Mengenali Kanker Payudara

Bagaimana wanita dapat mencegah agar dirinya tidak menjadi korban fatal dari kanker payudara?

6,442 views   |   shares
  • Bulan Oktober adalah bulan pita merah jambu di AS, orang-orang memperingati pencegahan kanker payudara dengan mengenakan sesuatu yang merah jambu. Menurut penelitian di AS angka rata-rata kematian wanita karena kanker payudara jumlahnya nomor dua sesudah penyakit jantung. Bagaimana wanita dapat mencegah agar dirinya tidak menjadi korban fatal dari kanker payudara?

  • Di Indonesia

  • Kementerian Kesehatan (Kemkes) mencatat dari sekian banyak kanker yang menyerang penduduk Indonesia, kanker payudara dan kanker leher rahim (serviks) tertinggi kasusnya di seluruh Rumah Sakit (RS). Menurut Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemkes, dr Ekowati Rahajeng, permasalahan kanker di Indonesia tidak jauh berbeda dengan negara berkembang lainnya, yaitu sumber dan prioritas penanganannya terbatas. Yang lebih menyedihkan lagi, 70% dari penyakit ini ditemukan sudah dalam stadium lanjut akibat kurangnya kesadaran penduduk akan kanker payudara. Ditambah lagi dengan kesalahan pengertian tentang kanker ini. Banyak orang masih memercayai mitos bahwa kanker payudara tidak dapat dideteksi, tidak dapat dicegah dan tidak mungkin disembuhkan. Kendala lain ialah masalah keuangan. Namun, kini masyarakat tidak perlu khawatir kerena adanya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) semua pemeriksaan dan pengobatan kanker di fasilitas kesehatan dijamin oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

  • Mamogram

  • Mamogram adalah pemeriksaan di klinik medis untuk mendeteksi kanker payudara. Semakin dini kanker ditemukan, semakin mudah memberantasnya. Karena itu dianjurkan agar wanita berusia 40 tahun ke atas memeriksa dirinya dengan mamogram setiap tahun sekali. Wanita yang kemungkinan memiliki sel kanker payudara karena ibunya atau kerabat dekat lainnya pernah terkena kanker ini, hendaknya juga memeriksakan diri lebih dini. Angelina Jolie, Christina Applegate, dua bintang Hollywood yang ternama, membuang kedua payudaranya karena ibu mereka meninggal akibat kanker ganas ini. Sesudah dibuang mereka menjalani rekonstruksi payudara sehingga kemungkinan terkena kanker payudara makin kecil.

  • Pemeriksaan sendiri

  • Selain mamogram, setiap wanita dapat memeriksa sendiri apakah ada benjolan di payudaranya. Caranya seperti berikut. Berbaringlah terlentang dan rabalah menurut jarum jam payudara Anda. Bila terasa ada benjolan yang mencurigakan Anda dapat ke rumah sakit atau klinik untuk memastikan bahwa benjolan tersebut tidak berbahaya. Bila perlu dokter akan melakukan biopsi terhadap benjolan itu untuk mengetahui apakah benjolan itu kanker atau bukan.

  • Advertisement
  • Penyembuhan

  • Saya mengenal banyak wanita yang terkena kanker payudara dan berhasil disembuhkan karena mereka menemukan penyakit itu selagi masih dini. Mereka menjalani pengobatan dengan radiasi atau kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker. Memang pengobatan ini mempunyai efek sampingan yang cukup berat seperti rambut rontok, kulit gosong, badan sakit, nafsu makan hilang, muntah-muntah, namun semua itu berlangsung untuk sementara saja ketika penderita menjalani pengobatan. Jika kanker dibiarkan saja sampai mencapai stadium lanjut, sel-sel kanker akan menyebar di banyak bagian tubuh sehingga sulit untuk dimatikan.

  • Pencegahan

  • Selain faktor keturunan, makanan juga berperan dalam penyakit kanker payudara mau pun kanker lainnya. Ketika seorang sahabat saya menderita kanker payudara, di ruang tunggu dokternya dia melihat sebuah selebaran. Di situ digambarkan seorang wanita Jepang berbaju kimono sedang duduk menuang minuman. Tulisan di kertas itu bunyinya, "Berilah mereka makanan Barat dan kemungkinan terkena kanker akan makin banyak." Maksud peringatan ini ialah tradisi makanan orang Asia pada umumnya lebih sehat daripada orang Barat. Namun dengan berkembang pesatnya berbagai rumah makan cepat saji di negara-negara Asia, gaya makan orang Asia pun berubah. Kebiasaan kita makan banyak sayuran dan cabai digantikan dengan makan pizza, steak, ayam goreng, burger dan kentang goreng. Hindari juga merokok atau menghirup asap rokok, minuman beralkohol, dan obat-obatan terlarang.

  • Dalam menghadapi penyakit apa pun, pengetahuan kita tentang penyakit itu akan menolong banyak untuk menghindarinya atau menyembuhkannya. Kita hendaknya juga rajin dalam mengurus diri kita sendiri, jangan menganggap sepele suatu kelainan yang terjadi atas tubuh kita.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Mengenali Kanker Payudara

Bagaimana wanita dapat mencegah agar dirinya tidak menjadi korban fatal dari kanker payudara?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr