Kecanduan Minum Soda

Dasar dari minuman cola adalah kafein yang menyebabkan orang kecanduan seperti kecanduan minum kopi. Apa saja bahaya yang terkandung dalam minuman bersoda?

8,819 views   |   1 shares
  • Sebetulnya minuman bersoda sudah dikenal sejak zaman dulu di Indonesia. Semasa kecil saya kadang-kadang minum orange crush, air belanda atau sarsaparila yang sekarang lebih dikenal sebagai root beer. Tidak afdol rasanya membahas minuman bersoda tanpa menyinggung Coca Cola, Pepsi Cola atau apa saja yang ber-cola. Dasar dari minuman ini adalah kafein yang menyebabkan orang kecanduan seperti kecanduan minum kopi. Apa saja bahaya yang terkandung dalam minuman bersoda?

  • Soda

  • Orang zaman dulu mengira minum minuman yang bersoda membuat badan sehat. Karena itu pada tempo doeloe kita minum air belanda. Disebut begitu bukan karena dibuat dari orang Belanda yang diperas (seperti nalar bayi yang melihat olive oil dan baby oil lalu merasa takut karena pikirnya jika minyak zaitun disarikan dari buah zaitun maka minyak bayi...?). Orang-orang Belanda menyukai minum air mineral atau carbonated water jadi orang kita menyebutnya air belanda. Di zaman sekarang minuman bersoda diketahui membuat tulang mudah keropos karena mengandung phosporic acid, jadi tidak lagi dianggap minuman sehat. Ditambah gula yang terkandung dalam minuman soda sangatlah banyak. Segelas soda mengandung 10 sendok teh gula. Gula ini dianggap sebagai biang keladi penimbunan lemak pada tubuh.

  • Gula buatan

  • Lalu karena orang sadar bahwa gula tidak boleh diasup terlalu banyak, mereka berpaling kepada gula buatan. Ternyata yang belakangan ini sama jahatnya dengan gula asli. Segala aspartame, sukralos, dan gula buatan lainnya setelah diteliti ternyata mengakibatkan pengerasan otak, sumsum tulang belakang dan penimbun lemak di organ-organ tubuh.

  • Penyebab kecanduan

  • Di era globalisasi ini dunia terasa makin sempit, apa yang dapat dilihat di Amerika, dapat pula dilihat di Indonesia. Melalui internet kita dapat memasarkan segala sesuatu. Iklan minuman bersoda yang makin canggih dan menarik membuat orang merasa haus untuk meminumnya. Minat masyarakat untuk menikmati minuman bersoda makin bertambah dengan kian teriknya panas matahari akibat dampak rumah kaca alias global warming. Khususnya minuman yang mengandung cola terasa sangat cocok buat menghilangkan rasa haus yang mendera. Apa yang membuat orang kecanduan minum Coca Cola? Bahan dasar Coca Cola adalah kokain dan kafein. Kokain disarikan dari daun Coca dan kafein yang berasal dari biji Kola. Sebelum tahun 1904 segelas Coca Cola mengandung 9 miligram kokain. Sejak 1904 pabrik Coca Cola memakai daun Coca yang sudah diambil sarinya sehingga tidak lagi mengandung kokain.

  • Advertisement
  • Asal usul cola

  • Minuman ini ditemukan oleh para ahli farmasi yang bertujuan menciptakan obat kuat penghilang beberapa macam penyakit. Bapak Coca Cola sendiri, Dr. Pemberton, adalah kolonel yang terluka dalam perang sipil di Amerika. Dia menggunakan morfin untuk meringankan sakitnya. Akhirnya dia menciptakan minuman berbahan daun coca dan biji cola guna menyembuhkan kecanduan morfinnya. Ironisnya sesudah coca cola makin populer anaknya yang baru berusia 40 meninggal karena kecanduan morfin. (Wikipedia)

  • Menghindari kecanduan

  • Sesudah melihat sekian banyak keburukan minuman bersoda, Anda mungkin bertanya, "Jadi apa yang mesti saya minum?" Tentu saja yang paling sehat adalah air putih, tapi memang membosankan minum air putih terus menerus. Anda dapat membuatnya sedikit berbeda dengan menambahkan sedikit air jeruk nipis atau lemon. Atau biji selasih yang mampu menurunkan panas badan. Gula boleh dipakai tetapi sedikit saja, dan bila Anda sakit kencing manis tentunya gula tidak dianjurkan.

  • Menyembuhkan kecanduan

  • Kita memerlukan dorongan untuk mencapai sesuatu, begitu pula untuk sembuh dari kecanduan soda, kita perlu motivasi. Anda dapat menyediakan sebuah tempat kaleng atau celengan untuk menaruh uang yang akan Anda pakai membeli soda. Uang itu dapat Anda hitung setiap bulan dan tabung di bank untuk tujuan pesiar. Rencanakan perjalanan bersama keluarga ke tempat yang menyenangkan. Dengan demikian Anda merasa lebih terdorong untuk tidak membeli minuman bersoda.

Baca, hidupkan, bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Kecanduan Minum Soda

Dasar dari minuman cola adalah kafein yang menyebabkan orang kecanduan seperti kecanduan minum kopi. Apa saja bahaya yang terkandung dalam minuman bersoda?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr