnya kalori, lemak tidak akan tertimbun di badan dan terkumpul di perut. Larilah sampai berkeringat, seminggu tiga atau lima kali selama setengah jam setiap kali. Anda dan suami dapat juga bergantian bersepeda atau berjalan di taman sambil mendorong kereta bayi.

  • Diet

  • Makanan yang sehat menjadi lebih penting lagi ketika Anda menyusui. Hindari makanan berlemak, perbanyak makan buah, sayur, dada ayam panggang dan ikan laut. Pilihlah beras merah, roti gandum coklat karena lebih banyak mengandung serat yang membantu pencernaan. Bila perut Anda atau bayi Anda tidak tahan campurlah dulu beras merah dengan beras putih, sedikit demi sedikit kurangi beras putihnya. Minuman jamu tradisional seperti kunir, asam kencur dari mbok jamu dapat membantu melangsingkan badan. Ada lagi minuman segar dari bahan-bahan alami, bila Anda suka buatlah air rebusan jahe, merica, pandan, daun sereh, kayu manis dan gula jawa yang berfungsi menjaga kesehatan serta menghilangkan lemak.

  • Advertisement
  • Minum air

  • Anda dan bayi Anda perlu menghindari dehidrasi dan untuk menjaga supaya perut Anda tidak kembung minumlah air secukupnya, terutama ketika berolahraga. Para pakar menganjurkan agar pria minum 3,5 liter air sehari dan wanita minum 2,5 liter sehari.

  • Mengurangi stres

  • Banyak wanita mengalami depresi sesudah melahirkan karena perubahan hormon dalam tubuhnya. Juga karena kesibukan yang bertambah kita dapat terkena stres. Dalam keadaan stres kita cenderung makan terus sebagai kompensasi. Ingatlah Anda tidak lagi makan untuk dua orang. Melalui olahraga kita dapat menghindari depresi dan mengurangi stres. Terutama olahraga seperti badminton atau tenis di mana kita dapat lari mengejar bola dan memukulnya. Anda dapat meminta bantuan suami atau kerabat Anda untuk menjaga bayi Anda selama Anda berolahraga.

  • Ingat, tujuan Anda bukan untuk bersaing dengan supermodel dalam memelihara tubuh Anda. Tidak ada salahnya memiliki badan keibuan, asalkan sehat, bugar dan tidak kelebihan berat badan.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mengembalikan Badan Sesudah Hamil

Ketika Anda masih remaja, Anda mungkin tidak pernah memusingkan perut dan pinggang Anda karena metabolisme Anda waktu itu masih mampu membakar kalori dengan cepat. Tetapi dengan kehamilan dan bertambahnya usia makin sulit mengendalikan ukuran perut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr