Ekstasi atau Crystal Meth adalah Dunia Hades

Crystal meth adalah bahan yang paling berbahaya di antara semua narkoba yang ada, karena dia langsung bekerja dalam sel otak. Kerusakan yang ditimbulkannya membuat seseorang merasa kematian adalah jauh lebih baik daripada hidup sengsara.

7,887 views   |   5 shares
  • Narkoba yang satu ini mungkin yang paling berbahaya dari antara narkoba yang lain, sebab kerusakan yang ditimbulkannya tidak dapat diperbaiki lagi. Ini adalah dunia Hades, dewa kematian mitos Yunani kuno. Sekali terjerumus ke dalam dunianya tidak dapat keluar lagi.

  • Narkoba ini murah dan mudah dibuat. Bahkan beberapa waktu yang lalu banyak laboratorium liar bermunculan untuk memproduksi bahan tersebut dari bahan yang banyak dijual di pasar seperti obat asma atau obat flu. Mereka memproses obat-obatan yang dapat dibeli bebas tanpa resep itu untuk diambil sarinya yang berupa methamphetamine.

  • Di Amerika sendiri harganya sangat terjangkau. Menurut crystalmethaddiction.org setiap gram crystal meth (atau ekstasi di Indonesia) harganya sekitar $80. Ingat, upah minimum di Amerika berkisar antara $8.00 - $10.00 per jam. Sehingga seseorang yang bekerja sepanjang hari (8 jam) sudah cukup membeli 1 gram narkoba jenis ini. Bandingkan dengan harga 1 gram heroin yang bagus dapat berkisar $400-an.

  • Efek heroin dapat dirasakan seseorang hanya dalam waktu menit tetapi crystal meth atau ekstasi dapat dirasakan seseorang dalam waktu 1 jam hingga 12 jam, bergantung dari jumlah yang diasupnya.

  • Berikut adalah pengalaman seseorang yang menggunakan narkoba ini: saya tidak merasa lelah, saya tidak perlu makan dan tidur, konsentrasi saya luar biasa kuatnya, produktivitas saya tinggi sekali, dan merasa uforia (gembira seperti baru menang undian). Rasanya seperti saya sedang menggunakan mesin 'turbo'.

  • Pengguna dapat melakukannya dengan cara: diminum, dihirup lewat hidung, menghirup asapnya, diinjeksikan, dan pengaruhnya segera terasa, tidak perlu menunggu lama. Ini adalah jenis stimulan, sehingga orang yang menggunakan akan segera merasa ada suatu tenaga 'super' sedang mengalir ke dalam tubuhnya dan merasa seperti seorang juara yang habis memenangkan medali emas Olimpiade. Oleh karena itu, dia merasa sanggup melakukan apa saja, bahkan pekerjaan yang paling membosankan, seperti membersihkan rumah dapat menjadi sangat menyenangkan.

  • Karena murahnya dan gampang dibawa-bawa maka penggunanya juga beraneka tingkatan, bahkan seringkali dijumpai di antara bintang pelajar sekolah. Anak-anak yang genius ini kadang-kadang mendapat tekanan dari sekolah dan rumah. Dari sekolah, mereka diharapkan selalu berprestasi demikian pun dari rumah, sehingga seseorang akan merasa kehilangan dirinya. Agar dia dapat bermain dengan teman-teman sekaligus mempertahankan prestasinya, mereka menggunakan narkoba ini agar tetap memiliki stamina untuk belajar sepanjang malam dan menyelesaikan proyek sekolah setelah lelah bermain dengan teman-teman.

  • Advertisement
  • Sekali mereka telah menggunakannya, sama seperti narkoba lainnya, sensasi yang ditimbulkannya tidak dapat digantikan dengan sensasi apa pun yang ada di dunia ini. Khusus untuk yang satu ini, untuk memperoleh sensasi yang sama, seseorang harus menggunakan dengan dosis yang lebih tinggi di waktu berikutnya. Lama kelamaan mereka akan kelebihan dosis, yang akan membahayakan nyawa.

  • Sebelum sampai kepada tingkat yang membahayakan, sama seperti setiap kecanduan, seseorang akan mengalami 'withdrawal' bila mencoba menghentikannya. Di samping gejala-gejala umum 'withdrawal' akibat kecanduan narkoba dan alkohol, khusus yang satu ini membuat seseorang mengalami gangguan secara psikologis, seperti gelisah, susah tidur hingga berhari-hari, mudah marah dan keinginan untuk kembali menggunakannya tidak tertahankan ada yang bilang di bawah kulitnya seolah-olah ribuan semut sedang merayap dan gatal-gatal, sehingga sering kali digaruknya atau dicubitnya, sehingga terjadi luka-luka.

  • Yang membuat crystal meth (ekstasi) sangat berbahaya karena bahan ini langsung mempengaruhi jaringan sel otak seseorang. Simpul dendrites otak yang memproduksi dopamine (suatu zat transmitter yang membuat seseorang merasa uforia dan bersemangat) dipaksa memproduksi dopamine 10 kali lipat atau lebih sehingga dalam waktu singkat maka simpul dendrites tersebut mengalami kegagalan dan tidak lagi dapat memproduksi dopamine. Apabila seseorang berhasil berhenti menggunakannya sebelum dendrites tersebut sama sekali gagal, maka kerusakan yang telah ditimbulkan dalam sel otak seseorang tetap tidak dapat dipulihkan (kekurangan atau kekacauan dopamine dicurigai sebagai penyebab sakit mental yang disebut schizophrenia).

  • Apabila dendrites otak seseorang telah gagal sama sekali, maka biasanya seseorang itu akan menggunakan crystal meth lebih banyak dengan harapan dia memperoleh ketenangan kembali. Kalau dosis yang digunakan tetap tidak mampu memberi stimulasi dendrites dalam otak lagi maka biasanya seseorang akan menambahnya hingga kelebihan dosis yang berakibat fatal.

  • Kegagalan dendrites otak itu sama seperti kalau seseorang yang menderita diabetes. Kelenjar pankreasnya sudah tidak lagi memproduksi insulin agar serabut otot kita dapat menyerap gula dari darah untuk diubah menjadi glikogen yang dapat diproses menjadi kalori.

  • Namun demikian, crystal meth sebenarnya bukan pengganti dopamine, tetapi adalah zat yang memberi stimulasi agar dendrites otak memproduksi dopamine. Jadi, dengan ditambahnya jumlah crystal meth ke dalam otak yang simpul dendritesnya sudah gagal tidak akan menolongnya. Biasanya, mereka akan kelebihan dosis dan meninggal dunia karena gagal jantung atau sebab lain.

  • Advertisement
  • Sekali dendrites otak seseorang gagal berfungsi maka kerusakan tersebut tidak dapat dipulihkan kembali. Itulah sebabnya saya katakan bahwa penggunaan narkoba yang satu ini adalah yang paling berbahaya di antara semua narkoba yang lain.

  • Untuk mencegahnya tidak ada jalan lain kecuali: Jangan sekali-kali mencobanya. Bila terlanjur telah menggunakannya, dan sadar atas kekeliruan tersebut, segera minta bantuan ahli narkoba untuk mendapatkan perawatan yang pantas. Jangan sekali-kali ditangani sendiri karena dikhawatirkan akan terjerumus semakin dalam.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Sebagai penulis, Effian sangat terinspirasi dengan karya-karya John Grisham, Michael Creighton, David Baldacci, James Patterson dan Dan Brown. Kegiatan favoritnya selain menulis adalah memasak dan melukis.

Ekstasi atau Crystal Meth adalah Dunia Hades

Crystal meth adalah bahan yang paling berbahaya di antara semua narkoba yang ada, karena dia langsung bekerja dalam sel otak. Kerusakan yang ditimbulkannya membuat seseorang merasa kematian adalah jauh lebih baik daripada hidup sengsara.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr